x

Iklan

Anonima EM

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Tetap Sehat Saat Shift Malam

Normalnya, orang-orang bekerja di pagi hingga sore hari dan beristirahat di malam hari. Tapi dengan semakin banyaknya pekerjaan dan semakin banyaknya kebutuhan manusia membuat orang-orang tidak hanya harus bekerja hanya pada siang hari tapi juga malam har

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Normalnya, orang-orang bekerja di pagi hingga sore hari dan beristirahat di malam hari. Tapi dengan semakin banyaknya pekerjaan dan semakin banyaknya kebutuhan manusia membuat orang-orang tidak hanya harus bekerja hanya pada siang hari tapi juga malam hari. Orang-orang yang menjalani shift malam ini akan mulai melakukan pekerjaan di sore hari hingga pagi.

Perubahan waktu tidur yang mereka jalani akan mengganggu metabolisme dan gen tubuh. Gen tubuh ini memiliki fungsi untuk mengatur hormon, sinyal tubuh serta fungsi biologis. Jika terjadi gangguan pada gen tubuh maka semua fungsi dari sistem tersebut juga akan terganggu. Jika fungsi dari sistem tersebut terganggu, bukan tidak mungkin kalau kesehatan Anda juga akan terganggu.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada cara agar Anda tetap sehat meskipun Anda harus shift malam:

  • Tidur di Ruangan Gelap Selama Beberapa Jam
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebelum memulai bekerja untuk pertama kalinya, cobalah untuk mulai tidur selama beberapa jam di dalam ruangan yang gelap. Ketika Anda terbangun, nyalakan lampu di ruangan selama 15 hingga 30 menit agar tubuh Anda kembali segar.

  • Konsumsi Kafein

Zat terbaik yang bisa Anda konsumsi untuk bisa membuat Anda bisa tetap segar dan terjaga saat harus bekerja di malam hari adalah kafein. Zat ini akan membuat mata Anda melek, jantung Anda berdetak dan tubuh Anda segar. Tapi Anda juga harus membatasi asupan kafein saat sedang bekerja, usahakan agar Anda mengkonsumsi tidak lebih dari 200 mg. Jika Anda merasa masih mengantuk setelah minum kopi, cobalah mendengarkan musik yang bersemangat.

  • Olahraga Sebelum Bekerja

Bagi orang-orang yang menjalani aktivitas dengan normal, mereka tidak disarankan untuk berolahraga sebelum tidur karena hal ini akan membuat Anda tidak bisa tidur. Tapi jika Anda ingin menjalani pekerjaan di malam hari, sebaiknya Anda berolahraga satu atau dua jam sebelum bekerja agar tubuh Anda bisa tetap segar.

  • Tidak Mengganti Jadwal Tidur

Mungkin Anda mencoba mengganti jadwal tidur dengan cara tidur kembali di malam hari saat sedang libur. Namun sebaiknya Anda tidak melakukan hal ini. Karena cara ini akan mengganggu sistem kerja gen sehingga berpotensi menyebabkan gangguan pada tubuh.

Ikuti tulisan menarik Anonima EM lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler