x

Mariam Todd

Iklan

Slamet Samsoerizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Maret 2022

Sabtu, 29 Juni 2024 06:39 WIB

Rahasia Umur Panjang Wanita Berusia 100 Tahun yang Masih Bekerja Enam Hari Seminggu

Mariam Todd, 100 tahun, masih mampu beraktivitas dengan baik. Ia bekerja enam hari dalam seminggu. Ada enam jenis makanan yang ia andalkan untuk menjaga kesehatannya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mariam Todd dari New Jersey adalah bukti nyata bahwa Anda hanya setua yang Anda rasakan. Kini ia berbagi pilihan gaya hidup yang menurutnya telah memungkinkan dirinya menikmati energi awet muda. Energi itulah yang membuatnya mampu bekerja selama 50 jam per minggu, enam hari per minggu di toko mebel milik keluarganya. Toko itu didirikan orangtuanya pada tahun 1929.

Jadi, apa rahasia etos kerjanya yang mengagumkan dan semangatnya yang tampak awet muda?

Menurut Mariam ini semua tentang mengikuti rutinitas yang konsisten, terutama dalam hal makanan dan diet. Dalam sebuah wawancara terbuka dengan Today, sang nenek buyut mengungkapkan kecintaannya pada pekerjaannya.  Saking sangat menikmati pekerjaan itu, ia menolak menyebutnya sebagai pekerjaan. Ia menuturkan dedikasinya pada pekerjaan ia warisi dari ibunya. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Saya tidak bisa mengatakan bahwa saya sedang bekerja ketika saya menikmati apa yang saya lakukan, jadi saya merasa bersalah jika saya mengatakan bahwa saya sedang bekerja," katanya.

"Ini bukan untuk semua orang, tapi ini bekerja dengan baik untuk saya. Ibu saya juga demikian. Bahkan dia meninggal di sini, di kantor, duduk di sini melakukan pekerjaannya. Usianya sudah melewati 80 tahun dan dia meninggal sambil duduk di mejanya. Jadi saya berkata, jika itu kehendak Tuhan dalam hidup saya, biarlah terjadi,” tutur Mariam.

Ia mengatakan meskipun memahami mengapa orang ingin pensiun di usia 60 tahun, ia tidak dapat membayangkan bahagia saat tinggal di rumah. Bahkan di usianya yang sudah senja, Mariam masih menyetir, membeli bahan makanan, dan memasak sambil tinggal bersama putranya.

Wanita ini belum pernah ke dokter selama tiga tahun. Ia memiliki kesehatan yang baik sepanjang hidup berkat pola makannya yang bergizi. Mariam menghindari makanan cepat saji dan gorengan serta menjauhi alkohol. Dia justru mengunyah banyak sayuran dan memastikan piringnya selalu berwarna-warni.

Mariam suka makan tomat, paprika, mentimun, labu kuning dan zucchini. Satu-satunya makanan kaleng yang ia konsumsi adalah asinan kubis. Ia  juga suka memasak. Mariam senang memanjakan dirinya dengan cokelat hitam, yang dikatakan dapat mengurangi risiko jantung dan meningkatkan fungsi otak, menurut Healthline.

Dia mengatakan kepada Today, "Saya mencoba untuk makan dengan benar, tidur dengan benar dan hidup dengan benar.”

Selain pola makan sehatnya, ia tetap aktif dengan pergi ke kolam renang bersama keluarganya. Berkat umurnya yang panjang dan penuh berkah, Mariam menganggap dirinya sangat optimis. 

Dia memahami tantangan yang dihadapi generasi muda. Sarannya untuk generasi muda adalah sebaiknya mereka menabung, Mariam mengaku tidak memiliki kartu kredit karena tidak ingin berutang. "Saya tidak suka utang kartu kredit... Saya tidak memiliki kartu kredit,” ujarnya menambahkan.

Mengutip dari laman dailymail.co.uk, Mariam mengatakan, bahwa dia diliputi kegembiraan dan rasa syukur atas semua cinta dan kebahagiaan yang telah dia alami selama ini.  ***

Ikuti tulisan menarik Slamet Samsoerizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler