x

Iklan

yswitopr

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Menjelajahi Pesona Peninggalan Belanda di Pantai Sumur Tiga

pantai sumur tiga nan eksotik. hamparan pasir putih dengan tanaman menghijau dan lautnya yang jernih mengundah para pengunjung untuk menjelajahi pesona.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Akhirnya, mimpi untuk menginjakkan kaki di Pulau Weh tercapai juga. Tak sabar untuk segera menjelajahi pulau kecil nan eksotik ini.

Setelah turun dari kapal cepat, saya menyewa sebuah mobil. Ngomong-ngomong soal transportasi, Anda tidak perlu khawatir. Ada banyak penjual jasa transportasi yang akan melayani kebutuhan. Mobil ada. Kendaran roda dua ada. Becak bermotor pun ada. Mereka ini dapat juga menjadi pemandu. Keramahan dan kesopanan mereka tidak perlu diragukan. Adalah Bang Muchlis yang mengantar dan memandu perjalanan saya.

Tujuan pertama yang saya cari di kota Sabang adalah tempat mengisi perut yang sudah keroncongan. Lalu menuju ke Pantai Sumur Tiga. Cukup 15 menit perjalanan dari kota Sabang menuju pantai ini. Dari namanya, kita sudah bisa menebak apa artinya. Di pantai ini terdapat tiga buah sumur yang berisi air tawar, meskipun ketiga sumur ini berada di tepi pantai. Air sumur ini demikian jernih. Masyarakat sekitar pun biasa meminum langsung air sumur ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Sumur ini sudah puluhan tahun ada. Konon, sumur ini peninggalan Belanda,” demikian penjelasan Bang Muchlis. Dugaan ini bisa mendekati kebenaran mengingat banyak bangunan peninggalan Belanda yang masih ada hingga sekarang, misalnya sebuah bangunan rumah sakit.

 pantai sumur tiga dari atas ketinggian

Setelah sampai di tempat parkir, saya pun bergegas ke pantai. Rupanya, tempat kami parkir berada di tempat yang lebih tinggi. Untuk bisa mencapai bibir pantai, saya harus menuruni tangga berundak. Lumayan juga. Maklum, saya belum sempat beristirahat setelah menempuh perjalanan yang cukup panjang.

Tak sabar rasanya menapakkan kaki di hamparan pasir putih yang memanjang itu. Pohon-pohon kelapa menjulang tinggi. Tanaman yang menghijau di tepian pantai menambah keindahan pantai ini. Pasirnya yang putih terasa lembut. Betapa nyaman menyusuri pantai dengan telanjang kaki.

hamparan pasir putih

Air laut pun terlihat jernih. Refleksi gradasi warna yang demikian indah, memperlihatkan pertanda ada pesona keindahan di bawahnya. Di pantai ini, para pengunjung bisa menyewa peralatan snorkling dan menjelajahi keindahan biota bawah laut. Sayang, tidak ada diving center di tempat ini. Akibatnya para pengunjung tidak dapat menikmati eksotisme bawah laut dengan lebih bebas.

 hamparan pasir putih dan pepohonan yang menghijau

Pantai Sumur Tiga adalah alternatif untuk menghabiskan waktu libur dengan nyaman bersama keluarga. Pantai yang panjang menyediakan ruang cukup untuk para pengunjung menikmati titik-titik keindahan pantai ini. Ombaknya pun tidak terlalu besar sehingga aman untuk bermain-main di pantai. Anda tertarik?

Ikuti tulisan menarik yswitopr lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu