Mahasiswa KKN Mengoptimalkan Pendataan Penduduk Kalurahan Medokan Semampir

Sabtu, 22 Juni 2024 18:52 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Melalui observasi lapangan, wawancara dengan pihak terkait, dan analisis kebutuhan masyarakat, mahasiswa berhasil mengidentifikasi permasalahan utama yang dihadapi dalam proses ini.

Surabaya, 22 Juni 2024 - Kuliah Kerja Nyata (KKN) tidak hanya menjadi wahana bagi mahasiswa untuk memberikan kontribusi pada masyarakat, tetapi juga menjadi ajang untuk mengembangkan kemampuan praktis mereka. Di Kelurahan Medokan Semampir RW 03, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya, program KKN telah memberikan hasil yang signifikan dalam mengatasi masalah pendataan penduduk yang masih dilakukan secara manual oleh pihak terkait.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Erik Prayoga, Revallino Dwi Cahya, dan Moch Zainal Arifin terungkap bahwa proses pendataan penduduk di RW dan RT setempat masih mengalami kendala dalam hal efisiensi. Melalui observasi lapangan, wawancara dengan pihak terkait, dan analisis kebutuhan masyarakat, mahasiswa berhasil mengidentifikasi permasalahan utama yang dihadapi dalam proses ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Pendataan yang ada di RW ini bisa dibilang belum terorganisir dengan baik, maka dari itu pengarsipan data penduduk menjadi sebuah buku agenda dan data kependudukan semacam ini dapat membantu proses screening terhadap demografi dan latar belakang penduduk di kawasan RW 03 Medokan Semampir Surabaya,” ujar Bapak Soehartojo selaku ketua RW.

Metodologi yang digunakan melibatkan penerapan teknologi dalam bentuk buku agenda digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi buku agenda digital mampu meningkatkan efisiensi pendataan penduduk dan menyediakan platform informasi yang lebih terstruktur. Hal ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan sarana dan prasarana serta memberikan inovasi dalam bidang sosial dan kependudukan di Kelurahan Medokan Semampir.

"Kami berharap temuan ini tidak hanya memberikan solusi bagi permasalahan yang ada saat ini, tetapi juga menjadi langkah awal dalam meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat secara keseluruhan," tambah Erik Prayoga

 

Dengan adanya kolaborasi antara mahasiswa KKN dan masyarakat lokal, diharapkan Kelurahan Medokan Semampir dapat terus mengalami perkembangan yang positif dalam hal pelayanan dan inovasi sosial. Langkah ini menjadi bukti nyata bahwa pengabdian masyarakat melalui program KKN tidak hanya sekadar sebuah kewajiban, tetapi juga merupakan kesempatan untuk menciptakan perubahan yang berarti bagi lingkungan sekitar.

 

#UntagSurabaya

#KitaUntagSurabaya

#UntagSurabayaKeren

#PelayananPublik

Bagikan Artikel Ini
img-content
MOCH ZAINAL ARIFIN

MOCH ZAINAL ARIFIN

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler