Menjajal All New Kia Rio - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Kia Rio dengan mesin 1100 cc cuma menghasilkan gas buang CO2 sebanyak 85 gram setiap kilometernya. Harganya pun ekonomis dan memiliki bentuk yang oke. (Yahoo! UK)

Atalla Soepeno

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
  • Gaya Hidup
  • Pilihan
  • Menjajal All New Kia Rio

    Dibaca : 74.822 kali

    All New KIA Rio ini diusung oleh desainnya yang sporty dan berdimensi kompak.Tampak sekilas mobil asal buatan Korea yang didesain oleh mantan chief desainer Audi ini terlihat seperti VW Golf. Ini dapat dirasakan dari tampak belakang yang terlihat agak bulat namun solid dan elegan. Saat dipandang dari bagian depan, mobil ini juga terlihat sporty dan aerodinamis,tanpa mengurangi sisi fungsionalitas dari mobil tersebut.

    Mesin yang digunakan pada mobil ini adalah tipe Gamma 1.400 cc,16 valve DOHC. Tenaga yang dihasilkannya dapat mencapai hingga 107 tenaga kuda pada putaran mesin 6.300 rpm,dengan daya torsinya yang dapat menyentuh hingga angka 137 Newton meter pada putaran 4.500 RPM. Dipadu dengan perpindahan transmisi 4 percepatan yang halus dan cepat ini,cukup dirasakan dari mulai putaran bawah hingga atas putarannya terasa sangat responsif.Meskipun uji akselerasi belum dapat dilakukan. Namun pabrikan tersebut telah mengklaim waktu yang dibutuhkan dari 0 hingga 100 km/jam hanya dibutuhkan dalam waktu 11.3 detik,dengan kecepatan maksimum hingga angka 180 km/jam.Bagi yang memilih tiga pedal,ditawarkan juga transmisi manualnya 6 percepatan.

    Meskipun bantingan suspensi pada All New KIA Rio ini terbilang cukup keras terutama pada kecepatan rendah. Namun pada saat kecepatan tinggi, stablitas mobil ini terbilang sangat baik,dipadu dengan minim body roll dan putaran setirnya yang berbobot. Bahkan pada saat pengereman mendadak, mobil ini berhenti dalam jarak yang cukup pendek, disertai dengan gerakan pedal remnya yang sangat empuk.

    Posisi pengemudi di dalam mobil ini terasa sangat ergonomis, di mana tombol-tombol di sekitarnya sangat mudah untuk dijangkau dan dioperasikan, disertai juga material kabinnya yang berkualitas. Namun untuk posisi duduk penumpang depan dan belakang juga tetap terasa lapang. Mobil ini juga memiliki ruang bagasi yang cukup lapang dan akses keluar masuk barang pun cukup mudah. Meskipun agak disayangkan visibilitas pada bagian kaca belakang agak kurang baik, dan pada saat mundur bagi pengemudi yang bepostur pendek agak sedikit kurang nyaman. Bagi yang mengidamkan sebuah sedan kecil berkarakter sporty dengan harga terjangkau. Anda tak salah lagi untuk memilih mobil ini.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.