SATU Indonesia Awards Apresiasi Inovator Pengolahan Limbah Menjadi Berkah

Jumat, 21 Juni 2024 16:53 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Plepah tidak hanya memberikan solusi bagi limbah pertanian pelepah pinang, tetapi juga menginspirasi banyak pihak untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

Plepah, sebuah inovasi brilian yang dirintis oleh Rengkuh Banyu, berhasil meraih penghargaan di 14th SATU Indonesia Awards 2023. Terinspirasi oleh riset di India, di mana masyarakat menggunakan produk ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari, Rengkuh menginisiasi penggunaan pelepah pohon pinang sebagai solusi lingkungan yang inovatif.

Pohon pinang, yang dapat tumbuh dengan kepadatan 1300 pohon per hektar, banyak terdapat di Indonesia. Di pulau Sumatera saja, ada sekitar 150 ribu hektare kebun pinang, belum lagi di Papua dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Pelepah pinang sering kali dianggap limbah pertanian tanpa nilai jual. Namun, di tangan Rengkuh, pelepah ini diubah menjadi produk bernilai tinggi yang ramah lingkungan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dengan modal awal sebesar 100 juta rupiah, Rengkuh mendirikan PT Jentera Garda Futura pada tahun 2018 dan mulai memproduksi produk ramah lingkungan berbahan dasar pelepah pinang. Awalnya, Plepah hanya mampu memproduksi 500 pcs per bulan. Namun, berkat kerja keras dan inovasi yang berkelanjutan, kini Plepah mampu memproduksi hingga 120 ribu pcs per bulan.

Keberhasilan Plepah tidak hanya diukur dari peningkatan kapasitas produksi. Produk ini juga telah mendapat pengakuan internasional, termasuk 20 Good Design Award untuk kategori desain produk ramah kemasan lingkungan dari Kementerian Perindustrian. Penghargaan ini merupakan salah satu dari berbagai penghargaan yang telah diterima oleh Plepah.

Plepah tidak hanya memberikan solusi bagi limbah pertanian pelepah pinang, tetapi juga menginspirasi banyak pihak untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Dengan inovasi yang berkelanjutan, Rengkuh Banyu telah menunjukkan bahwa produk ramah lingkungan bisa menjadi alternatif yang nyata dan berdaya saing tinggi di pasar global.

Inisiatif ini membuktikan bahwa dengan semangat dan dedikasi, limbah yang tadinya tidak bernilai bisa diubah menjadi produk yang bermanfaat, ramah lingkungan, dan memiliki nilai jual tinggi. Plepah adalah contoh nyata bagaimana kreativitas dan kepedulian terhadap lingkungan bisa berkontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Apakah kamu punya inovasi yang sama di bidang lingkungan? Ayo daftarkan karyamu di 15th SATU Indonesia Awards 2024. Berikut ini syarat dan ketentuannya,

  1. Program diinisiasi oleh individu atau kelompok
  2. Inisiator atau ketua kelompok maksimal berusia 35 tahun pada saat periode pendaftaran
  3. Kegiatan harus orisinal
  4. Kegiatan telah berlangsung minimal 1 tahun 
  5. Kegiatan yang didaftarkan tidak pernah menerima manfaat dari Grup Astra
  6. Kegiatan yang didaftarkan belum pernah menerima penghargaan nasional/internasional
  7. Kegiatan yang diajukan selaras dengan aspek sustainability yang meliputi environmental, social dan governance (ESG)
  8. Bukan karyawan Grup Astra atau Mitra SATU Indonesia Awards
  9. Dapat mendaftarkan diri sendiri atau orang lain yang memenuhi persyaratan SATU Indonesia Awards.

Yang istimewa pada 15th SATU Indonesia Awards 2024 yakni karya para peserta akan dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari para profesional senior dan inspiratif dari berbagai bidang, termasuk akademisi, praktisi, pegiat seni dan tokoh masyarakat. Berikut ini adalah dewan juri pada 15th SATU Indonesia Awards 2024:

  • Prof. Nila Moeloek (Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia)
  • Prof. Emil Salim (Dosen Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Indonesia)
  • Prof. Fasli Jalal (Rektor Universitas YARSI dan Guru Besar Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta)
  • Ir. Tri Mumpuni (Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan)
  • Onno W. Purbo Ph.D (Pakar Teknologi Informasi)
  • Arif Zulkifli (Direktur Utama PT Tempo Inti Media Tbk)
  • Dian Sastrowardoyo (Pegiat Seni)
  • Billy Boen (Founder Young On Top)
  • Boy Kelana Soebroto (Head of Corporate Communications Astra)
  • Diah Suran Febrianti (Head of Environment & Social Responsibility Astra)
  • Raline Shah (Pegiat Seni)

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari perubahan! Ikuti dan daftarkan diri Anda dalam 15th SATU Indonesia Awards 2024. Untuk daftar dan upload karya, silahkan klik link berikut ini.

Para penerima apresiasi akan mendapatkan dana bantuan kegiatan senilai 65 juta rupiah dan pembinaan kegiatan serta kesempatan untuk berkolaborasi bersama di Kampung Berseri Astra atau Desa Sejahtera Astra. Pendaftaran sudah dibuka mulai 4 Maret - 4 Agustus 2024.

Mari bersama-sama memberikan inspirasi dan kontribusi nyata untuk Indonesia. Kunjungi www.astra.co.id/satu-indonesia-awards dan jadilah pahlawan bagi bangsa!





Bagikan Artikel Ini

Baca Juga











Artikel Terpopuler