Inisiatif Pemuda untuk Indonesia Damai, Melawan Intoleransi dan Radikalisme

Rabu, 19 Juni 2024 10:49 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sekelompok pemuda berinisiatif meluncurkan gerakan bertajuk "Pemuda untuk Indonesia Damai". Inisiatif ini bertujuan untuk mempromosikan perdamaian dan toleransi di masyarakat.

Pada dasarnya anak muda sekarang dengan anak muda dahulu sangatlah berbeda, mulai dari pergaulan atau lingkungan mereka untuk bersosialisasi sampai cara berfikir secara rasional untuk masa depan nanti. Semakin hari kekhawatiran terhadap media sosial yang terus memunculkan isu intoleransi dan radikalisme di Indonesia semakin meningkat. Dengan beberapa informasi negatif yang masuk tentang radikalisme ini sangat mengkhawatirkan para generasi muda.

Untuk menekankan kembali kepada generasi muda kini media sosial juga memunculkan beberapa informasi untuk mengatasi itu semua, seperti tidak boleh gampang percaya dengan segala informasi muncul di media sosial yang di mana informasi tersebut masih ditanyakan kepastiannya, memperbanyak kegiatan yang bermanfaat, serta bersosialisasi dalam berbagai lingkungan.

Dalam berita yang ada di web Liputan6 tertulis "Say no to hoax, bekali diri dengan banyak referensi, jadilah anak muda yang kreatif dan inovatif dalam berkarya, aktif menyebarkan pesan damai, open your mind, kuatkan literasi media, hindari kelompok intoleran dengan cara berkumpul  dengan orang-orang yang sukses serta terakhir implementasikan makna Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," ujar Latifa.

Namun dengan inisiatif para pemuda Indonesia dengan ide mereka untuk mengusahakan perdamaian dan toleransi bagi Masyarakat. Inisiatif itu diberi nama “Pemuda untuk Indonesia Damai” dan ini sudah diresmiikan di Jakarta yang dihadiri oleh beberapa tokoh Masyarakat, aktivis, dan para pemimpin komunitas.

Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 menjelaskan tentang peran dan tanggung jawab pemuda.  Pemuda berperan aktif sebagai kekuatan moral, kontrol sosial, dan agen perubahan dalam segala  aspek pembangunan nasional. Pemuda untuk Indonesia Damai adalah salah satu gerakan para anak muda yang digagas oleh sejumlah organisasi pemuda dan komunitas mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka  sangat berkomitmen untuk melawan segala bentuk intoleransi dan radikalisme melalui pendidikan, percakapan yang membawa antar agama, dan kegiatan sosial yang mengedepankan nilai-nilai kebhinekaan.

Dengan adanya semangat generasi muda untuk mengembangkan niat baiknya melawan intoleransi dan radikalisme, sekelompok pemuda berinisiatif meluncurkan gerakan bertajuk "Pemuda untuk Indonesia Damai". Inisiatif ini bertujuan untuk mempromosikan perdamaian dan toleransi di masyarakat, dengan fokus khusus pada pendidikan dan kegiatan sosial. mereka mendapatkan banyak sekali dukungan dari berbagai pihak. Mulai dari pemerintahan, tokoh agama dan pemimpin komunitas.

 Gerakan bertajuk anak muda itu juga merancang beberapa program dan kegiatan;

  1. Edukasi (workshop): memberikan informasi kepada siswa dan mahasiswa dengan mengajarkan kepada mereka bahwa pentingnya toleransi dan bahaya radikalisme.
  2. Percakapan antar agama: dengan mengajarkan beberapa pemahaman dan kebersamaan antar agama, serta menghilangkan prasangka buruk antar agama.
  3. Kampanye di media sosial: manfaatkan media sosial dengan menyebarkan berita positif tentang perdamaian dan toleransi.
  4. Kegiatan sosial dan budaya: merancang acara seni dan budaya dengan mengundang masyarakat dengan latar belakang dan profesi yang berbeda.

“Dengan munculnya inisiatif anak muda yang bermanfaat ini semoga toleransi di negara kita semakin meningkat, karena kita hidup di lingkungan bermasyarakat. Yang di mana nilai toleransi sangat diperlukan, dan kita semua berharap isu ataupun adanya radikalisme di negara kita setelah berkembangnya inisiatif Gerakan perajuk “Pemuda untuk Indonesia Damai” cepat hilang,” ujar Adit.

 

 

 

 

 

Bagikan Artikel Ini
img-content
Moh Fikri TaufiqulHaq

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
img-content
Lihat semua