Kitab Ambyo yang Berisikan Kisah 25 Nabi

Selasa, 9 Juli 2024 15:15 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kitab yang hanya ada di Desa Bedingin, Ponorogo. Kitab ini ditulis oleh mbah Kumiran dan mbah Kaseman menggunakan tulisan tangan. Kitab Ambyo penulisannya menggunakan arab pegon atau arab gundul dan di bacakan menggunakan bahasa jawa tembang.

Kitab Ambyo merupakan peninggalan yang memiliki nilai sejarah dan spiritual yang masih ada di desa Bedingin di Ponorogo. Kitab ini sering kali digunakan pada saat kelahiran bayi namun tidak pada semua bayi, tergantung keputusan orang tua. Tujuan di bacakan kitab ini agar sang bayi memiliki sifat terpuji para nabi.

Kitab ini ditulis oleh mbah Kumiran dan mbah Kaseman menggunakan tulisan tangan. Kitab Ambyo penulisannya menggunakan arab pegon atau arab gundul dan di bacakan menggunakan bahasa jawa tembang. Terdapat 12 tembang dalam pembacaan kitab ini. Kitab Ambyo hanya bisa dibaca oleh beberapa orang saja, untuk saat ini hanyak 6 orang saja yang dapat membaca Kitab Ambyo salah satunya mbah Somito. Kitab ini sudah ada sejak tahun 1955 M.

Kitab ini berisikan tentang kisah nabi dan berisikan perjalanan hidup manusia dari awal dilahirkan hingga tutup usia yang diharapkan dapat menjadi pedoman dalam berperilaku.

Dalam rangka melestarikan tradisi membaca Kitab Ambyo ini, para generasi muda akan dibimbing dan dibantu oleh generasi tua dalam membaca dan memaknai kitab tersebut. Hal ini dilakukan agar tradisi tersebut tidak hilang termakan oleh zaman.

Dari informasi diatas diharapkan bisa membantu memperkenalkan sekilas tentang kitab ambyo yang ada di Desa Bedingin, Ponorogo.

 

Bagikan Artikel Ini
img-content
Novelia Fitri

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
Lihat semua