Peran Aktif Pers dalam Menyukseskan Pembangunan IKN Nusantara

Rabu, 19 Juni 2024 23:49 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pers memiliki peran edukatif dalam memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya pembangunan IKN Nusantara.

JAKARTA - Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur merupakan salah satu proyek terbesar dalam sejarah Indonesia. Proyek ini bukan hanya tentang pembangunan fisik, tetapi juga mencakup aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan yang kompleks. Dalam konteks ini, peran pers menjadi sangat krusial untuk memastikan kelancaran dan kesuksesan proyek tersebut.

Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat, Irmanto Lukman dalam acara podcast yang dilaksanakan Jejak Media membeberkan pentingnya peran aktif pers dan masyarakat dalam menyukseskan pembangunan IKN Nusantara.

“Pers berperan sebagai penyedia informasi yang akurat dan transparan mengenai perkembangan proyek IKN Nusantara. Informasi yang disampaikan pers dapat membantu masyarakat memahami tujuan, tahapan, dan manfaat pembangunan ibu kota baru ini. Dengan demikian, publik dapat memberikan dukungan yang lebih besar terhadap proyek tersebut,” tegas Irmanto

Pembangunan IKN Nusantara melibatkan perpindahan penduduk dan perubahan besar dalam struktur sosial. Pers dapat membantu menjaga stabilitas sosial dengan memberikan liputan yang seimbang dan tidak memprovokasi. Informasi yang akurat dan non-partisan dari pers dapat mencegah penyebaran hoaks dan informasi yang menyesatkan, yang bisa menyebabkan ketidakpuasan dan konflik di masyarakat.

“Pers memiliki peran edukatif dalam memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya pembangunan IKN Nusantara. Melalui berbagai bentuk media, seperti artikel, laporan, dan program televisi, pers dapat mengedukasi masyarakat mengenai dampak positif dari proyek ini terhadap perekonomian, lingkungan, dan kehidupan sosial. Edukasi yang baik akan memberdayakan masyarakat untuk ikut serta aktif dalam mendukung dan berpartisipasi dalam pembangunan ibu kota baru,” lanjut Irmanto

Dengan memberikan informasi yang jelas dan akurat, pers dapat mendorong partisipasi publik dalam berbagai aspek pembangunan IKN Nusantara. Partisipasi ini bisa berupa dukungan moral, saran konstruktif, atau bahkan keterlibatan langsung dalam kegiatan-kegiatan yang mendukung pembangunan ibu kota baru. Partisipasi publik yang tinggi akan memperkuat legitimasi proyek dan memastikan bahwa pembangunan berjalan sesuai dengan harapan masyarakat.

Bagikan Artikel Ini

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
img-content
Lihat semua