Diskon Beli Mobil di Awal Tahun, Jebakan atau Keuntungan? - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Seorang pria berjalan melewati mobil di luar dealer mobil di London, Senin (6/4). Penjualan mobil baru di Inggris turun 30,5 persen pada bulan Maret tahun ini. AP Photo/Lefteris Pitarakis

Atalla Soepeno

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
  • Gaya Hidup
  • Pilihan
  • Diskon Beli Mobil di Awal Tahun, Jebakan atau Keuntungan?

    Dibaca : 19.166 kali

    Pada awal tahun tentunya hampir semua ATPM atau diler mobil menawarkan berbagai macam promo, seperti discount besar, souvenir dan paket–paket servis yang lain. Tujuannya adalah untuk dapat lebih meningkatkan penjualan mereka.Pastinya bagi konsumen yang lagi melirik sebuah kendaraan ideal, bagi mereka momen tersebut adalah waktu yang tepat untuk membeli sebuah kendaraan atau menggantinya dengan yang baru. Nah ikuti tip berikut, agar Anda mendapat tawaran yang terbaik saat negosiasi pembelian mobil yang Anda inginkan berjalan.  

    -    Riset dari beberapa diler. Agar Anda bisa mendapatkan penawaran yang terbaik,setelah Anda memutuskan tipe dan merek mobil apa yang Anda akan beli. Terlebih dahulu lakukan riset dan bandingkan dengan beberapa diler dari segi discount, promo yang ditawarkan, dan ketersedian unit yang Anda ingin beli.Usahakan agar Anda bisa mendapatkan discount yang dapat melampaui apa yang ditawarkan dari pihak diler dan ATPM. Agar pada saat  transaksi pembelian sudah berjalan, Anda akan merasa puas dan gembira karena sudah mendapatkan penawaran yang terbaik.

    -    Putuskan cash atau kredit. Jika Anda putuskan untuk membeli kredit, lakukan perbandingan dengan beberapa perusahaan leasing dan bank dalam hal bunga kredit, jangka waktu kredit, minimum uang muka,dan rate asuransi yang ditawarkan, serta juga kondisi yang ditawarkan pada setiap perusahaan kredit kendaraan. Pastikan bahwa Anda mendapatkan kredit dengan bunga terendah, dengan fasilitas – fasilitas yang maksimal yang diajukan dari pihak bank. Seperti beberapa jenis bank, menawarkan asuransinya dengan klausa huru-hara, banjir dan gempa bumi, meskipun dengan penawaran tersebut Anda kemungkinan dikenakan dengan rate kredit per tahun yang lebih tinggi.

    -    Tawaran diskon atau suvenir. Jika pada saat Anda ingin membeli sebuah kendaraan dengan dana pas-pasan. Sebaiknya Anda bisa meminta ke pihak diler agar discount yang sudah ditawarkan dari mereka bisa ditambahkan lagi, dengan kondisi bahwa souvenir yang mereka offer tidak perlu Anda terima. Tetapi Anda tetap menekan kepada pihak diler, bahwa jika memungkinkan Anda bisa mendapatkan harga yang terbaik dan juga promo yang mereka ajukan ke Anda.

    - Tukar tambah. Pada awal tahun biasanya pihak diler menawarkan harga yang tertinggi bagi mobil bekas Anda, jika Anda ingin menukar dengan mobil baru yang mereka jual. Agar Anda tidak tertipu saat menjual mobil bekas Anda kepada pihak diler.Lakukan riset terlebih dahulu di internet atau pasar mobil bekas, bahwa harga mobil Anda tidak dibawah harga pasar atau tidak terpaut terlalu jauh dari harga mereka. Jika hal tersebut terjadi, tentunya bebannya akan ada di Anda, karena nilai untuk menambah dengan yang baru pun semakin besar. 

     


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.