x

Iklan

Thamrin Dahlan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Menulis Memakai Gaya Intel

Banyak macam ragam penulis. Penulis intel memang adakah ?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Banyak macam penulis.  Banyak pula gayanya. Salah satu dari sekian banyak gaya menulis terdapat penulis bergaya intel . Walaupun sebenarnya dia bukan anggota Badan Intelijen Negara (BIN) tetapi top secret menjadi makanan sehari hari si penulis untuk dibahas.  Selalu saja ad cerita dibalik cerika bagi penulis njlimet ini.

Tentu saja penulis gaya ini memiliki ciri ciri khusus sebagai penanda khas yang tidak terdapat pada penulis dengan gaya apapun.  Apa ciri khusus itu? Ciri penulis gaya intel menurut hemat awak adalah penulis denga sikap penuh hati hatian.  Sebelum menulis dia akan menelusuri semua referensi terkait .  Kemudian dengan pola analisa SWOT (strenght, weakness, opprtunity dan threat) beliau mengolah semua bahan secara sistematis.

Terkadang untuk menghasilkan satu tulisan saja diperlukan waktu berhari hari.  Bukan karena death lock, namun sikap kehati hatian itulah yang menyebabkan dia berpikir dua sampai tiga kali sebelum menekan tombol publish.  Jadi karena alasan itulah produktivitas tulisan tidaklah begitu banyak untuk ukuran one day one posting.  Oleh karena itu jangan heran apabila tulisan sobat penuls intel bisa mencapai 15 paragraf atau lebih. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Topik yang disenangi penulis intel adalah masalah aktual yang sedang berkembang di masyarakat. Masalah kerusuhan, bom, teror dan tragedi pembunuhan menjadi pilihan utama untuk dibahas mulai dari latar belakang, sebab akibat serta di akhiri dengan kesimpulan berupa kritik dan saran. Inilah salah satu keunggulan penulis intel bukan saja sensasi yang ditampilkan namun lebih jauh dari itu essensi yang di perdebatkan untuk menghasilkan solusi.  

Apakah sobat termasuk dalam kategori penulis intel? Jawabannya terpulang kepada sobat, paling tidak karya penulis bergenre ini selalu melahirkan tulisan yang apik dan bisa dipertanggung jawaban. Belaiu tidak takut dengan hujatan apalagi ancaman dari berbagai pihak yang "tersinggung" bersebab tulisannya memiliki referensi kuat dan terpercaya.  Inilah pembeda tegas  dengan penulis yang suka melemparkan batu kemudian sembunyi tangan. 

Oleh karena penulis bergaya intel bukanlah penulis copy paste dari beberapa media sosial online.. Ulasannya itulah yang menjadi kekuatan dari tulisan.  Ulasan itu tentu saja hasil analisa dan ilmu pengetahuan yang dimilki serta wawasan  luas ditambah sedikit latar belakang pendidikan dan pengalaman.  Kemampuan menganalisa secara komprehensif dengan cara mengurai secara detail permasalahan pokok  akhirnya menghasilkan analisa tajam setajam silet.

Kemudian apa motif penulis bergaya intel ? Menulis di media sosial tak berbayar seperti bagi penulis bergaya intel merupakan sumbangan positif di kancah opini publik .  Keleluasaan menyampaikan pemikiran jernih tanpa di sponsori oleh pihak manapun sudah merupakan kepuasan moril tak terhingga baginya.  Justru tanggapan yang diterima dari komentator sobat menambah kualitas tuisan itu semakin digemari oleh admin sehingga layak mendapat penghargaan Tulisan Pilihan kemudian meningkat menjadi Nilai Tertinggi.

Ilustrasi : kammimohammadnatsir.blogspot

Salamsalaman

TD

 

Ikuti tulisan menarik Thamrin Dahlan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler