AAI, Diaspora Indonesia di Perancis Donasi Gerakan Literasi ke Taman Bacaan Lentera Pustaka di Bogor

Jumat, 14 Juni 2024 07:43 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

AAI, komunitas diaspora Indonesia di Perancis peringati 25 tahunnya dengan donasi pendidikan nonformal ke TBM Lentera Pustaka Bogor. Dukung gerakan literasi

Memperingati 25 tahunnya, Association les Amis de l'Indonesie (AAI), sebuah lembaga sosial yang fokus membantu bidang kemanusiaan, pendidikan, dan budaya menyalurkan bantuan bantuan program pendidikan nonformal dan gerakan literasi ke Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di Kaki Gunung Salak Bogor (13/6/2024). Hal ini sebagai implementasi spirit filantropi AAI yang anggotanya terdiri warga negara Perancis yang cinta Indonesia dan WNI yang bermukim di Perancis sebagai aksi nyata kepedulian terhadap dunia pendidikan khususnya untuk meningkatkan tradisi baca anak-anak Indonesia dan ingin berhasil dalam sekolah.

"Bantuan program Pendidikan AAI ke Taman Baca Lentera Pustaka ini menjadi wujud cinta kami untuk anak-anak Indonesia. Agar tetap sekolah untuk mencapai cita-cita, di samping rajin membaca buku. Melalui malam dana “la journée Indonesia”, AAI berhasil mengumpulkan dana untuk gerakan pendidikan di Indonesia. Terima kasih kepada para donatur dan anggota AAI, inilah kontribusi nyata kita kepada dunia pendidikan di Indonesia" ujar Jenny Bouffette, Presdiente dan salah satu Pendiri AAI didampingi Novi Susanti (Sekretaris) dan Tari Ancelin (Bendahara) dalam keterangan tertulisnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebelumnya, AAI menggelar acara malam dana bertajuk “La Journée Indonesia” untuk mengumpulkan dana yang didonasikan kepada beberapa lembaga sosial dan pendidikan di Indonesia, diantranya TBM Lentera Pustaka. Di acara tersebut, ikut hadir Konjen RI Ibu Dian Kusumaningrum dan Gubernur Bapak Manent-Manent dan Ibu Jenny Boufette. Sebagai organisasi sosial, AAI berpusat di Tarbes Perancis dan dalam risalah rapat pengurus telah menyepakati untuk memberikan bantuan program pendidikan nonformal ke Taman Bacaan Lentera Pustaka di Bogor.

Bantuan AAI Perancis ke TBM Lentera Pustaka sebesar 500 Euro, yang nantinya akan digunakan untuk 1) operasional kegiatan membaca buku anak-anak, 2) aktivitas motor baca keliling dalam menyediakan akses bacaan anak-anak, dan 3) aktivitas kelas prasekolah. Bantuan program Pendidikan AAI Prancis tahun 2024 ini bertepatan dengan 25 tahun AAI sekaligus menjadi bukti nyata peran diaspora Indonesia di Perancis terhadap gerakan literasi di Indonesia. Demi tegaknya tradisi baca anak, di samping upaya untuk menekan angka putus sekolah. 

"Atas nama TBM Lentera Pustaka, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada AAI Perancis dann seluruh anggotanya. Kerjasama ini sudah berlangsung selama 4 tahun dan sangat bermanfaat untuk aktivitas taman bacaan dan anak-anak kami. Terima kasih AAI Perancis yang telah mendukung TBM Lentera Pustaka, semoga anggoota AAAI sehat selalu" kata Syarifudin Yunus, Pendiri dan Kepala Program TBM Lentera Pustaka.

 

Kerjasama AAI Prancis dan TBM Lentera Pustaka sekaligus menjadi bukti pentingnya kolaborasi untuk gerakan literasi dan meningkatkan kegemaran membaca anak-anak Indonesia. Salam literasi #AAIPerancis #TBMLenteraPustaka #BacaBukanMaen .

Bagikan Artikel Ini

Baca Juga











Artikel Terpopuler