Tips Membeli Mobil Mewah - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Seorang pria berjalan melewati mobil di luar dealer mobil di London, Senin (6/4). Penjualan mobil baru di Inggris turun 30,5 persen pada bulan Maret tahun ini. AP Photo/Lefteris Pitarakis

Atalla Soepeno

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
  • Gaya Hidup
  • Pilihan
  • Tips Membeli Mobil Mewah

    Dibaca : 4.609 kali

    Meningkatnya popularitas showroom mobil importir umum di Indonesia untuk kelas mobil premium, disebabkan oleh melonjaknya tingkat permintaan masyarakat terhadap mobil completely built up dan jenis kendaraan yang tak bisa di dapat di showroom ATPM atau diler resmi. Dan terlebih dari itu, showroom-showroom IU tersebut sudah dapat menjamin konsumen mereka mendapatkan fasilitas purna jual yang tak kalah dari agen pemegang merek atau distributor resmi.

    Tentunya beberapa alasan mengapa beberapa jenis konsumen tersebut melirik ke Importir umum dibandingkan ke agen pemegang merek. Ini dikarenakan oleh keterbatasan opsi varian mobil mewah yang ditawarkan oleh diler resmi. Nah ikuti tips berikut cara memilih kendaraan idaman Anda dari showroom IU.

    -Menggali informasi. Sebelum Anda membeli sebuah kendaraan dari showroom importir umum. Terlebih dahulu, Anda harus mencari tahu tentang mobil tersebut, seperti spesifikasi mesin, fitur dan teknologi yang ditawarkan. Karena beberapa jenis fitur yang ditawarkan pada mobil yang dijual melalui IU tersebut tidak selalu dapat dimaksimalkan penggunaannya untuk di Indonesia seperti pemanas tempat duduk atau GPS dengan sistem yang tak dapat digunakan di negeri ini. Namun fitur-fitur tersebut pada akhirnya hanya menjadi sebuah prestige saja, serta mempermahal harga mobil tersebut. Disarankan untuk meminta brochure dari mobil tersebut agar Anda bisa mendapatkan penjelasannya yang lebih rinci tentang mobil tersebut.

    -Pastikan unit ready. Tidak selalu mobil idaman yang Anda inginkan saat ingin membeli di showroom importir umum unitnya tersedia langsung. Jika ini terjadi, importir umum tersebut dapat memesan langsung, dengan syarat telah terjadi kontrak atau deal antara penjual dan pembeli. Di perjanjian tersebut juga perlu diterterakan estimasi waktu pengiriman unit dan minimum pembayaran hingga 30 -50 persen  dari harga mobil yang disepakati.

    -Pastikan harga mengikat. Agar tidak ada perubahan harga pada proses pemesanan, sebaiknya kepada pihak IU tersebut agar harga tersebut di ikat melalui kontrak. Seperti saat mobil yang dipesan harus inden 3 hingga 6 bulan, dimana pada kurun waktu tersebut dapat terjadi perubahan biaya bea masuk dan biaya keluar dari pelabuhan yang bisa berubah sewaktu-waktu. Hal tersebut mutlak dibicarakan dari awal agar pada akhirnya tidak terjadi kesalahpahaman.

    -Pastikan garansi. Sebelum Anda melakukan transaksi kepada pihak IU tersebut, pastikan terlebih dahulu jangka waktu garansi yang Anda dapat dari pembelian mobil tersebut, serta asuransi yang ditawarkan oleh pihak iu tersebut. Karena dengan demikian ini dapat menimalkan pengeluaran kantong Anda, saat terjadi kerusakan pada mobil tersebut.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.