Bagaimana Cara Merawat Tanaman Agar Tumbuh Subur?

Sabtu, 29 Juni 2024 06:28 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bagaimana cara merawat tanaman untuk pemula? Jika Anda belum pernah berkebun sebelumnya, merawat tanaman sendiri di rumah bukanlah hal yang mudah.

Bagaimana cara merawat tanaman untuk pemula? Jika Anda belum pernah berkebun sebelumnya, merawat tanaman sendiri di rumah bukanlah hal yang mudah. Mulai dari masalah tanaman mati, kekeringan, terserang hama hingga tidak bisa tumbuh dengan baik.

Jika Anda pemula, maka belajarlah menjadi orang yang telaten dalam merawat tanaman agar tumbuh dengan baik. Setiap jenis tanaman tumbuh dengan ciri-ciri yang berbeda. Ada tanaman yang memerlukan kelembapan tinggi dan ada juga yang membutuhkan sinar matahari cukup. Disini kami ingin berbagi cara Merawat Tanaman untuk pemula agar bisa tumbuh dengan baik. 

Cara Mudah Merawat Tanaman

Memilih Jenis Tumbuhan Yang Tepat

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Saat ini banyak sekali jenis tanaman yang bisa Anda tanam untuk mempercantik rumah Anda. Tips pertama, Anda harus memilih jenis yang sesuai dengan kondisi tempat tinggal Anda, apakah iklimnya cenderung dingin atau panas. Cara merawat tanaman untuk pemula dengan menentukan juga apakah ingin menanamnya di dalam ruangan atau di luar ruangan. Anda harus memilih apakah ingin menggunakan media tanam berupa tanah atau hidroponik.

Tentunya setiap cara penanaman akan memerlukan teknik perawatan khusus yang berbeda-beda. Silakan pilih saja jenis yang memang Anda sukai, asalkan sesuai dengan kondisi Anda dan ketersediaan waktu untuk merawatnya.

Namun sebagai pemula, disarankan untuk memilih jenis tanaman yang mampu bertahan pada suhu ruangan sekitar 25°C. Beberapa varietas paling cocok untuk pemula dan mudah perawatannya, seperti lidah mertua, aglaonema, monstera, kaktus, lily perdamaian, lily of Paris dan pothos.

Memilih Tempat Menanam

Selanjutnya menentukan tempat atau media tanam. Misalnya saja apakah akan ditanam di pot, polibag, atau langsung di tanah. Penentuan jenis lokasi penanaman bertujuan agar Anda tidak melakukan kesalahan dalam cara merawatnya, terutama dalam pemberian air dan pupuk.

Cara merawat tanaman bagi pemula yang benar adalah dengan menyesuaikannya dengan media tanaman. Bagi pemula, menanam di dalam pot akan lebih mudah karena bisa mengatur komposisi media tanam dan penggunaan pupuk.

Memberikan Sinar Matahari Yang Cukup

Baik tanaman di dalam maupun di luar ruangan membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk berfotosintesis sebagai sumber makanannya. Tanaman akan cepat kayu bahkan bisa mati, jika kekurangan sinar matahari. Untuk ruangan outdoor sebaiknya diletakkan di tempat yang mendapat sinar matahari langsung. Sedangkan untuk di dalam ruangan, Anda bisa mengeluarkan tanaman pada pagi hari agar mendapat sinar matahari.

Penting juga untuk mengetahui berapa banyak sinar matahari yang dibutuhkan tanaman Anda setiap hari, rata-rata antara 4-7 jam. Gejala tanaman kurang sinar matahari ditandai dengan daun menguning, batang panjang namun lemah dan tampak tidak sehat.

Namun jangan terlalu sering terkena sinar matahari karena akan menyebabkan layu dan mati. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui kebutuhan jenis tanaman Anda sebelum menentukan cara merawatnya. 

Penyiraman Dengan Teknik Tepat

Cara merawat tanaman bagi pemula selanjutnya adalah dengan menyiramnya dengan teknik yang benar. Sama pentingnya dengan asupan sinar matahari, air untuk tanaman juga tidak boleh terlalu sedikit atau terlalu banyak, apalagi tergenang.

Anda bisa menyiramnya setiap pagi dan sore secara merata. Bukan hanya tanahnya, tapi juga daun dan batangnya. Untuk tanaman jenis pendek bisa menggunakan sprayer agar penyiraman lebih efektif dan tidak berlebihan.

Mengatur Suhu Dan Kelembaban

Ketahui juga berapa suhu dan kelembapan ideal untuk jenis tanaman Anda. Salah satu solusi merawat tanaman bagi pemula, Anda bisa menggunakan alat pelembab udara untuk menjaga kelembapan lingkungan sekitar tanaman. Perhatikan juga suhunya, jika terlalu rendah atau tinggi dapat menyebabkan tanaman kehilangan kemampuannya seperti respirasi, transpirasi, fotosintesis, nutrisi dan penyerapan air.

Memastikan Terbebas Dari Serangan Hama

Cara merawat tanaman bagi pemula yang paling penting lainnya adalah dengan memastikan tanaman Anda terlindungi dari hama dan penyakit. Caranya dengan memberikan asupan nutrisi, menjaga kualitas tanah, memotong gulma dan memindahkannya secara rutin. Beberapa jenis hama yang sering menyerang tanaman hias rumah antara lain belalang, kutu putih, ulat hama, tungau, cacing liang, tungau laba-laba, kutu tanaman dan tikus.

Serangan berbagai hama berpotensi menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan tanaman terhambat, bahkan berisiko terserang penyakit. Namun, sebaiknya tidak menggunakan insektisida sintetis. Meski efektif mengusir hama, namun kurang baik bagi pertumbuhan tanaman. Anda bisa menggunakan insektisida alami seperti minyak sayur, air bawang putih, air daun tomat, air nimba dan lain-lain.

Memotong Bagian Yang Mati

Bagian yang kering atau mati dapat menyebabkan kerusakan pada tanaman hias. Jadi, segera pangkas jika terlihat ada bagian yang mati atau kering agar tidak menjalar ke bagian lainnya. Memangkas bagian yang tidak sehat juga merupakan cara merawat tanaman untuk pemula yang patut Anda lakukan. Pemangkasan juga bertujuan agar seluruh bagian tanaman lainnya dapat memperoleh sinar matahari yang cukup karena tidak tertutup oleh bagian yang rusak.

Disaat sore hari Anda bisa memotong bagian tanaman yang sudah mati agar kelihatannya tetap indah. Berkurangnya tutupan daun dapat mengurangi penguapan air sehingga tidak terjadi terlalu cepat.

Ganti Pot Secara Teratur

Cara merawat tanaman bagi pemula lainnya adalah Anda harus sesekali mengganti pot. Seringkali tips ini diabaikan karena sayang jika harus mengganti pot, namun ternyata juga berpengaruh pada pertumbuhan tanaman. Jika tanaman Anda sudah bertumbuh semakin besar, maka pilihlah pot yang ukurannya sesuai dengan tanaman. Tujuan mengganti pot yaitu agar tanaman dapat bertumbuh dengan baik.

Tak hanya mengganti pot, tapi juga mengganti media tanam. Sebenarnya tidak harus diganti seluruhnya, Anda bisa mencampurkan sebagian media tanam lama dengan yang baru yang sudah dilengkapi unsur hara. Hal ini bertujuan untuk menjamin pertumbuhan akar yang lebih baik, anakan baru, tajuk baru dan tanaman terlihat lebih indah dan segar. Apalagi jika Anda menanam jenis bunga, tips berikut ini wajib dilakukan.

Membersihkan Daun Tanaman

Jika Anda mempunyai waktu luang yang cukup, luangkan waktu untuk sesekali membersihkan daun tanaman menggunakan kain bersih. Meski cara merawat tanaman untuk pemula terdengar sepele, namun ternyata bisa membantunya tumbuh dan berkembang dengan lebih baik.

Khusus untuk tipe indoor yang ditempatkan di dalam rumah, wajib untuk sering membersihkan daunnya. Kotoran dan debu yang menempel selain mengganggu pandangan juga bisa menjadi sumber penyakit bagi tanaman.

Demikian ulasan tentang Bagaimana Cara Merawat Tanaman Agar Tumbuh Subur seperti yang dilansir bandar togel, Semoga bermanfaat.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Refa Muhammad

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
Lihat semua