Cara Mengatasi WiFi Windows 10 Tidak Bisa Connect

Rabu, 19 Juni 2024 10:50 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pengguna komputer atau laptop di Windows 10 kini kebanyakan menggunakan WiFi sebagai koneksi internet utama. Jadi kalau tidak bisa konek ke WiFi tentu akan merepotkan.

Pengguna komputer atau laptop di Windows 10 kini kebanyakan menggunakan WiFi sebagai koneksi internet utama. Jadi kalau tidak bisa konek ke WiFi tentu akan merepotkan. Mengapa? Karena kita tidak bisa menggunakan internet seperti biasanya. Masalah tidak bisa konek ke WiFi sendiri umumnya disertai dengan pesan error tertentu.

Nah, jika Anda mengalami hal tersebut, Anda tidak perlu khawatir. Di bawah ini saya akan menjelaskan cara mengatasi Windows 10 tidak bisa konek ke WiFi. Alasan Mengapa WiFi Windows 10 Tidak Dapat Terhubung. Ada beberapa hal yang bisa membuat WiFi di Windows 10 tidak bisa terhubung seperti biasanya. Berikut ini adalah penyebabnya:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

- Masalah sistem di Windows 10

- Masalah pada modem yang anda gunakan

- Masalah adaptor WiFi internal dan eksternal Dan masih banyak lagi

Saya sendiri sudah berkali-kali mengalami hal ini, dan biasanya disebabkan oleh hal-hal tersebut.

Cara Mengatasi WiFi Windows 10 Tidak Bisa Connect

Pada artikel kali ini saya akan membahasnya lebih lanjut. Ya, tentang cara mengatasi WiFi tidak bisa terkoneksi di Windows 10. Semoga cara ini berhasil untuk anda, dan benar-benar ampuh untuk mengatasi masalah yang anda alami.

1. Copot Pemasangan Perangkat Jaringan

Di Windows 10, sebelum WiFi bisa diaktifkan dan digunakan, kita perlu menginstalnya terlebih dahulu. Jenis file yang diinstal ini disebut sebagai driver. Masalahnya, driver WiFi yang diinstal terkadang bisa mengalami error. Bentuk kesalahannya sendiri bisa bermacam-macam. WiFi yang tidak bisa terkoneksi merupakan salah satu hal yang paling sering saya temui.

Solusinya, Anda bisa uninstall driver perangkat jaringan (adaptor) yang telah diinstal sebelumnya.

Caranya seperti ini:

- Klik kanan pada logo Windows, lalu klik Device Manager.

- Kemudian, carilah driver WiFi yang terinstal di komputer Anda. Penggunaan nama tersebut mungkin berbeda-beda. Untuk di sini, saya menggunakan perangkat kartu nirkabel:

- Setelah itu, klik kanan pada drivernya, lalu klik Uninstall.

- Sekarang silahkan restart PC atau laptop anda terlebih dahulu.

- Terakhir, Anda tinggal mencoba menyambungkan kembali WiFi tersebut.

2. Instal ulang Driver WiFi

Instalasi driver WiFi biasanya dilakukan secara manual menggunakan DVD khusus atau menggunakan file yang bisa didapatkan melalui situs resmi produsen komputer Anda. Nah, disini kamu juga bisa mencoba menginstal ulang driver WiFi, karena biasanya masalah ini bisa teratasi. Selain opsi instal ulang driver yang sama, Anda juga bisa mencoba opsi pembaruan driver yang sebenarnya lebih efektif.

Bagaimana cara menginstalnya kembali?. Sayangnya, cara untuk langkah ini berbeda-beda, bergantung pada driver perangkat yang Anda gunakan. Intinya seperti yang saya katakan tadi, coba cari dulu driver DVD untuk perangkat WiFi Anda, lalu install seperti biasa.

3. Periksa Mode Pesawat

Di Windows 10 seperti yang kita tahu, ada mode pesawat. Jika diaktifkan, mode pesawat akan otomatis menonaktifkan internet. Nah, makanya kamu wajib cek mode pesawat. Pastikan itu dinonaktifkan. Caranya buka menu di kanan bawah. Kemudian disana Anda akan melihat beberapa menu. Klik pada mode pesawat, untuk menonaktifkan mode pesawat.

4. Ganti Saluran WiFi

Saluran di WiFi telah diatur secara default sejak awal. Namun, Anda tidak perlu membiarkannya begitu saja. Coba atur saluran WiFi Anda lagi. Sebab dengan mengubahnya, cara ini terkadang lebih efektif untuk mengatasi WiFi yang sulit terkoneksi, termasuk jika muncul pesan “Windows 10 can’t connect to this network”.

Untuk caranya kurang lebih seperti ini:

- Klik kanan logo Windows, lalu klik Pengelola Perangkat.

- Kemudian, carilah driver WiFi yang terinstal di komputer Anda. Klik kanan drivernya, lalu klik Properties.

- Klik tab Advanced, lalu ubah Value dari mode 802.1 1n menjadi Disabled.

- Setelah langkah-langkah di atas dilakukan, coba restart PC atau laptop Anda terlebih dahulu, lalu periksa kembali WiFi dengan menghubungkannya.

5. Coba Reset Perangkat WiFi Anda (Router).

Saya sendiri juga pernah mengalami hal ini. Saya salah mengatur pengaturan router, yang mengakibatkan beberapa perangkat tidak dapat terhubung. Setelah saya coba reset lagi, WiFi di Windows 10 saya yang sebelumnya tidak bisa konek menjadi normal kembali. Jadi, bagaimana cara melakukannya?

Karena setting setiap WiFi berbeda-beda, saya sarankan untuk mereset routernya saja. Karena dengan melakukan reset router maka semua pengaturan akan kembali ke kondisi default, sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk melakukan pengecekan satu per satu pengaturannya.

6. Coba Nonaktifkan Firewall

Firewall adalah fitur di Windows yang berfungsi untuk memblokir program tertentu dari koneksi internet. Ketika Windows 10 tidak dapat terhubung ke WiFi, Anda dapat mencoba menonaktifkan Firewall. Untuk melakukannya, di kolom pencarian Windows, ketik "Firewall". Kemudian ketika Firewall sudah terbuka, aktifkan Private, Public dan Domain Network. Terakhir, periksa kembali koneksi WiFi.

Itulah ulasan tentang Cara Mengatasi WiFi Windows 10 Tidak Bisa Connect seperti yang dilansir ciobet88, semoga bermanfaat.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Diding

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
img-content
Lihat semua