Menuju Hidup Berkualitas

Sabtu, 22 Juni 2024 18:50 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Banyak orang menjalani kehidupan yang membosankan. Akibatnya mereka menghadapi banyak masalah. Selain ekonomi, kesehatan psikis dan fisik mereka akan terdampak. Bagaimana mengubahnya? Inilah saran Pablo Neruda. Sila baca terus sampai tuntas.

Menuju Hidup Berkualitas

Bambang Udoyono

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Rumi punya sebuah kutipan menarik. “Semua orang akan mati, tapi tidak  semua orang benar benar hidup.”  Maksudnya tentu banyak orang yang hidupnya  tidak berkualitas.  Mereka hanya secara fisik saja masih hidup. Tapi tidak ada dinamika dalam hidupnya.  Tidak ada makna dalam hidupnya.  Timbul pertanyaan bagaimana hidup yang berkualitas dan bermakna itu?

Mari kita cermati sebuah puisi dari Pablo Neruda, seorang sastrawan Chili yang pernah memenangi hadiad Nobel sastra pada tahun 1971.

 

You start dying slowly;

 

 if you do not travel,

 if you do not read,

 If you do not listen to the sounds of life,

 If you do not appreciate yourself.

 

 You start dying slowly :

 When you kill your self-esteem,

 When you do not let others help you.

 

 You start dying slowly;

If you become a slave of your habits,

Walking every day on the same paths…

 If you do not change your routine,

 If you do not wear different colours

 Or you do not speak to those you don’t know.

 

 You start dying slowly:

If you avoid to feel passion

And their turbulent emotions;

Those which make your eyes glisten

And your heart beat fast.

 

 You start dying slowly:

If you do not risk what is safe for the uncertain

If you do not go after a dream

If you do not allow yourself

At least once in your lifetime

To run away from sensible advice

 

Don't let yourself die slowly

Do not forget to be happy!

 

 ~ Pablo Neruda

 

Menurut Neruda, manusia akan mati pelan pelan apabila tidak membaca, tidak berwisata, tidak menyimak suara kehidupan, tidak menghargai dirinya sendiri dan tidak mengijinkan orang lain membantunya.  Manusia akan menjalani hidup yang tidak berkualitas apabila dia menjadi budak kebiasaannya, dan jika hanya melakukan hal sama setiap hari.

Jadi agar hidup ini benar benar hidup kita harus berwisata, banyak membaca, menyimak suara kehidupan, menghargai diri sendiri, dan mengijinkan orang lain membantu. Kita juga harus merdeka dari rutinitas yang menjemukan. Kita harus tidak jadi mesin atau robot.

Menurut dia manusia harus mengganti kebiasaannya. Jangan hanya menjalani rutinitas. Berganti warna jadi salah satu sarannya. Dan berbicara dengan orang yang tidak dikenalnya.

Saran lainnya adalah kita harus memiliki renjana (passion) dan merasakan gejolak emosi.  Kita harus merasakan deg degan.  Kita harus menemui orang yang membuat bahagia.  Kita harus berani menghadapi resiko dan ketidakpastian. Dianjurkannya kita mengejar impian dengan mengambil resiko. 

Dia menyarankan agar kita jangan terlalu berhati hati.  Sesekali abaikan nasehat untuk hati hati.  Memang nyatanya banyak orang mencapai keberhasilan dengan mengambil resiko. Dengan kata lain kita harus berani menghadapi ketidakpastian dan kegagalan.

Kalau itu dilakukan maka kemungkinan besar hidup kita akan berkualitas. Hanya dalam kehidupan yang demikian kita bisa menggapai keberhasilan. Itulah jalan menuju kebahagiaan.   

Demikianlah saran Pablo Neruda agar hidup kita berkualitas. Dengan kata lain dia menganjurkan kita agar meninggalkan kehidupan yang biasa biasa saja menuju kehidupan yang penuh gairah. Dalam Upaya menuju sukses itu ada ketidakpastian dan berbagai resiko. Tapi dengan hijrah itulah kita bisa mengubah hidup dari yang biasa biasa saja menjadi hidup yang berkualitas dan sukses.

Sudah siapkah Anda hijrah dari rutinitas yang membosankan menuju renjana? Jika sudah maka Anda akan benar benar hidup.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Bambang Udoyono

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
Lihat semua