BBPKK Bandung Barat Gandeng Fakultas Dakwah UIN SMH Banten Transformasikan BLKK Menjadi Inkubator Wirausaha

Sabtu, 15 Juni 2024 19:34 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Fakultas Dakwah UIN SMH Banten dan BBPKK RI tandatangani kerja sama transformasi 36 BLKK jadi Inkubator Wirausaha terdaftar SIPENSI, mendukung wirausaha inovatif dan tangguh.

Bandung, 14 Juni 2024 – Fakultas Dakwah UIN SMH Banten telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Balai Besar Perluasan Kesempatan Kerja (BBPKK) Bandung Barat Kementerian Ketenagakerjaan RI RI. Kerja sama ini bertujuan mendampingi 36 Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) di Wilayah I menjadi Inkubator Wirausaha Teregistrasi di Sistem Informasi Pelatihan dan Sertifikasi (SIPENSI). Penandatanganan kontrak berlangsung pada 12-15 Juni 2024 di Bandung, antara Ketua Pelaksana, Masykur, dan PPK BBPKK Bandung, Jason, dan disaksikan langsung oleh Kepala BBPKK Bandung Barat, Tuti Haryanti.

Tanda Tangan Kontrak Swakelola

Pendampingan yang dilakukan mencakup penyusunan berbagai dokumen legalitas, standar operasional, hingga pendampingan pengurusan Hak Kekayaan Intelektual (HaKI). Hal ini bertujuan agar BLKK mampu menjadi inkubator wirausaha yang efektif dan berkelanjutan. Wilayah pendampingan meliputi Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Daerah Khusus Jakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Barat.


Dalam acara ini, Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan, Titik Masudah, menyampaikan, “Kerja sama ini merupakan langkah strategis untuk memperkuat ekosistem wirausaha di Indonesia. Melalui pendampingan ini, kami berharap dapat menciptakan lebih banyak wirausaha baru yang tangguh dan inovatif.”

Persiapan TTD Kontrak Kerja Swakelola


Kepala BBPKK Bandung Barat Kementerian Ketenagakerjaan RI, Tuti Haryanti, juga menambahkan, “Dengan pendampingan yang menyeluruh, mulai dari aspek legalitas hingga strategi bisnis, kami yakin BLKK dapat berkembang menjadi inkubator wirausaha yang dapat berkontribusi nyata bagi perekonomian lokal.” Ia juga melanjutkan bahwa “Dalam proses pemberian mandat ini, kami memastikan adanya uji petik auditor secara berkala dan selalu berkoordinasi jika ada kendala yang berkaitan dengan teknis untuk memastikan pengawasan berjalan optimal.”


Pendampingan dilakukan melalui lima strategi utama: survei dan koordinasi via Google Form dan Zoom Meeting, Focus Group Discussion (FGD), kunjungan lapangan, monitoring dan evaluasi, serta publikasi hasil pendampingan. Setiap langkah dirancang untuk memastikan BLKK memiliki fondasi yang kuat sebagai inkubator wirausaha.

Persiapan TTD Kontrak Kerja Swakelola


Penandatanganan ini merupakan bagian dari komitmen UIN SMH Banten dalam mendukung pengembangan ekonomi berbasis komunitas melalui pendidikan dan pendampingan yang berkualitas. Fakultas Dakwah UIN SMH Banten berperan aktif dalam mencetak wirausaha-wirausaha baru yang siap bersaing di pasar global.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bagikan Artikel Ini

Baca Juga











Artikel Terpopuler