x

Iklan

Firman Pratama

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Ternyata Inilah 2 Syarat Wajib untuk Mengubah Hidup

Hidupmu sesuai requestmu -Firman Pratama-

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

“Mas Firman, saya lelah dengan hidup saya sampai saat ini, selalu susah, saya bekerja tetapi beban hidup semakin banyak dan berat, bagaimana caranya saya mengubah hidup saya ini, mohon pencerahannya”. Sebuah pesan masuk melalui akun whatsapp saya, tadi pagi selepas sarapan saya membaca pesan itu. Dan saya balas ke nomor yang mengirim pesan itu, “nanti saya jelaskan di blog saya ya”. Saya penuhi janji saya tadi, mungkin juga bermanfaat bagi anda dan teman-teman anda lainnya. Banyak tulisan saya yang sudah tersebar di internet tentang “hidup”, ketika banyak orang mengeluh atas kondisi hidupnya, maka saya berani mengatakan berdasar riset saya bahwa seharusnya tidak pantas orang-orang mengeluh atas kondisi hidupnya, kenapa?

Karena kondisi kehidupan seseorang itu sepenuhnya akibat dari pikirannya sendiri, kalau begitu sama saja bahwa kondisi hidup seseorang itu sebenarnya adalah hasil keinginannya sendiri. Tapi, kondisi ini hampir sebagian besar orang belum menyadari. Teman-teman yang sudah belajar AMC baru bisa menyadari, dan itu terlihat ketika saat di kelas mereka tersenyum sendiri sambil berkata “ternyata saya yang salah request ya Mas Firman, salah program, jadi memang tidak sepantasnya saya mengeluh atas apa yang ada dalam hidup saya, kan saya bisa mengubahnya”. Itu ungkapan bagi yang sudah menyadari, tapi bagi mereka yang belum mau menyadari seringkali menyalahkan saya, seperti ada yang memberikan komentar di status facebook saya “mana ada mas orang yang mau miskin, mana ada orang yang mau susah, mas firman ini ada-ada saja tidak mendasar”.

bukti-amc-sebagai-ilmu-kunci

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Wajar sih, muncul komentar seperti itu, sebab memang banyak orang belum memahami “pikiran” dengan benar dan utuh, sehingga yang ada mencari-cari kesalahan di luar dirinya atas kejadian yang dialaminya. Lalu karena sibuk mencari kesalahan diluar dirinya, yang ada hanya mengeluh saja, meratapi kondisi bahkan yang ekstremnya menyalahkan Tuhan. Oh ya, seperti kemarin waktu kelas reguler di Malaysia ada seorang ibu yang cerita, bahwa dirinya sudah pergi 5 orang (katanya uztad) disana lalu mengatakan bahwa apa yang terjadi di rumah tangganya adalah dibuat oleh orang lain. Saya pun menjawab, “jelas saja bu, ibu pergi ke orang dengan latar belakang yang sama pasti jawabannya seperti itu semua, mau pergi ke 20 orang (katanya uztad) pasti juga mengatakan yang sama. Padahal sesungguhnya kondisi di hidup seseorang adalah hasil dari program di pikirannya sendiri.

Lantas, apakah kondisi hidup tidak bisa diubah? Maka jawabannya adalah “bisa” bahkan “sangat bisa”. Pasti ada syarat untuk melakukan sebuah perubahan, sama halnya dengan merubah hidup. Saya simpulkan bahwa ada 2 Syarat Wajib untuk merubah hidup, apa saja kedua syarat itu?

Pertama, Mau untuk Berubah, pasti Anda bertanya dalam hati Anda “bukankah semua orang pasti mau berubah”, pemahaman “mau” di sini berbeda dengan pemahaman “ingin”. Perhatikan kalimat ini ya, “saya ingin makan”, maka berbeda dengan “saya mau makan”. Ketika masih di zona ingin maka masih belum kuat, tapi ketika sudah berubah ke zona “mau” maka itu jadi kuat. Sama seperti “saya ingin sekali ikut kelas AMC tapi masih ada kendala”, jelas saja ada kendala karena masih di zona “ingin”, belum “mau”. Banyak orang hanya ingin berubah, tapi belum mau berubah. Anda juga mungkin, jujurlah kepada diri anda.

Kedua, Tahu Ilmunya untuk Berubah, mau berubah saja tidak cukup tanpa ada ilmu untuk melakukan perubahan. Mau makan, tetapi tidak tahu ilmunya makan, tidak tahu caranya makan maka tentu tidak bisa makan. Untuk melakukan apapun butuh ilmu, untuk mencapai kebahagiaan dunia butuh ilmu, untuk mencapai kebahagiaan akhirat juga butuh ilmu. Ilmu perubahan hidup, adalah ilmu yang mengajari Anda cara melakukan perubahan, ilmu yang membuat Anda bisa mengontrol diri Anda untuk berubah.

cara-mengubah-hidup

Tapi tenang saja, syarat pertama kan “mau berubah” sebab ketika Anda sudah masuk ke zona “mau” itu maka pasti ilmu untuk berubah itu menghampiri anda. Sama seperti ketika Anda membaca blog saya ini, maka sebenarnya ilmu perubahan itu sudah menghampiri Anda.

Ikuti tulisan menarik Firman Pratama lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu