Cara Atasi Gadget yang Cepat Panas Akibat Main Game

Rabu, 3 Juli 2024 08:20 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Saat bermain game melalui Gadget, salah satu masalah yang sering ditemui adalah overheat atau perangkat mengalami panas yang berlebihan.

Saat bermain game melalui Gadget, salah satu masalah yang sering ditemui adalah overheat atau perangkat mengalami panas yang berlebihan. Selain dapat mengganggu kenyamanan, masalah ini tentu sangat membahayakan bagi kesehatan ponsel jika dibiarkan begitu saja. 

Bukan tidak mungkin ponsel lama-kelamaan akan terbakar atau bahkan meledak saat digunakan. Karena faktanya, hal ini bisa saja terjadi pada semua jenis smartphone atau gadget, baik itu yang dibanderol dengan harga yang murah bahkan mahal sekalipun. Nah bagi para gamers, penting agar mengetahui bagaimana Cara Atasi Gadget yang Cepat Panas saat dimainkan.

Cara Atasi Gadget yang Cepat Panas

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Seperti gadget lainnya, smartphone dapat mengalami overheat atau panas berlebih saat menjalankan tugas berat seperti bermain game. Namun, tidak seperti PC atau laptop, Gadget tidak memiliki sistem pendingin yang mampu digunakan untuk sesi bermain game yang intens. 

Ukuran smartphone yang relatif kecil juga membuat panasnya bertahan lama dan sulit didinginkan dengan cepat. Saat bermain game berat, ponsel akan bekerja cukup keras untuk memproses tampilan gambar game tersebut. Akibatnya, konsumsi baterai menjadi lebih cepat dan suhu di dalam Gadget pun meningkat dengan cepat.

Itulah faktor internal yang menyebabkan Gadget cepat panas. Selain itu, ada faktor lain yang perlu diperhatikan, seperti prosesor yang tidak dilengkapi sistem pendingin. Kemudian, ada pula faktor eksternal seperti letak tempat bermain.

Terlepas dari semua itu, ada beberapa cara mengatasi Gadget yang cepat panas saat bermain game. Berikut ini cara-cara yang sudah dicoba dan memang terbukti mampu mengurangi panas pada baterai Gadget:

Kecilkan Volume

Ternyata suara juga bisa menjadi salah satu penyebab Gadget cepat panas saat digunakan bermain game. Alasannya sama, karena dengan suara yang keras, kinerja Gadget akan semakin berat.

Solusinya, cukup gunakan volume rendah saat bermain game, atau jika perlu jangan nyalakan volume. Memang, mengecilkan atau mematikan suara saat bermain game membuat suasana tidak terlalu ramai, tetapi terkadang Anda perlu melakukannya jika ingin Gadget terhindar dari panas berlebih.

Bersihkan RAM

Sebelum bermain game, ada baiknya Anda menutup semua aplikasi yang sedang berjalan untuk membersihkan RAM. Dengan begitu, game akan berjalan sendiri sehingga kinerja perangkat lebih ringan dan meminimalisir kemungkinan panas.

Gadget akan menggunakan daya pemrosesan minimal jika hanya menjalankan satu aplikasi dalam satu waktu. Semakin sedikit daya pemrosesan yang digunakan, maka suhu perangkat akan semakin rendah.

Tutup Aplikasi Lain di Background

Jika ingin memainkan game yang cukup berat, sebaiknya tutup dulu semua aplikasi yang berjalan di latar belakang sebelum membuka aplikasi game tersebut. Alasannya, Gadget pada smartphone membutuhkan ruang memori RAM yang cukup besar saat menjalankan game berat. Dengan begitu, ponsel dapat memproses grafis game dengan lebih lancar tanpa terbebani aplikasi lain.

Turunkan kecerahan layar

Tingkat kecerahan layar sangat memengaruhi suhu perangkat. Apabila tingkat pada kecerahan layar tinggi maka akan berpotensi membuat Gadget menjadi panas. Untuk itu, saat menggunakan perangkat di dalam ruangan, aturlah kecerahan serendah mungkin.

Tingkat optimal yang tidak boleh dilampaui adalah 50 persen. Selain itu, matikan adaptive brightnes karena penggunaan proximity sensor Gadget dapat menguras lebih banyak baterai sehingga meningkatkan suhu perangkat.

Lepas casing untuk mengurangi overheating

Casing memang menjadi aksesoris Gadget yang berguna untuk melindungi bodi Gadget agar tidak cepat tergores atau rusak. Namun, dari segi panas, casing Gadget justru dapat memperburuk kondisi Gadget karena panas yang dihasilkan Gadget justru diserap dan tidak dilepaskan.

Bagi Anda yang belum tahu, setiap bodi Gadget pintar dilengkapi dengan butiran besi halus yang berfungsi sebagai konduktor untuk melepaskan panas di dalamnya. Jika panas tersebut tidak dilepaskan, maka akan mengendap dan dapat menyebabkan Gadget menjadi overheat. Jadi, ketika anda sedang bermain game, lebih baik lepaskan saja casing pada Gadget Anda terlebih dahulu.

Uninstall semua aplikasi pendingin

Hindari semua aplikasi yang mengklaim dapat mendinginkan perangkat. Karena jika anda menginstal aplikasi tambahan dan menjalankannya maka itulah yang justru bisa menghabiskan sebagian besar sumber daya pada perangkat anda.

Selain itu, perangkat lebih mungkin menjadi panas jika memiliki aplikasi tambahan yang berjalan bersama aplikasi lain. Aplikasi yang disebut-sebut sebagai "pendingin" tidak akan berfungsi, bahkan ada yang digunakan untuk mencuri data pribadi.

Ambil waktu jeda

Jika anda sadar akan bermain game dalam waktu yang lama, cobalah untuk beristirahat dengan mengambil jeda di sela-sela sesi permainan. Mengambil napas tidak hanya baik untuk kesehatanmu, tetapi juga untuk perangkatmu.

Namun, ini sangat penting. Anda sebaiknya tidak bermain game melalui smartphone dengan waktu yang terlalu lama, karena ini akan bisa menyebabkan gadget anda cepat panas. Selain itu, bermain game dalam waktu yang singkat juga membantu menjaga kondisi mesin agar selalu stabil.

Demikian penjelasan tentang Cara Atasi Gadget yang Cepat Panas Akibat Main Game seperti yang dilansir alexistogel, semoga bermanfaat, terimakasih.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Terri

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler