Tim PKM-PM IPB Mengajak Anak-Anak Kampung Bayam Membentuk Komunitas Kepemudaan

Rabu, 10 Juli 2024 06:02 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tim Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Kepada Masyarakat Pancatara telah melakukan program kegiatan Discipline: gold leader dengan mengajak anak-anak Kampung Bayam membentuk komunitas kepemudaan. Selain itu juga membuat rencana mingguan dan membuat peraturan informal di Kampung Bayam.

Tim Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-PM IPB University) atau tim Pancatara yang terdiri dari lima orang memilih untuk mengangkat isu pendidikan karakter regulasi diri anak-anak yang terdampak konflik agraria di Kampung Bayam. Tujuannya adalah meningkatkan motivasi belajar.

Tim Pancatara menyadari konflik agraria di Kampung Bayam memberikan dampak negatif terhadap pendidikan anak-anak. Beberapa dmapak itu, antara lain, jarak yang menjadi jauh antara rumah dan sekolah, trauma, berkurangnya waktu belajar, dan anak-anak tidak berangkat ke sekolah karena proses penggusuran. Oleh karena itu, tim PKM-PM ini merancang lima program besar (Greatness, Gratitude, Obedience, Love, dan Discipline) untuk memberikan pendidikan kepada anak-anak dengan menggandeng mitra Majelis Taklim Kampung Bayam Madani di Jakarta Utara.

Salah satu program yang tim ini ajukan adalah kegiatan Discipline: gold leader yang telah dilaksanakan pada hari Kamis minggu kemarin (27/6/2024) dengan kegiatan meliputi pemilihan ketua komunitas gold leader yang dilengkapi dengan pengenalan kriteria pemimpin yang baik melalui coaching card. Kegiatan awal berupa pengenalan lima kriteria pemimpin yang baik yaitu jujur, adil, toleran, bertanggung jawab, dan komunikatif.

Selanjutnya, anak-anak didorong untuk berpikir mengenai anak Kampung Bayam yang cocok untuk menjadi pemimpin berdasarkan kartu kriteria pemimpin. Berdasarkan hal tersebut anak-anak akan berpendapat memilih calon pemimpin. Setelah mengalami pengerucutan, maka kegiatan berlanjut melalui pemilihan gold leader/ketua melalui sistem pemilihan umum, dimana seluruh anak dan warga kampung bayam mempunyai hak suara yang sama untuk memilih gold leader.

"Program ini didesain sebagai wadah produktif bagi anak-anak Kampung Bayam berkreasi, karena di sana belum ada karang taruna atau komunitas kepemudaan lainnya," ucap Daffa, ketua tim PKM Pancatara.

Pemilihan gold leader yang diadakan pada hari tersebut diiringi dengan pembuatan struktur kepengurusan organisasi kepemudaan di Kampung Bayam. Hal tersebut bertujuan untuk memberdayakan anak-anak kampung bayam serta memastikan keberlanjutan program Pancatara kedepannya. Selain mengajak 15 anak, program pemilihan umum ini juga berhasil mengajak 40 warga Kampung Bayam untuk menyuarakan hak memilih mereka.

Program discipline juga memiliki kegiatan tambahan berupa penentuan peraturan umum yang ada di Kampung Bayam hasil wawancara bersama anak-anak Kampung Bayam. Luaran ini ditampilkan melalui wall decor yang dipasang di Saung Inspirasi Hunian Sementara Kampung Bayam, Kec. Pademangan, Jakarta Utara. Selanjutnya, program ini diakhiri dengan kegiatan pengisian weekly plan untuk mengajarkan anak-anak cara disiplin waktu dan komitmen mereka terhadap kegiatan yang mereka akan lakukan.

Keberhasilan dari program tersebut dapat dilihat dari keinginan anak-anak yang ingin berkomitmen menaati peraturan. Selanjutnya, komunitas gold leader juga berhasil membentuk 5 divisi dengan memberdayakan 15 anak-anak Kampung Bayam.

 

“Saya sangat berterima kasih, berkat adanya program Discipline-gold leader dari kakak-kakak Pancatara IPB ini dapat membuat rasa anak-anak di Kampung Bayam ini bisa bahagia dan ceria kembali. Anak-anak juga bisa sedikit melupakan rasa tidak percaya oleh pemimpin atas rasa trauma yang dialami karena adanya proses pengusiran secara paksa, serta pemilihan gold leader ini juga semoga bisa melatih anak-anak untuk percaya diri, sehingga dapat muncul sikap positif dari dalam diri jadi anak-anak bisa patuh dan tertib,” ucap ibu Neneng selaku perwakilan mitra Majelis Taklim Kampung Bayam Madani.

Bagikan Artikel Ini
img-content
G2-002_DAFFA RIZQ SULTHAN

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler