x

Iklan

Pevi Revina

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Makanan Pasca Keguguran

Mengkonsumsi makanan yang tepat akan membantu mempercepat proses pemulihan kesehatan ibu yang mengalami keguguran.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mengalami keguguran merupakan pukulan yang berat bagi seorang ibu. Efek psikis akan menghantui sang ibu. Tak jarang ibu yang mengalami keguguran akan mengalami pendarahan yang hebat. Jika tak ditangani, maka akan mengalami gangguan. Untuk itu, mengkonsumsi makanan yang tepat akan membantunya dalam mempercepat proses pemulihan kesehatan pasca keguguran. Beberapa makanan akan membantu anda dalam memulihkan fisik dan emosional pasca keguguran.

1.  Makanan yang mengandung Zat Besi

Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi bisa membantu ibu dalam mengembalikan tingkat zat besi di dalam tubuh. Contoh makanan yang mengandung zat besi yaitu daging merah dan hati.

Sedangkan untuk jenis sayuran atau vegetarian  yaitu daun bayam, jagung, kangkung, dan juga buah bit hijau. Bagi sumber zat besi yang membutuhkan enhancer atau vitamin untuk penyerapan, ibu juga harus mengkonsumsi buah pepaya, stroberry atau buah lain yang mengandung vitamin C.

2.  Makanan dengan kandungan kalsium tinggi

Makanan-makanan yang mengandung kalsium yaitu susu, produk olahan susu, ikan sarden, ikan salmon, kedelai dan sayuran hijau akan membantu ibu dalam memberikan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh. Ibu dapat mengkonsumsi susu minimal dua hingga empat gelas susu setelah keguguran. Susu dan produk olahan susu akan menambah kadar kalsium, fosfor dan protein di dalam tubuh. Begitu pula dengan sayuran yang berdaun hijau yang akan membantu dalam memberikan sumbangan kalsium, mengkonsumsi dalam jumlah yang teratur dalam porsi yang sesuai dalam menu makan.

3.  Makanan yang menambah energi

Setelah mengalami keguguran, maka energi yang keluar sangat banyak dan akan membuat ibu kelelahan. Salah satu makanan yang dapat menambah energi adalah telur. Telur mengandung lemak yang baik dan protein yang tinggi untuk menambah energi. Selain telur, cemilan biji labu (kuaci) dapat membantu untuk memenuhi magnesium di dalam tubuh. Meskipun pada umumnya mengkonsumsi biji labu tidak mencukupi semua nutrisi yang ibu butuhkan. Sehingga beberapa makanan seperti coklat hitam dapat menutupi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh sang ibu. Coklat hitam dapat meningkatkan kadar serotonin untuk mengendalikan kelelahan.

4.  Makanan yang dapat memperbaiki mood

Pasca keguguran, depresi serta rasa cemas akan menyerang ibu. Untuk mengurangi rasa, maka konsumsilah makanan yang dapat memperbaiki mood. Diantaranya adalah kacang-kacangan dan coklat.

 

*)sumber photo : spesialistorch.com

Ikuti tulisan menarik Pevi Revina lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler