Pendampingan Pelatihan Penggunaan APE Magic Box di Desa Kedungpeluk

Senin, 17 Juni 2024 09:43 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sosialisasi pemanfaatan alat permainan edukatif menjadi salah satu langkah yang mudah diterapkan untuk para guru dan orang tua, tidak harus mahal tetapi dari barang bekas pun bisa.

UNTAG SURABAYA KKN-NR8 melakukan pengabdian masyarakat di Desa Kedungpeluk untuk anak PAUD yang dimitrai oleh guru PAUD di Desa Kedungpeluk Candi Sidoarjo

Dalam rangka mendukung program PAUD, pemerintah Indonesia telah mengeluarkan berbagai kebijakan, termasuk Program Pembangunan Pendidikan Anak Usia Dini (PP-PAUD), yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah dan mutu lembaga PAUD di seluruh Indonesia. Dengan demikian, diharapkan para pendidik paud bisa menciptakan alat pembelajaran yang metodenya bisa bermain sambil belajar dengan alat yang kreatif dan bahannya bisa menggunakan barang bekas yang ada dirumah atau disekolah, yaitu seperti APE (Alat Permaianan Edukatif).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sosialisasi pemanfaatan alat permainan edukatif menjadi salah satu langkah yang mudah diterapkan untuk para guru dan orang tua, tidak harus mahal tetapi dari barang bekas pun bisa. Selain itu, APE (alat permainan edukatif) berupa magic box ini sebagai salah satu alternatif media pembelajaran pada anak PAUD agar mudah dalam memahami suatu pembelajaran serta mengasah motorik kasar dan halus pada anak PAUD. Kegiatan Sosialisasi ini dilaksanakan pada hari Sabtu 25 Mei 2024 di Balai Desa Kedungpeluk Kec.Candi Sidoarjo yang menjadi salah satu program kerja mahasiswa KKN Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Magic Box yang dibuat oleh kelompok NR-8 dari bagian anggota KKN Untag Surabaya sendiri adalah Alat Permainan Edukatif yang berupa kotak dari kardus bekas dimana berisi tentang pengenalan huruf, waktu, tanggal dan bulan juga angka yang dibuat dari kain flanel, dengan tujuan merangsang sensori motorik halus anak PAUD.

Diharapkan dengan sosialisasi dan pendampingan cara penggunaan APE oleh mahasiswa KKN Untag Surabaya ini dapat dijadikan acuan dan tolak ukur bagi para pengajar PAUD supaya dapat mendukung pendekatan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak usia dini.

 

#kknuntagsurabaya #kknuntag2024 #kitauntagsurabaya #mahasiswakkn #ruangkelas

Bagikan Artikel Ini
img-content
Lismi Syaharani

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
img-content
Lihat semua