x

Iklan

rionoto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Yuk, Rawat Mobil Setelah Mudik Lebaran

Perawatan kendaraan setelah lebaran sangat penting untuk menjaga performa mobil tetap prima

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Setelah menikmati liburan lebaran di kampung halaman dengan kendaraan pribadi terutama Anda yang bawa mobil, mulai saatnya memeriksa kendaraan setelah menempuh perjalanan panjang yang berat. Layaknya seperti manusia yang memerlukan pemulihan setelah menempuh perjalanan panjang, tidak ada salahnya mobil Anda diberi kesegaran seperti manusia juga.

Berikut saya akan berbagi pengalaman setelah kembali dari kampung halaman menggunakan mobil

1. Memeriksa kaki kendaraan

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selama di perjalanan, kaki-kaki mobil melewati medan berat sehingga bekerja keras karea kontur jalan lintas daerah terkadang tidak semulus ibukota. Banyak jalan berlubang hingga permukaan jalan berupa tanah. Untuk itulah periksa dengan teliti seperti, per, as roda. Jangan lupa melihat kondisi ban, jika sudah botak segera ganti, jangan lupa untuk spooring dan balancing agar kendaraan anda semakin nyaman dikendarai.

2. Cuci Mobil

Debu yang menempel di eksterior mobil dan sisa sampah makanan minuman selama di perjalanan, segeralah cuci bersih seluruh permukaan bodi termasuk kolong mobil. Jangan sampai bodi dan kaca Anda jamuran, jika sudah mengeras jamurnya segera bawa ke salon mobil kepercayaan Anda. Jika masih belum ada tenaga untuk mencuci kendaraan, bisa bawa kendaraan ke tempat cuci mobil langganan Anda, agar kondisi mobil menjadi kinclong.

3.  Periksa Mesin

Jangan pernah sepelekan mesin kendaraan Anda, kerap kali pemilik kendaraan pribadi tidak pernah memeriksa bagian mesin. Selama di perjalanan mobil anda tampak prima, tetapi jangan salah setelah menempuh perjalanan panjang dan tenaga ekstra, mesin pun perlu pemulihan. Mesin mobil hampir sama dengan jantung manusia.

Lakukan pergantian oli (oli mesin, oli power steering, minyak rem, dan oli kopling), periksa ketinggian air radiator, aki, tali kipas dan washer wipper. Jangan sampai mobil Anda baru diperiksa ketika memasuki jadwal servis rutin, jika menunggu servis rutin kerusakan pada mesin mobil Anda semakin besar dan biaya yang dikeluarkan juga tinggi.

Semoga tips dari saya berguna untuk pembaca Indonesiana

Ikuti tulisan menarik rionoto lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB