Mahasiswa MBKM Fikomm UMBY Kembangkan Creative Packaging untuk UMKM Pakis Kulon

Sabtu, 29 Juni 2024 06:42 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Inisiasi pembuatan creative packaging berbentuk goodie ini adalah bentuk dukungan untuk gerakan ramah lingkungan, utamanya mengurangi limbah plastik.

Mahasiswa program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (Fikomm UMBY) mengembangkan creative packaging untuk UMKM di Dusun Pakis Kulon. Inisiasi ini difokuskan pada pembuatan goodie bag untuk Faza Kuker, sebuah UMKM yang telah beroperasi selama 20 tahun dan terkenal dengan berbagai jenis kue keringnya.

Inisiatif ini muncul sebagai respons terhadap kebutuhan Faza Kuker akan kemasan yang lebih memadai untuk produk-produknya. Selama ini, UMKM tersebut hanya mengandalkan toples dan kantong plastik untuk mengemas pesanan pelanggan. Dengan pertumbuhan bisnis yang signifikan dan peningkatan jumlah pelanggan tetap, kebutuhan akan kemasan yang lebih baik menjadi semakin mendesak.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mahasiswa MBKM merancang goodie bag yang tidak hanya berfungsi sebagai kemasan yang aman untuk produk Faza Kuker, tetapi juga sebagai alat promosi yang efektif. Desain goodie bag ini menampilkan identitas brand Faza Kuker, yang diharapkan dapat meningkatkan brand awareness di kalangan konsumen.

Dalam proses pembuatan, tim mahasiswa menghadapi beberapa tantangan, termasuk redesain logo Faza Kuker untuk mengoptimalkan biaya produksi dan kesulitan dalam menemukan produsen yang bersedia menerima pesanan dalam jumlah kecil untuk batch pertama. Namun, dengan usaha maksimal, mereka berhasil mengatasi kendala-kendala tersebut. Batch pertama produksi goodie bag ini terdiri dari 12 pieces sebagai sampel. Ke depannya, tim berencana untuk memproduksi dalam jumlah yang lebih besar dan dengan variasi ukuran yang lebih beragam untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan pelanggan Faza Kuker.

Inisiatif mahasiswa MBKM FIKOMM UMBY dalam mengembangkan creative packaging untuk Faza Kuker menunjukkan pentingnya kolaborasi antara dunia pendidikan dan sektor UMKM. Program ini tidak hanya memberikan solusi praktis bagi Faza Kuker, tetapi juga membuka peluang bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam situasi nyata.

"Saya sangat berterima kasih atas bantuan mahasiswa MBKM FIKOMM UMBY. Goodie bag ini bukan hanya kemasan, tapi juga cerminan pertumbuhan Faza Kuker selama 20 tahun terakhir. Saya yakin nanti goodie bag ini bisa bantu meningkatkan citra produk dan memberikan pengalaman yang lebih baik untuk pelanggan," ujar Ibu Har, pemilik Faza Kuker.

Dengan adanya creative packaging ini, diharapkan Faza Kuker dapat terus berkembang dan menginspirasi UMKM lainnya di Dusun Pakis Kulon untuk terus berinovasi dalam menghadapi tantangan bisnis.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Nur Sri Mulyaningsih

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler