Misteri-misteri Masalah Aspal Buton

Kamis, 13 Juni 2024 18:29 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tetapi setidak-tidaknya misteri-misteri masalah aspal Buton ini wajib kita kuak dan ungkap sampai tuntas sekarang juga.

Misteri adalah sesuatu yang belum diketahui dengan pasti dan menarik keingintahuan orang-orang. Misteri biasanya dikaitkan dengan kejadian-kejadian horor dan supranatural (Wikipedia). Sedangkan aspal Buton adalah aspal alam yang terdapat di Pulau Buton, Sulawesi Teggara, Indonesia, yang jumlah depositnya terbesar di dunia. Apabila kita gabungkan antara kata misteri dengan kata aspal Buton, maka maknanya adalah sesuatu mengenai masalah aspal Buton yang belum diketahui pasti dan menarik keingintahuan orang-orang. Tetapi rasanya tidak ada hubungannya dengan kejadian-kejadian horor, apa lagi supranatural.

Apa sejatinya masalah aspal Buton yang dapat dianggap sebagai misteri? Misteri pertama mengenai masalah aspal Buton adalah mengapa pemerintah lebih memilih kebijakan untuk mengimpor aspal daripada mau berswasembada aspal dengan memanfaatkan dan mengolah  aspal Buton yang jumlah depositnya sangat melimpah?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dan misteri kedua adalah mengapa pak Jokowi sebagai presiden RI yang telah dengan tegas memutuskan Indonesia stop impor aspal pada tahun 2024, tetapi nyatanya tidak mampu mewujudkannya?

Dan misteri ketiga adalah mengapa DPR RI tidak pernah mau mengundang pemerintah untuk beraudensi mengenai misteri pertama dan kedua dari masalah aspal Buton ini?

Apakah misteri-misteri ini akan kita biarkan begitu saja selamanya tanpa adanya penjelasan dari pemerintah dan DPR? Kalau misteri-mesteri ini kita biarkan saja tanpa ada jawaban yang pasti, maka tentu saja orang-orang akan berpikir, bahwa di balik misteri-misteri tersebut mungkin ada hal-hal yang berhubungan dengan kejadian-kejadian horor dan supranatural. Dan kita harap hal-hal ini adalah tidak benar. Oleh karena itu, kita harus mencari terus apa kebenaran yang sejatinya di balik misteri-misteri tersebut.

Untuk misteri pertama: “Mengapa pemerintah lebih memilih kebijakan untuk mengimpor aspal daripada mau berswasembada aspal dengan memanfaatkan dan mengolah aspal Buton yang jumlah depositnya sangat melimpah?”. Berdasarkan analisa dan pengamatan, penyebabnya adalah pemerintah tidak memiliki kemauan politik untuk mau mensubstitusi aspal impor dengan aspal Buton. Apa buktinya? Buktinya adalah Indonesia sudah hampir 79 tahun merdeka, dan sudah 8 kali berganti presiden, tetapi mirisnya, Indonesia masih belum mampu berswasembada aspal.

Adapun alasan kedua adalah pemerintah tidak mempunyai hati nurani sama sekali untuk mau mewujudkan cita-cita kemerdekaan menyejahterakan rakyat Buton dengan memanfaatkan dan mengolah aspal Buton untuk mensubstitusi aspal impor. Apa buktinya? Buktinya pak Jokowi telah datang ke Pulau Buton, tetapi pak Jokowi tidak mampu berbuat apa-apa untuk menyejahterakan rakyat Buton.

Untuk misteri kedua: “Mengapa pak Jokowi sebagai presiden RI yang telah memutuskan dengan tegas Indonesia stop impor aspal pada tahun 2024, tidak mampu mewujudkannya? Mungkin karena pak Jokowi itu telah berpikir bahwa untuk menghentikan impor aspal itu hanya cukup dengan ucapan saja. Atas dasar dari ucapannya itu, maka secara otomatis semua jajaran kementerian-kementerian terkait akan segera melaksanakan perintah dan keputusan pak Jokowi tersebut dengan sepenuh hati dan kepatuhan.

Ternyata pak Jokowi salah mengantisipasinya. Semua kementerian-kementerian terkait tersebut telah merasa kacau dan bingung, serta tidak mampu melaksanakan perintah dan keputusan pak Jokowi, karena pak Jokowi sendiri tidak memiliki misi dan visi yang konkrit dan jelas untuk Indonesia berswasembada aspal.

Untuk misteri ketiga: “Mengapa DPR tidak pernah mau mengundang pemerintah untuk beraudensi mengenai misteri pertama dan kedua dari masalah aspal Buton ini?”. Orang yang paling harus bertanggung jawab masalah misteri ketiga ini adalah Bapak Rahmat Gobel, Wakil Ketua DPR RI bidang Koordinator Pembangunan dan Perindustrian (Korinbang).

Pada tahun 2022, beliau sudah pernah menyampaikan gagasannya agar Indonesia harus mempunyai target khusus untuk berswasembada aspal. Sayangnya, gagasan yang cemerlang ini telah tenggelam ke dasar samudera, karena tidak mendapatkan tanggapan sama sekali, baik dari pak Jokowi, maupun daripara menterinya.

Akhirnya, gagasan inipun telah hilang begitu saja ditiup angin, tanpa ada satupun orang yang merasa peduli. Termasuk dari anggota-anggota DPR RI sendiri. Padahal pak Rahmat Gobel adalah anggota DPR RI yang terhormat. Mengapa DPR RI tidak mau mengundang pemerintah untuk beraudensi mengenai gagasan Indonesia seharusnya memiliki target khusus untuk berswasembada aspl? Apakah hal ini akan menjadi misteri ke 4?.

Misteri-misteri lain yang juga menjadi perhatian orang-orang adalah apabila Indonesia sudah mampu berswasempada aspal, apakah rakyat Buton akan hidup lebih makmur dan sejahtera? Siapakah yang dapat menjawab pertanyaan ini? Jawabannya adalah apabila pemerintah sudah mampu melaksanakan Undang-Undang Dasar 1945, Pasal 33, Ayat 3, secara bertanggung jawab dan konsekuen, maka dapat dipastikan bahwa rakyat Buton dan rakyat Indonesia, semuanya akan hidup lebih makmur dan sejahtera.

Adapun misteri lain yang rakyat ingin tahu juga adalah apakah pak Prabowo, sebagai seorang presiden sebagai pengganti pak Jokowi, akan berani mewujudkan keputusan pak Jokowi untuk stop impor aspal? Sejauh ini pak Prabowo masih belum pernah menyampaikan gagasan dan pemikirannya mengenai masalah, mengapa Indonesia mengimpor aspal, padahal deposit aspal Buton melimpah?.

Kalau kita terpaksa harus menunggu sampai pak Prabowo mau menyampaikan gagasan dan pemikirannya, mungkin kita masih belum tahu pasti, kapan. Mengingat kesibukan pak Prabowo sangat luar biasa untuk mewujudkan janjinya sehubungan dengan kebijakan makan siang gratis. Oleh karena itu, tidak ada salahnya apabila DPR mau berinisiatif untuk mengundang pak Prabowo untuk menanyakan langsung, apa misi dan visi pemerintahan baru di bawah pimpinan pak Prabowo mengenai misteri-misteri masalah aspal Buton ini. Termasuk misteri, apakah pak Prabowo sendiri berani mewujudkan Indonesia berswasembada aspal?.

Terakhir, masih ada satu misteri lagi yang ingin kita tahu. Yaitu, misteri mengapa pemerintah mau dan tega membeli harga aspal impor yang harganya begitu sangat mahal? Padahal kalau pemerintah mau memanfaatkan dan mengolah aspal Buton, maka harga aspal Buton ekstraksi yang kualitasnya setara dengan kualitas aspal impor, harganya bisa lebih murah. Apa lagi pada saat ini, kurs Dollar terhadap Rupiah sudah di atas RRp 16.000 per Dollar. Coba pemerintah menghitung, sudah berapa banyak kerugian negara akibat kebijakan impor aspal yang sudah dilaksanakan selama 45 tahun.

Mungkin misteri-misteri masalah aspal Buton yang diangkat dalam tulisan ini sudah cukup banyak untuk mendapatkan pencerahan dan penjelaskan dari pemerintah dan DPR RI. Dengan terkuaknya misteri-misteri ini, diharapkan Indonesia akan segera mampu berswasembada aspal dalam waktu yang tidak akan lama lagi. Apabila Indonesia sudah mampu berswasembada aspal, maka keberhasilan ini akan menjadi bukti nyata dan panutan, bahwa sejatinya Indonesia juga mampu berswasembada beras, dan juga produk-produk dalam negeri lainnya untuk mensubstistusi produk-produk impor.

Misteri adalah sesuatu yang belum diketahui dengan pasti dan menarik keingintahuan orang-orang. Adapun kelihatannya misteri-misteri ini akan selalu dan selamanya ada, karena masih banyak hal-hal yang masih belum diketahui dengan pasti dan menarik keingintahuan orang-orang. Tetapi setidak-tidaknya misteri-misteri masalah aspal Buton ini wajib kita kuak dan ungkap sampai tuntas sekarang juga.

Bagikan Artikel Ini

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
Lihat semua