Implementasi Lampu Solar Cell di Kendalpecabean Sidoarjo oleh mahasiswa KKN Untag Surabaya

Minggu, 23 Juni 2024 07:11 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dendy Immanuel, mahasiswa Universitas 17 Agustus Surabaya, melaksanakan program pengabdian dengan penerapan inovasi Patriot Merah Putih bagi masyarakat lokal. Produknya adalah lampu tenaga surya untuk penerangan di desa Kendalpecabean, Sidoarjo.

Di tengah tantangan energi global dan perubahan iklim, implementasi lampu solar cell menjadi topik yang menarik perhatian banyak pihak. Teknologi ini menawarkan solusi berkelanjutan dan ramah lingkungan untuk memenuhi kebutuhan penerangan, terutama di daerah yang minim penerangan dan meminimalisir penggunaan kabel listrik.
 
Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya melaksanakan program pengabdian masyarakat dengan penerapan inovasi dan teknologi patriot merah putih di desa Kendalpecabean. Kegiatan ini dilaksanakan oleh kelompok Non-reguler (NR 9) Program pengabdian masyarakat Kuliah Kerja Nyata (KKN), yang wajib dilaksanakan mahasiswa sebagai perwujudan Tri Dharma perguruan tinggi.
 
Di desa Kendalpecabean dilakukan penerapan penerangan lampu LED berbasis solar cell, tidak hanya meningkatkan kemanan dan membantu kegiatan di malam hari, tetapi juga memberikan contoh nyata penggunaan energi baru terbarukan. dengan instalasi lampu LED yang efisien dan ramah lingkungan dengan menggunakan energi matahari tanpa bergantung pada jaringan listrik PLN.
 
“Solar cell ini tidak hanya berfungsi sebagai penerangan tetapi juga sebagai sarana edukasi dan promosi terkonogi terbarukan. Kami mengimlementasikan di desa Kendalpecabean ini juga membantu membuka peluang bagi masyarakat untuk mempelajari dan memelihara teknologi, sehingga masyarakat setempat dapat mengatasi masalah atau kerusakan di masa depan,” ungkap Dendy Immanuel selaku perwakilan KKN UNTAG Surabaya
 
Hal tersebut di respon oleh dosen Pembimbing Lapangan. “Mahasiswa KKN disini mengimplementasikan solar cell ini juga termasuk langkah maju dalam upaya menciptakan masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan. Semoga kedepannya dengan investasi yang tepat dan dukungan komunitas, teknologi ini dapat menjadi kunci untuk menunjukkan kemajuan yang ramah lingkungan,” kata pak Ardy Januantoro S.Kom., M.MT, Dosen Pembimbing Lapangan KKN NR 9.

Bagikan Artikel Ini
img-content
dendy immanuel

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler