Cara Cek Tipe RAM Laptop dengan Gampang di Sini

Rabu, 3 Juli 2024 08:21 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Cara cek tipe RAM laptop ini berguna jika kita ingin mengupgrade RAM dan belum mengetahui tipe RAM apa yang cocok untuk tipe laptop kita.

Cara cek tipe RAM laptop ini berguna jika kita ingin mengupgrade RAM dan belum mengetahui tipe RAM apa yang cocok untuk tipe laptop kita. Anda harus tahu Jenis RAM apa yang digunakan, apakah itu DDR3, DDR3L, atau DDR4? Dan cek berapa kecepatan RAM, timing, voltase atau bahkan frekuensinya. Semua itu bisa kita cek dengan mudah tanpa perlu membongkar laptop atau PC.

Cara Cek Tipe RAM Laptop 

Ada 2 cara yang bisa anda gunakan untuk melihat jenis RAM pada laptop yaitu tanpa aplikasi (menggunakan bawaan sistem windows seperti BIOS, CMD atau PowerShell) dan menggunakan aplikasi (CPU-Z). Berikut Cara Cek Tipe RAM Laptop dengan mudah tanpa membongkarnya.

Melalui Aplikasi CPU-Z

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jika Anda masih kurang puas dengan informasi yang didapat dan ingin mengetahui secara lengkap jenis RAM yang terpasang pada laptop, maka gunakan software CPU-Z.

Perangkat lunak ini akan menarik informasi tentang perangkat keras apa pun yang Anda instal dan menyajikannya dalam bentuk informasi. Biasanya software ini akan memberikan informasi yang lengkap terutama mengenai jenis RAM yang terpasang. Berikut langkah-langkahnya guys.

- Anda dapat mendownload dan menginstal aplikasi CPU-Z secara langsung

- Buka aplikasi CPU-z yang berhasil anda install tadi guys.

- Pada tampilan aplikasi, silakan klik Menu SPD. Kemudian akan muncul informasi lengkap mulai dari jenis, kecepatan dan kapasitas RAM anda.

Cek Tipe RAM melalui BIOS laptop

Singkatan dari BIOS adalah Basic Input Output System, dimana nantinya Anda dapat mengatur sistem dasar untuk input dan output proses/data pada sistem Anda. Anda dapat mengatur fungsi perangkat keras yang Anda gunakan saat sistem sedang berjalan. Bahkan, BIOS ini isinya mengenai informasi perangkat keras yang saat ini Anda gunakan. Tentunya cara ini bisa menjadi alternatif untuk mengetahui jenis RAM laptop Anda. 

- Petama masuk BIOS laptop, Lalu restart komputer Anda dengan menekan tombol F2, F11 atau DEL tergantung jenis laptop Anda.

- Selanjutnya, masuk ke menu MAIN atau Advanced melalui BIOS. Informasi mengenai RAM Anda akan tersaji mulai dari Frekuensi, Informasi Jenis hingga Besaran RAM laptop Anda.

- Sesuai informasi pada gambar, kapasitas RAM anda adalah 2GB. Jenis RAM laptop anda adalah LDDR3 (biasanya laptop menggunakan kode L) dan kecepatan atau frekuensi RAM 1600 MHz.

Sekarang Anda sudah mengetahui spesifikasi RAM yang terpasang di laptop Anda. Perlu Anda perhatikan juga bahwa tidak semua informasi ini tersedia di berbagai jenis laptop. Oleh karena itu, jangan khawatir gan, anda bisa menggunakan cara selanjutnya untuk mengeceknya.

Cek Tipe RAM Laptop Lewat CMD

Anda bisa mengetahui jenis RAM Anda dengan memasukkan perintah melalui aplikasi bawaan laptop Anda yaitu CMD.

- Buka CMD di laptop anda dan ketik Windows + R pada keyboard anda dan juga ketik CMD sambil tekan Enter.

- Anda juga bisa membukanya melalui kolom Search di Windows Anda dan mengetikkan CMD. Selanjutnya tinggal buka atau run as administrator. Akan muncul informasi berupa kapasitas RAM laptop, jenis RAM pada laptop anda dan kecepatan RAM laptop anda.

Periksa RAM melalui PowerShell

Sama seperti CMD, Powershell juga merupakan aplikasi bawaan yang terdapat di Windows 10 dan 11. Anda juga bisa memasukkan perintah di Powershell jika ingin mengetahui tipe atau tipe RAM laptop.

- Buka Powershell dengan cara mencari di kolom Search dan setelah itu buka Powershell dan buka aplikasinya.

- Nantinya akan muncul tampilan yang sama seperti CMD. Cukup ketik atau salin perintah ini.

Dapatkan-CimInstance -ClassName Win32_PhysicalMemory | Format-Kapasitas Tabel, Pabrikan, Tipe Memori, Faktor Bentuk, Nama, Kecepatan Jam yang Dikonfigurasi, Kecepatan, Pencari Perangkat, Nomor Seri -Ukuran Otomatis. Dan nantinya akan muncul informasi mengenai jenis RAM laptop Anda.

Apa itu RAM?

RAM pada dasarnya adalah memori yang digunakan untuk pemrosesan sementara dari data yang kita proses dan memiliki kecepatan yang jauh lebih tinggi dibandingkan memori biasa (seperti SSD). Karena semakin besar ukuran pada RAM anda, maka akan semakin baik pula kemampuan multitaskingnya itu. Karena RAM adalah sebuah memori yang telah dogunakan dalam menyimpan sementara data- data yang saat ini sedang diproses oleh aplikasi.

Jika memungkinkan, RAM bisa diibaratkan dapur untuk memasak. Semakin besar dapurnya, maka semakin besar kemungkinan kita bisa memasak berbagai jenis masakan dalam waktu bersamaan. Namun, jika kita kecil, kita pasti bisa menyelesaikan masakan itu satu per satu (dapurnya tidak muat).

Alasan Mengapa perlu mengetahui jenis RAM?

Artinya ketika kita ingin mengupgrade RAM laptop kita tidak salah dalam memilih jenis RAM. Untuk laptop kategori RAMnya banyak mulai dari DDR2, DDR3, LPDDR3/DDR3L, DDR4 dan lain-lain. Belum lagi kecepatan, voltase dan lain-lain.

Jika salah beli maka RAM akan idle. apalagi harga RAM cukup mahal. Jika kurang yakin, silahkan baca pengalaman saya saat mengupgrade RAM laptop. Nah, agar tidak salah membeli, ada baiknya cek dulu jenis RAM yang digunakan laptop tersebut. Caranya mudah banget, bahkan bisa dilakukan tanpa perlu membongkar laptop.

Demikian penjelasan tentang Cara Cek Tipe RAM Laptop dengan Gampang seperti yang dilansir alexistogel, semoga bermanfaat, terimakasih.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Terri

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
Lihat semua