Bupati Tanjab Barat Suport Pengrajin Batu - Analisa - www.indonesiana.id
x

Djohan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
  • Analisa
  • Pilihan
  • Bupati Tanjab Barat Suport Pengrajin Batu

    Dibaca : 2.284 kali

    jAMBI-Dalam rangka untuk mengurangi jumlah angka pengangguran di Indonesia. Khususnya  di Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat.) Drs.H.Usman Ermulan,MM memberikan dukungan (Suport) kepada sejumlah pengrajin batu alam.

    Penjualan batu cincin yang terbuat dari batu alam. Yang didapati dari Sungai, mau pun dari darat, misalnya dari perbukitan/ gunung, ternyata mampu membangkit kan minat masyara kat, untuk menghasilkan uang.  

    Dengan sedikit modal, untuk membeli Batu Gerinda yang digerakkan dengan jena mu list rik. Yang harganya mencapai Rp 400.000-an. Masyarakat awam sekalipun bisa memprak tekkan, dalam keterampilan membuat batu cincin.

    Harganya dapat dijual, Sesuai dengan bentuk penataan dan jenis nama batu cincin. Hal ini, ternyata mampu merubah Menset (Pola piker) masyarakat, yang semula hanya tertumpu harapannya pada lowongan pekerjaan.  

    Timbulnya ledakan minat Masyarakat awam, untuk menjadi pengrajin Batu alam ini. Selain tidak membutuhkan modal yang besar, cara pengelolaan membuat Batu cincin itu juga mud ah untuk dipraktekkan. Sekalipun tidak mengenyam pendidikan Sekolah Dasar.  

    Contoh semisalnya yang terjadi di Kabupaten Tanjab Barat. Ratusan pengrajin batu cincin sudah menghiasi di sejumlah keramayan jalan, dengan menggelar berbagai jenis dan bent uk batu akik, dijual dengan harga berfariasi. Hal ini rupanya mengundang perhatian Bupati Tanjab Barat Drs.H.Usman Ermulan,MM.

    Pada tanggal 21 Februari hingga 23 Februari 2015 yang lalu. Drs. H. Usman Ermu lan, MM membuka kegiatan kontes Batu Akik di pasar parit satu kuala Tungkal. Dalam sambutan nya Bupati Drs. H. Usman Ermulan,MM mengatakan di Kota Kuala Tungkal muncul kegema ran baru yaitu mengoleksi Batu cincin dari bermacam-mac am nama dan asal batu.

    Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, melalui Dinas Pemuda dan olahraga dan par awisata mengadakan kontes Batu akik Tahun 2015 ini, untuk mempromosi kan pasar parit satu  menjadi pasar batu cincin di Kota Kuala Tungkal. selain itu sebagai ajang untuk meni ngkatkan perekonomian masyarakat  khususnya bagi pengrajin batu dan untuk mengura ngi angka pengangguran yang ada di Kabupa ten Tanjung Jabung Barat.  

    Lebih lanjut Bupati menambahkan, sumber pendanaan kegiatan kontes batu akik itu tidak melalui anggaran pemerintah Daerah, tetapi melalui kotak sumbangan dari kepala SKPD dan donatur yang ada di Tanjab Barat. Menutup sambutannya Bupati berharap. Mudah-mudahan dengan adanya kontes Batu akik ini, Kota Kuala Tung kal menjadi sektor pengra jin batu di Provinsi Jambi.  

    Sementara itu, ketua Penyelenggara pembukaan kontes batu akik tahun 2015 yang di sele nggarakan Dinas Pemuda olahraga kebudayaan dan parawisata Kabu pat en Tanjab Barat Drs. H. Juhardin mengatakan. Peserta kontes Batu akik tahun 2015 ini berasal dari dalam dan luar kota Kuala Tungkal, dengan jumlah, lebih dari 1000 peserta.

    Menurut Kadispora Tanjab Barat ini. Dewan juri kontes batu akik ini, berasal dari Provinsi Jambi.Kategori Kontes adalah Batu akik, batu akik bergambar, batu akik berwarna. Tujuan  kontes dimaksud, untuk dapat meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat kota kuala Tung kal dan sebagai penarik antusias masyarakat luar, untuk berkunjung ke Kota Kuala Tungkal sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisata dalam daerah.  

    Bagi peserta yang mendapatkan juara, akan berhak memperoleh hadiah uang tunai, piala dan sertifikat, dari Bupati, dan dari Forum komunikasi Pimpinan Daer ah. Namun Kadispora Tanjab Barat Drs. H. Juhardin tidak menjelaskan, tentang Berapa nilai Uang tunai, untuk para pemenang kontes batu alam tersebut. (Djohan)

     


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.