x

Minum yogurt

Iklan

Taryadi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Yoghurt, Solusi Membiasakan Minum Susu

Jika anak susah minum susu, mungkin ini bisa jadi solusi

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Menurut banyak referensi, susu sangat baik untuk kesehatan. Karena itulah mengkonsumsi susu selalu dianjurkan oleh ahli-ahli kesehatan. Anda dapat mencarinya dengan mudah mengenai manfaat apa saja yang dapat diperoleh dari minum susu, saya tidak akan membahasnya. Tetapi kenyataannya banyak orang yang enggan minum susu,  beberapa orang  merasa enek meski misalnya sudah ditambah coklat atau perasa lainnya.

Tentulah hal ini akan menjadi penghambat untuk  mengkonsumsi nutrisi kaya manfaat tersebut. Apalagi pada anak, kemauan mereka  lebih pada pertimbangan suka atau tidak, bukan pada perlu atau tidak.

Tiga anak saya juga susah minum susu, kalau tidak dipaksa tidak mau. Ada yang menyarankan untu mengganti dengan yoghurt,  susu yang difermentasi dengan bakteri  tertentu sehingga menghasilkan asam laktat. Dengan pH sekitar 4-5, menjadikan yoghurt ini berasa asam.  

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Apa yang kurang pada yoghurt kalau dibanding minum susu..? Menurut referensi, tidak ada manfaat susu yang terbuang karena dibuat yoghurt. Yang ada  justru tambahan manfaat karena ada zat probiotik yang diperlukan untuk memperlancan pencernaan.

Mahal…? bagi saya ya.  Sebotol yoghurt merk C***** sebanyak 250 ml harganya sekitar 9 ribu rupiah.  Untuk 3 anak, sama dengan 27 ribu sehari kalau seorang satu botol.  Yang lebih murah, di internet saya menemukan juga yoghurt curah sudah pakai gula dan perasa dengan harga 20 ribu per liter.

Ingin yang lebih murah lagi? untuk mengakali agar mendapatkan yoghurt tidak terlalu mahal, kita bisa membuatnya sendiri. Kalau tidak ada bibit yoghurt, bisa juga dengan plain yoghurt  yang di jual di toko-toko sebagai starternya asal  bakteri probiotiknya belum dimatikan (belum dipasterurisasi). 

Campurkan plain yoghurt dengan susu segar dengan komposisi 1 : 10, peram selama minimal 12 jam sampai mendapat rasa asam yang cukup.  Jika sulit mendapatkan susu segar, bisa juga dengan susu UHT yang tersedia di pasaran. Sebelum diminum, lakukan pasteurisasi untuk menghilangkan bakteri-bakterinya. Untuk menggugah selera bisa ditambahkan gula, perasa dan disajikan dalam kondidi dingin.

Dalam bentuk seperti itu, alhamdulillah minum susu menjadi lebih mudah dan bersemangat. Bagi yang punya anak tetapi masalah dalam minum susu, cara ini bisa dicoba. Salam

 

Ikuti tulisan menarik Taryadi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB