Beragam Praktik Esploitasi Anak

Sabtu, 15 Juni 2024 19:33 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Saat ini banyak sekali anak anak yang dipekerjakan untuk mencari nafkah, misal sebagai pengamen, pengemis dan lainnya. Hak mereka hilang karena harus mencari uang untuk keluarga.

Di beberapa daerah banyak kita temukan anak-anak di bawah umur dieksploitasi oleh orang tua. Padahal di usianya tersebut anak-anak seharusnya mendapatkan perlindungan, hak bermain, hak pendidikan dsb.

Menurut KBBI, eksploitasi juga bisa diartikan sebagai pemerasan atas tenaga orang lain. Dengan demikian, eksploitasi anak artinya pemanfaatan anak untuk kepentingan maupun keuntungan orang tua atau pihak-pihak lain tanpa izin dari anak.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Macam-macam eksploitasi anak yaitu, eksploitasi fisik, eksploitasi seksual, dan eksploitasi sosial Salah satu eksploitasi yang marak di masyarakat ini yaitu eksploitasi fisik. Eksploitasi fisik ini memperkerjakan anak di bawah umur seperti meminta-minta di pinggir jalan, mengamen di jalan, dsb. Hal tersebut yang merupakan kehendak dari orang tua nya bukan dari anak itu sendiri. 

Dalam pasal 76I Undang-Undang 35 tahun 2014 tertulis: “Setiap Orang dilarang menempatkan, membiarkan, melakukan, menyuruh melakukan, atau turut serta melakukan eksploitasi secara ekonomi dan/atau seksual terhadap Anak”. 

Dan orang tua yang mengeksploitasi anak secara ekonomi atau pun seksual, hal tersebut akan dikenakan sanksi pidana. 

Dalam pasal 88 Undang-Undang 35 tahun 2014 tertera ancaman: “dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 tahun dan/atau denda paling banyak Rp200.000.000,- (Dua ratus juta rupiah).” 

Oleh karena itu, orang tua wajib bertanggung jawab penuh atas hak-hak anak dan mencegah eksploitasi anak. Eksploitasi anak bisa jadi terpicu karena kurangnya pendidikan orang tua atau pun mereka terdesak secara ekonomi.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Diana Oktaphia

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

img-content

Beragam Praktik Esploitasi Anak

Sabtu, 15 Juni 2024 19:33 WIB

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
Lihat semua