x

Iklan

pedulisangihe

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Festival Sangihe 2014: Proyek atau Pengembangan Pariwisata?

Pariwisata Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Masih teringat saat World Ocean Summit di Manado, Sulawesi Utara, Pemerintah Kabupaten Sangihe menggeliat mempromosikan pariwisata untuk scuba diving dana besar dikucurkan untuk pembangunan infrastruktur yang kini justru terbiar.

Di tahun 2014 saya sebagai pemerhati pulau sangihe tercinta terkejut saat ada Festival Sangihe 2014 dengan pelaksana PT. Jasa Negri, yang bukan berasal dari sangihe ataupun sulawesi utara, perusahaan ini berasal dari Jakarta dan hanya mempunyai Facebook saja. Perusahaan yang katanya punya reputasi nasional dan terkenal diseluruh dunia ini sangat hebat katanya sampai-sampai tidak menggunakan orang asli, saya sebagai warga Negara Indonesia dengan KTP Kabupaten Kepulauan Sangihe hanya bisa berharap ada kesempatan bagi orang pulau seperti saya dikemudian dapat kesempatan untuk acara bagi Sangihe tercinta. Kayaknya acara ini kurang promosi, adapun publikasi yang saya dapatkan hanyalah sebuah pamflet berikut :

Melihat tampilan diatas kok kayak acara anak “alay”, saya jadi bingung kok mirip pamflet Stand Up Komedi, tapi nggak ada comic yang diundang, padahal kan ada Mongol yang orang Manado kali aja dia mau isi acara di Festival ini. Meniliti pamflet diatas, jadi membingungkan kok kayak duet, penyanyi rock sama rap pake featuring, mungkin yang bikin pamphlet ingin kayak Eminem Feat Rihana. Sudahlah ayo kita teliti detail dari atas, eh Featuring maksudnya :

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Acara pertama kalo disimak acara culinary festival with, apa itu ya, terdengar seperti nama orang with, atau sinkatan petinju jaman opa saya withaker, jadi festival kuliner withaker donk semoga ada penjelasan dari pelaksana, soalnya kok nggak logo PT. Jasa Negri di pamphlet diatas.

Acara kedua William Wongso, bingung deh ini pasti orang yang bisa masak kayak chef Juna, cuman bisa nggak dia masak dabu-dabu sashi ? nah yang ketiga demonstrasi masak wah masakan apa nih mudah-mudahan enak yak karena baru didemonstrasi.

Dan acara featuring ke empat Sheila on pitu, bisa nggak yah request masamper atau Sangihe Ikekendage, mungkin bisa karena kayaknya mereka bisa semua, nanti mungkin juga mereka makan dabu sashi sama mie che biar langsung menguasai masamper.

Nah kayaknya acara puncak pertama yacht rally, wah cukup seru nih mungkin startnya dari mindano lewat marore finish dipelabuhan tua, pasti melelahkan nah bingungnya pesertanya dari mana aja yah, mungkin yang biasa ikut rally yacht di Dubai, karena ke pulau seribu aja di Jakarta udah minta ampun harga sewanya gimana ke Sangihe yah, mungkin pake jet kayaknya, heranya kok nggak pamboot atau parao sema-sema yang di lombakan kan hadiah akan sangat berarti bagi warga sangihe yang punya parao sema-sema atau pamboot. Karena kayaknya istilah yacht terlalu internasional, maklum PT. Internasional.

Acara utama selanjutnya Sangihe Diving, ini nih, bisa kembali keatas sejenak, Sangihe Diving kan udah lama, banyak sudah orang ke Mahegetang untuk Diving, tapi tema Diving kali ini apa yah, mungkin mencari ikan species baru atau mencari karang yang bisa melebar dan terapung, wah kok jadi ngambang kayak perahu di perairan haduh, yang sudah go International, atau mungkin ada tulisan yang nggak di cetak yah.

Traditional game fishing, siapa yah pesertanya ? terus pake apa alat pancingnya yah, maklum nggak ada penjelasan, soalnya ada acara diving kalo digabung pas, misalnya nih saya lagi mau foto ikan tiba-tiba ikan terbang kena pancing, gimana yah, mungkin nanti dapat penjelasan.

Bamboo Music Orchestra, ini baru bagus, tapi nanti saingan sama Sheila on seven atau kayaknya kolaborasi, nah ini baru pas Judulnya Bamboo Music Orchestra Feat Sheila On 7. Akhirnya bisa menemukan kalimat yang pas.

Wah terakhir culinary lagi, culinary apa lagi yah ?

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat, sehingga orang seperti kami bisa juga ikut serta menyukseskan acara pariwisata seperti ini dikemudian hari bagi Kemajuan Sangihe Tercinta.

 

Ikuti tulisan menarik pedulisangihe lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terkini

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB