Inspirasi Literasi di Tanah Papua dari SATU Indonesia Awards

Jumat, 5 Juli 2024 20:46 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mengusung motto Every Child Matters Bhrisco berkomitmen menyediakan pendidikan inklusif bagi anak-anak asli Papua yang tinggal di daerah dengan tingkat buta huruf tinggi.

Bhrisco Jordy Dudi Padatu, penerima penghargaan 13th SATU Indonesia Awards 2022, telah menunjukkan dedikasinya terhadap pendidikan di wilayah Papua Barat melalui inisiatifnya, Papua Future Project (PFP). Didirikan pada tahun 2021, PFP adalah komunitas berbasis projek yang bertujuan meningkatkan literasi di daerah tertinggal, khususnya di Papua Barat. Mengusung motto "Every Child Matters", Bhrisco berkomitmen menyediakan pendidikan inklusif bagi anak-anak asli Papua yang tinggal di daerah dengan tingkat buta huruf tinggi.

 

Salah satu program utama PFP adalah bimbingan belajar literasi gratis yang didukung dengan donasi buku bacaan. Program ini dirancang untuk memberikan akses pendidikan kepada anak-anak yang paling membutuhkan, sekaligus menumbuhkan kecintaan terhadap membaca dan belajar. PFP juga mengajak masyarakat untuk turut serta mendonasikan buku-buku bacaan, membantu memperluas cakupan program ini ke lebih banyak anak-anak di berbagai daerah tertinggal.

 

Selain pendidikan akademik, PFP juga mengangkat isu dampak perubahan iklim terhadap kehidupan masyarakat adat di Papua Barat. Melalui program bimbingan belajar non-akademik, PFP memberdayakan masyarakat adat untuk membuat dan menjual hasil kerajinan dari alam dan sampah. Program ini tidak hanya memberikan pengetahuan tentang keberlanjutan lingkungan, tetapi juga menciptakan peluang ekonomi bagi masyarakat adat.

 

Salah satu inovasi terbaru dari PFP adalah pengintegrasian teknologi dalam proses pembelajaran. Bhrisco dan timnya mengembangkan metode pembelajaran asinkron yang memungkinkan anak-anak Papua mengakses pendidikan berbasis teknologi. Inovasi ini diharapkan dapat menjembatani kesenjangan pendidikan antara daerah tertinggal dan perkotaan, memberikan kesempatan yang lebih luas bagi anak-anak Papua untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

 

Papua Future Project juga memiliki visi jangka panjang untuk menciptakan komunitas pembelajaran yang berkelanjutan. Dengan program-program yang terintegrasi dan berfokus pada pemberdayaan masyarakat, PFP bertujuan menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi generasi mendatang di Papua Barat. Komitmen Bhrisco terhadap pendidikan dan pemberdayaan masyarakat adat merupakan contoh inspiratif dari seorang pemuda yang berani bermimpi dan bertindak untuk perubahan.

 

Dengan segala usaha dan inovasinya, Bhrisco Jordy Dudi Padatu telah berhasil menciptakan sebuah gerakan yang memberikan harapan baru bagi anak-anak dan masyarakat adat di Papua Barat. Penghargaan 13th SATU Indonesia Awards 2022 yang diraihnya adalah bukti nyata dari dedikasinya untuk mewujudkan visi "Every Child Matters", memastikan bahwa setiap anak memiliki kesempatan untuk belajar dan berkembang tanpa terkecuali.

 

Apakah kamu punya inovasi yang sama di bidang pendidikan? Ayo daftarkan karyamu di 15th SATU Indonesia Awards 2024. Berikut ini syarat dan ketentuannya,

  • Program diinisiasi oleh individu atau kelompok

  • Inisiator atau ketua kelompok maksimal berusia 35 tahun pada saat periode pendaftaran

  • Kegiatan harus orisinal

  • Kegiatan telah berlangsung minimal 1 tahun 

  • Kegiatan yang didaftarkan tidak pernah menerima manfaat dari Grup Astra

  • Kegiatan yang didaftarkan belum pernah menerima penghargaan nasional/internasional

  • Kegiatan yang diajukan selaras dengan aspek sustainability yang meliputi environmental, social dan governance (ESG)

  • Bukan karyawan Grup Astra atau Mitra SATU Indonesia Awards

  • Dapat mendaftarkan diri sendiri atau orang lain yang memenuhi persyaratan SATU Indonesia Awards.

Yang istimewa pada 15th SATU Indonesia Awards 2024 yakni karya para peserta akan dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari para profesional senior dan inspiratif dari berbagai bidang, termasuk akademisi, praktisi, pegiat seni dan tokoh masyarakat. Berikut ini adalah dewan juri pada 15th SATU Indonesia Awards 2024:

  1. Prof. Nila Moeloek (Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia)

  2. Prof. Emil Salim (Dosen Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Indonesia)

  3. Prof. Fasli Jalal (Rektor Universitas YARSI dan Guru Besar Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta)

  4. Ir. Tri Mumpuni (Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan)

  5. Onno W. Purbo Ph.D (Pakar Teknologi Informasi)

  6. Arif Zulkifli (Direktur Utama PT Tempo Inti Media Tbk)

  7. Dian Sastrowardoyo (Pegiat Seni)

  8. Billy Boen (Founder Young On Top)

  9. Boy Kelana Soebroto (Head of Corporate Communications Astra)

  10. Diah Suran Febrianti (Head of Environment & Social Responsibility Astra)

  11. Raline Shah (Pegiat Seni)

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari perubahan! Ikuti dan daftarkan diri Anda dalam 15th SATU Indonesia Awards 2024. Untuk daftar dan upload karya, silahkan klik link berikut ini.

 

Para penerima apresiasi akan mendapatkan dana bantuan kegiatan senilai 65 juta rupiah dan pembinaan kegiatan serta kesempatan untuk berkolaborasi bersama di Kampung Berseri Astra atau Desa Sejahtera Astra. Pendaftaran sudah dibuka mulai 4 Maret - 4 Agustus 2024.

 

Mari bersama-sama memberikan inspirasi dan kontribusi nyata untuk Indonesia. Kunjungi www.astra.co.id/satu-indonesia-awards dan jadilah pahlawan bagi bangsa!

Bagikan Artikel Ini

Baca Juga











Artikel Terpopuler