Komunitas Jejak Media Ajak Masyarakat Sukseskan Pembangunan IKN Nusantara

Rabu, 19 Juni 2024 18:22 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Jejak Media Ajak Masyarakat Sukseskan Pembangunan IKN Nusantara

Komunitas Jejak Media mengajak kepada pemuda seluruh Indonesia untuk berperan aktif dalam rangka menyukseskan IKN Nusantara dan mendorong peran aktif media massa dalam menyongsong kesuksesan Pembangunan IKN Nusantara.

Ajakan ini disampaikan melalui sebuah diskusi ringan dalam sebuah podcast yang di selenggarakan Jejak Media dengan narasumber Irmanto Lukman selaku Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI. Dalam diskusi ini Jejak Media juga membahas mengenai peran media massa dalam menyukseskan pembangunan IKN Nusantara.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam diskusi ini, Irmanto Lukman menyampaikan bahwa terkait dengan IKN media berperan untuk menginformasikan rencana maupun proses pembangunan di IKN.

“Terlepas dari apakah terjadi kontra dan pro pembangunan IKN sehingga dua unsur baik yang pro maupun yang kontra ditampung oleh media. Biar nanti masyarakat lah yang menilai. Jadi media dalam hal ini memberikan data, fakta dan informasi terkait dengan Pembangunan IKN,” ungkap Irmanto Lukman dalam Podcast tersebut.

Lebih lanjut, Irmanto mengatakan, “Terkait dengan sosial media masyarakat harus mampu menjelaskan atau memposisikan sesuatu yang benar-benar fakta. Jangan yang dipotong-potong.”

Hal ini tentu penting mengingat dalam proses sebuah pembangunan ada saja hoax atau berita yang tidak benar menyebar melalui berbagai kanal. Media massa dapat menjadi pionir terdepan dalam menyajikan informasi valid sehingga harapannya dalam membantu masyarakat agar terhindar dari informasi hoax yang dapat merugikan.

Peran aktif pers dalam menyukseskan pembangunan IKN Nusantara tidak bisa diremehkan. Sebagai penyedia informasi, pengawas, jembatan komunikasi, edukator, penjaga stabilitas, dan pendorong partisipasi publik, pers memiliki tanggung jawab besar dalam memastikan bahwa pembangunan ibu kota baru ini dapat berjalan dengan lancar, transparan, dan sesuai dengan kepentingan seluruh rakyat Indonesia. Dukungan penuh dan kerja sama dari semua pihak, termasuk pers, sangat dibutuhkan untuk mewujudkan IKN Nusantara sebagai ibu kota yang modern, inklusif, dan berkelanjutan.

 

 

Bagikan Artikel Ini

Baca Juga











Artikel Terpopuler