15th SATU Indonesia Awards 2024: Mendidik dengan Hati, Kisah Ibu Guru Diana dari Mappi

Selasa, 18 Juni 2024 19:08 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Penghargaan SATU Indonesia Awards 2023 yang diterima Diana merupakan pengakuan atas dedikasinya dalam dunia pendidikan. Penghargaan ini juga menjadi bukti bahwa meskipun dihadapkan pada berbagai keterbatasan, semangat dan komitmen dapat menghasilkan perubahan signifikan.

Di tengah tantangan geografis dan minimnya sarana pendidikan, Diana Cristiana Da Costa Ati telah menjadi simbol perjuangan dan dedikasi dalam dunia pendidikan di Kabupaten Mappi, Papua Selatan. Sebagai salah satu penerima penghargaan SATU Indonesia Awards 2023 dalam kategori pendidikan, Diana dikenal sebagai Guru Penggerak Daerah Terpencil sejak tahun 2018.

Inisiatif program Guru Penggerak ini bermula dari visi Bupati Mappi periode 2017-2022, yang bercita-cita untuk mengurangi angka buta huruf di daerah terpencil. Diana, dengan semangat dan komitmen tinggi, menjawab tantangan tersebut. Di tengah keterbatasan yang ada, ia mengabdikan diri untuk memberantas buta huruf di Mappi, memberikan harapan baru bagi anak-anak yang selama ini terpinggirkan dari akses pendidikan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi Diana adalah minimnya sarana dan prasarana pendidikan. Alat tulis, buku, dan bahan ajar lainnya sangat terbatas, membuat proses belajar mengajar menjadi sangat sulit. Namun, Diana tidak menyerah. Dengan kreativitasnya, ia mengajar dengan bercerita, menggunakan metode yang mampu menarik minat dan perhatian anak-anak. Cerita-cerita tersebut tidak hanya mengajarkan mereka membaca dan menulis, tetapi juga menanamkan nilai-nilai moral dan pengetahuan umum.

Pendekatan Diana yang inovatif telah membuahkan hasil. Anak-anak yang awalnya buta huruf kini mulai bisa membaca dan menulis. Selain itu, metode mengajar dengan bercerita juga telah meningkatkan minat belajar anak-anak, membuat mereka lebih semangat untuk datang ke sekolah. Diana tidak hanya menjadi guru, tetapi juga sosok inspiratif yang menghidupkan mimpi-mimpi anak-anak di Mappi.

Penghargaan SATU Indonesia Awards 2023 yang diterima Diana merupakan pengakuan atas dedikasinya dalam dunia pendidikan. Penghargaan ini juga menjadi bukti bahwa meskipun dihadapkan pada berbagai keterbatasan, semangat dan komitmen dapat menghasilkan perubahan signifikan. Diana berharap, dengan penghargaan ini, akan semakin banyak perhatian diberikan kepada pendidikan di daerah terpencil, sehingga lebih banyak anak yang mendapatkan hak mereka untuk belajar.

Diana Cristiana Da Costa Ati adalah contoh nyata bahwa perubahan besar bisa dimulai dari langkah kecil. Dengan semangat juang dan dedikasi tanpa batas, ia terus berupaya membuka pintu-pintu pendidikan bagi anak-anak di Mappi. Baginya, “Hidup tak semata-mata soal uang dan karir mentereng di kota besar, namun juga pengabdian bagi sesama”.

Kamu punya kisah yang sama seperti Ibu Guru Diana? Yuk, bagikan kisahmu di SATU Indonesia Awards 2024! Kamu bisa menjadi salah satu penerima penghargaan atas inovasi dan dedikasimu di dunia pendidikan. Caranya mudah, ikuti syarat dan ketentuannya berikut ini,

  1. Program diinisiasi oleh individu atau kelompok
  2. Inisiator atau ketua kelompok maksimal berusia 35 tahun pada saat periode pendaftaran
  3. Kegiatan harus orisinal
  4. Kegiatan telah berlangsung minimal 1 tahun 
  5. Kegiatan yang didaftarkan tidak pernah menerima manfaat dari Grup Astra
  6. Kegiatan yang didaftarkan belum pernah menerima penghargaan nasional/internasional
  7. Kegiatan yang diajukan selaras dengan aspek sustainability yang meliputi environmental, social dan governance (ESG)
  8. Bukan karyawan Grup Astra atau Mitra SATU Indonesia Awards
  9. Dapat mendaftarkan diri sendiri atau orang lain yang memenuhi persyaratan SATU Indonesia Awards.

Yang istimewa pada 15th SATU Indonesia Awards 2024 yakni karya para peserta akan dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari para profesional senior dan inspiratif dari berbagai bidang, termasuk akademisi, praktisi, pegiat seni dan tokoh masyarakat. Berikut ini adalah dewan juri pada 15th SATU Indonesia Awards 2024:

  • Prof. Nila Moeloek (Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia)
  • Prof. Emil Salim (Dosen Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Indonesia)
  • Prof. Fasli Jalal (Rektor Universitas YARSI dan Guru Besar Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta)
  • Ir. Tri Mumpuni (Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan)
  • Onno W. Purbo Ph.D (Pakar Teknologi Informasi)
  • Arif Zulkifli (Direktur Utama PT Tempo Inti Media Tbk)
  • Dian Sastrowardoyo (Pegiat Seni)
  • Billy Boen (Founder Young On Top)
  • Boy Kelana Soebroto (Head of Corporate Communications Astra)
  • Diah Suran Febrianti (Head of Environment & Social Responsibility Astra)
  • Raline Shah (Pegiat Seni)

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari perubahan! Ikuti dan daftarkan diri Anda dalam 15th SATU Indonesia Awards 2024. Untuk daftar dan upload karya, silakan klik link berikut ini.

Para penerima apresiasi akan mendapatkan dana bantuan kegiatan senilai 65 juta rupiah dan pembinaan kegiatan serta kesempatan untuk berkolaborasi bersama di Kampung Berseri Astra atau Desa Sejahtera Astra. Pendaftaran sudah dibuka mulai 4 Maret - 4 Agustus 2024.

Mari bersama-sama memberikan inspirasi dan kontribusi nyata untuk Indonesia. Kunjungi www.astra.co.id/satu-indonesia-awards dan jadilah pahlawan bagi bangsa!

 

Bagikan Artikel Ini

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
Lihat semua