Meningkatkan Kecepatan Membaca Hingga 3x Lipat - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Felicia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 5 Februari 2015 10:56 WIB

Meningkatkan Kecepatan Membaca Hingga 3x Lipat

Dibaca : 5.908 kali

Membaca adalah keterampilan yang dipelajari. Kita biasanya memulai belajar membaca pada usia enam tahun. Sebagian besar sekolah tidak lagi menyediakan pengembangan lebih lanjut dari membaca saat kita berusia delapan tahun.

Tahukah anda bahwa kemampuan kecepatan membaca saat kita berada di kelas 5 Sekolah Dasar rata-rata adalah 150 WPM (word per minute). Ketika sudah beranjak dewasa tingkat kecepatan membaca rata-rata manusia menjadi 200-250 kata/menit. Walupun jumlah yang ada terlihat besar namun hasil itu masih jauh dari kecepatan membaca optimal. Saat Anda menguasai membaca cepat, Anda dapat membaca teks koheren pada kecepatan 500+ kata per menit.

Latihan seperti apa yang mampu meningkatkan kecepatan membaca? ada 4 tahap latihan yang bisa meningkatkan kecepatan membaca anda.

pertama adalah latihan rentang visual, tanpa latihan biasanya kita hanya bisa menangkap 7-9 karakter namun dengan pelatihan rentang visual yang tepat bisa menangkap 15-20 karakter.

Kedua adalah gerakan mata, tanpa pelatihan gerakan mata, umumnya kita menangkap kalimat atau kata dalam barisan teks tidak teratur dan saling tumpang tindih tapi dengan pelatihan gerakan mata yang tepat kita dapat membaca kalimat baris demi baris secara teratur dan tidak tumpang tindih.

Cara ketiga dengan teori, yaitu dengan membiasakan membaca sebuah teori,teks atau materi secara beraturan dan keempat adalah tes akhir yang di dalamnya terdapat latihan membaca sebuah materi dalam beberapa paragraph dan terakhir menjawab pertanyaan dari materi yang telah di baca.

Semua latihan tersebut menjadi satu pake dari program membaca cepat online Legentas. Bagi yang ingin mencoba dan membuktikan latihan membaca cepat ini, Legentas menyediakan free akses untuk 3 level awal. Legentas termasuk pelatihan kursus yang efektif karena hasil setelah mencoba kursus bisa langsung terlihat di akhir tes. Hasil penilaiannya meliputi WPM (kata per menit), persen peningkatan, nilai pembaca dan urutan peringkat berdasarkan keseluruhan dari pengguna Legentas yang lain.

 

halaman awal pelatihan Legentas

  • didi kempot
  • didi kempot
  • didi kempot

Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.