x

Iklan

Mahendra Ibn Muhammad Adam

Sejarah mengadili hukum dan ekonomi, sebab sejarah adalah takdir, di satu sisi. *blog: https://mahendros.wordpress.com/ *Twitter: @mahenunja - FB: Mahendra Ibn Muhammad Adam
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Pertanyaan yang Hampir Tidak Pernah Kita Tanyakan

Apa benar inflasi bukan tanggungjawab bank central, tapi tanggungjawab manusia karena sifat alamiah manusia yang selalu ingin meraih keuntungan? Kalau begitu apa bedanya Bank Central yang udah jelas diisi oleh manusia-manusia yang juga berkarakter ingin m

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mengapa inflasi sering terjadi? Kenapa tidak sebaliknya?

Apa benar inflasi bukan tanggungjawab bank central, tapi tanggungjawab manusia karena sifat alamiah manusia yang selalu ingin meraih keuntungan? Kalau begitu apa bedanya Bank Central yang udah jelas diisi oleh manusia-manusia yang juga berkarakter ingin menaikkan harga demi meraih keuntungan.

Dalam keadaan ideal, bila tidak ada gangguan apapun: produksi melayani permintaan masyarakat, jumlah uang beredar cukup untuk melayani kebutuhan kegiatan ekonomi, harga-harga stabil dan tak ada pengangguran. Penulis kira Bank central dia berkuasa mencetak uang, sebab uang dicetak tanpa jaminan. Sebenarnya pengatur produksi itu RTP (rumah Tangga Produksi) atau Bank Central?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Apakah BI memberitahu/mempublikasikan kepada masyarakat atau perusahaan kalau BI sedang mencetak uang dan mengedarkannya ke masyarakat lewat bank komersial?

Dulu 2 rupiah sama dengan 1 gram emas sekarang kurang lebih 500 ribu rupiah sama dengan 1 gram emas, kenapa? Maksud Penulis kenapa lebih baik mencetak uang tanpa jaminan emas daripada dengan jaminan emas? Sekarang emasnya di mana? Jadi milik siapa?

Benarkah produksi nasional (dari produsen) cerminan jumlah rupiah?

Apa benar Rupiah dicetak/diedarkan tanpa jaminan emas (komoditas  tertentu)?

Kenapa rupiah dianggap harta jika ia hanyalah kertas?

Benarkah negara berhutang (plus bunga) kepada BI ketika BI mencetak uang, seandainya uangdicetak tanpa jaminan emas (komoditas)?

Kedudukan BI independen, apa maksud independen itu?

Seandainya 15.000 rupiah sama dengan 1 dolar AS. Siapa yang menentukan? Atas dasar apa?

 

 

image ilustrasi:doc. pribadi/1/1/15@Ka.Tungkal

Ikuti tulisan menarik Mahendra Ibn Muhammad Adam lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler