x

Iklan

Asep Rizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Dari Desa, Sukses Memimpin Kabupaten Tasikmalaya

Sejenak nampak dia tersenyum ketika penulis mulai menanyakan “Asal Muasal tempat kelahirannya” tersebut "

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Photo; I.Sutiaman (Haji Ola) Kepala Dinas Peternakan,Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat(docpri).

 

Sejenak nampak dia tersenyum ketika penulis mulai menanyakan “Asal Muasal tempat kelahirannya” tersebut “Ya ,,,saya memang orang sana , saya lahir di sebuah kampung sekitaran Kampung   Cicau wilayah Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran Jawa Barat ,saya orang kampung bau lisung istilahnya !” Ucapan tersebut terlontar dari I.Sutiaman atau yang akrab dipanggil Haji Ola yang kini menjabat sebagai Kepala Dinas Peternakan  Perikanan dan Kelautan Kabupaten  Tasikmalaya Jawa Barat ketika penulis mencoba menelisik kebenaran kabar yang telah diketahui (telah) begitu lama oleh penulis sendiri hasil dari sebuah keterangan orang-orang yang pernah dekat dengan kehidupan pribadi dia sebelum semuanya berubah seperti sekarang ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sejurus hal tersebut tidak ada yang istimewa dengan “terkuaknya” informasi tersebut , namun bagi penulis sendiri “Cerita itu” menyimpan sebuah cerita kabar (keterkaitan)  yang erat dengan cerita-nya  “para *karuhun (*Tetua-pen)  penulis sendiri” yang begitu telah mengenal “Legenda”  Heroiknya sejarah perjuangan “Ajengan Abdul Hamid” atau yang telah akrab dikenal diwilayah sekitaran Kabupaten Ciamis bagian selatan (asal muasal wilayah Kabupaten ketika wilayah tersebut belum dimekarkan menjadi wilayah Kabupaten Pangandaran-pen) sebagai Ajengan Pangkalan (Cicau) asal muasal karuhun (Tetua)-nya Haji Ola itu sendiri salah seorang tokoh central Pejabat Kabupaten Tasikmalaya yang telah menduduki jabatan penting diberbagai Dinas Ledaing Sector yang diantaranya di-Dinas BKPLD,DPPKAD dan kini dia menjabat sebagai Kepala Dinas Peternakan  Perikanan dan Kelautan Kabupaten setempat tersebut.

          ***********

Begitu pentingkah “cerita” ini disampaikan ? ah,,sebetulnya tidak juga !, namun penulis melihat sisi positifnya saja , ketika sebuah cerita panjang tentang kehidupannya seseorang Tokoh-tokoh yang mungkin bisa dijadikan sebagai cermin yang dapat menjadi pemicu semangat bagi kita semuanya untuk mencapai kata “sukses” dalam menghadapi  hidup yang “keras” itu mungkin cerita ini mudah-mudahan dapat menjadi motifasi tersendiri bagi kita semuanya (amiin yaa robbal alamiin,,!).

Sepengetahuan “cerita-nya” orang-orang terdekat penulis yang “pernah” menitipkan salamnya  kepada “nama tokoh kita tersebut” apabila nama Ola itu betul-betul orang yang telah mereka rawat ketika dia masih kecil dan dititipkan oleh orang tua dia  (ketika itu), dan  bahwa Haji Ola (salah seorang tokoh central) Pejabat teras atas yang telah banyak menyumbangkan tenaga dan fikirannya bagi kemajuan wilayah Kabupaten Tasikmalaya tersebut ternyata Dia “tidaklah punya cerita” mulus  atas perjalanan hidupnya tersebut.

Dia (mungkin) telah kenal dengan cerita pahit  dan getirnya  atas hidup dan penghidupan seorang manusia , dan bahwa dia pernah “ikuti” saudaranya diwilayah Desa Janggala Kecamatan Cidolog Kabupaten Ciamis Jabar ketika orang tuanya tengah melanglang “mencari”  hidup dan kehidupannya ketika itu.

Haji Ola tersenyum ke-arah Penulis “Syukur kamu tanyakan hal itu, mudah-mudahan ini sebuah awal yang baik bagi kita, bahwa kita jelas-jelas ada hubungan kefamilian bukan? Dan kenapa kamu baru ceritakan hal itu  saat ini, kan kita sering jumpa pada sebuah perhelatan acara resmi maupun tidak resmi di-Pemerintahan Kabupaten kita bukan? “ dia berucap dengan nada pelan ketika dia bermaksud akan memimpin sebuah Rapat Kedinasan (Rakord) Bulanan yang biasa Kantor Dinas Peternakan  Perikanan dan Kelautan Kabupaten setempat  itu rutin lakukan sebagai jadwal resmi Kedisan yang dipimpinnya tersebut,  setelah dia memimpin Kantor Dinas yang kini masih terletak Jl. Jendral A. Yani No. 128,Wilayah Pemerintahan Kota  Tasikmalaya.

          ***********

*Keterangan;

Kantor  Dinas Peternakan  Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat tersebut salah sebuah Kantor Dinas yang kini  belum dipindahkan gedung kantornya  tersebut  kewilayah Ibu Kota Kabupaten setempat di Singaparna , kabarpun beredar bahwa untuk tahun depan  (2016-2017) mungkin semua Kantor Dinas (Bagian) dan leading sector yang belum pindah akan segera dipindahkan sesuai target jadwal proyek yang ada di-Dinas terkait Pemerintahan Kabupaten setempat.

          ***********

Diapun sempat titip pesannya kepada Penulis bahwa “hidup ini mestilah ikhlas,agar hidup kita berkah!” ucapnya sembari menggandeng lengan penulis ketika dirinya telah ditunggu para bawahannya pada ruangan Rapat kedinasan , para pegawai (bawahannya)  tersebut diantaranya adalah  terdiri dari para Kepala UPTD Dinas Peternakan  Perikanan dan Kelautan Kabupaten setempat yang datang  memenuhi undangan Kantor Dinasnya itu , merekapun datang dari berbagai Wilayah Kecamatan (39 Kecamatan) yang ada diwilayah Kabupaten Tasikmalaya tersebut.

Seorang rekan penulis yang kala itu “bersama” menyambangi ruangan kantornya berkata “Dia  (Haji Ola -*I.Sutiaman) merupakan seorang Pejabat Central di-Pemkab Tasikmalaya , berbagai Dinas telah dia pimpin dan kita sama sekali belum pernah mendengar gejolak kabar samar-samar berupa kabar penyalah gunaan wewenang misalnya , dia seorang pejabat panutan para bawahannya ketika dia memimpin sebuah Kedinasan , dan kita sekarang kita tahu bahwa ternyata dia berasal (lahir-pen) disebuah Kampung Terpencil diwilayah  Kecamatan Langkaplancar ,Pangandaran yah,,,cukup  untuk kita , bisa menginspirasi kita ternyata tidak hanya orang kota saja yang bisa sukses menjadi pejabat public bukan? , lihatlah dia walau orang Kampung bau lisung eh,,dia Sukses jadi seorang leadershift Pemerintahan sebuah Kabupaten ,,,brow,,!” Ucapnya dengan nada pasti.

Langitpun mendung seketika,dan penulis mencoba meninggalkan dia,,,yang tengah memimpin rapat (Rakord) kedinasannya,,,*kitapun akan bertemu jua pada sebuah cerita lain! Penulis bergumam dalam hati ketika kendaraan itu dipacu dengan cepatnya menuju arah Ibu Kota Kabupaten Tasikmalaya,,,,

 

*Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat Indonesiana.Tempo.co(03/02/2016).

Asep Rizal.  

Ikuti tulisan menarik Asep Rizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu