GP Monako: Rio akan Start di Depan Juara GP Spanyol - Olah Raga - www.indonesiana.id
x

Wawan Priyanto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
  • Olah Raga
  • Berita Utama
  • GP Monako: Rio akan Start di Depan Juara GP Spanyol

    Dibaca : 2.544 kali

    Foto: Manor Racing 

    Hasil babak kualifikasi fase pertama (Q1) balap F1 GP Monako menempatkan pembalap Indonesia Rio Haryanto (Manor Racing) di urutan ke-19 dari 22 pembalap. Ia akan memulai balapan di depan tiga pembalap top yakni Pascal Wehrlein (Manor Racing), Max Verstappen (RedBull) dan Felippe Nasr (Sauber). 

    Pascal merupakan rekan satu tim Rio asal Jerman sekaligus juara dunia balap mobil DTM tahun lalu. Menariknya, Pascal adalah pembalap didikan Mercedes dan dalam dua tahun terakhir sering mengujicoba mobil yang dikendarai Nico Rosberg maupun Lewis Hamilton. 

    Sedangkan Max adalah pembalap muda bertalenta tinggi yang diplot sebagai penerus mantan pembalap RedBull yang kini membela Ferrari, Sebastian Vettel. Dahsyatnya, Max langsung tampil sebagai juara GP Spanyol dua pekan lalu di debut pertamanya bersama RedBull. 

    Kembali ke hasil Q1 yang diraih Rio. Jika dilihat dari catatan waktu terbaik di babak Free Practice (FP) 1, 2 dan 3, hasil di kualifikasi ini memang jauh lebih cepat. Di ketiga latihan bebas (Free Pracitce) catatan waktu terbaik Rio hanya 1 menit 18,647 detik yang dicetak di FP2. Sedangkan di Q1, catatan waktu itu dipertajam menjadi 1 menit 17,295 detik. Mengalahkan Pascal yang hanya mencatat waktu 1 menit 17,452 detik. 

    "Kami mencoba untuk mengatur traffic saat kualifikasi. Strategi penggunaan ban dan pitstop akan menjadi kunci vital untuk mencapai hasil yang lebih baik," kata Rio usai Q1 melalui WhatsApp.

    Soal penggunaan ban ini, lanjut Rio, masih akan didiskusikan dengan tim engineer. Karena menyangkut balapan panjang (78 putaran) dan tingkat degradasi ban. Pertimbangan lain adalah balapan di Monako ini sulit ditebak dan kemugkinan safety car akan sering keluar karena seringnya terjadi kecelakaan. Terutama di lap-lap awal saat mobil masih rapat. 

    Hasil ini sekaligus membuat persaingan di tim Manor Racing sendiri memanas. Dari enam kali balapan, Rio dan Pascal kini imbang dengan skor 3-3 dalam qualifying battle. Komentator TV SkySports F1 dan Martin Brundle yang merupakan mantan pembalap top di 80-90an langsung memuji penampilan Rio. 

    Dalam Q1, Max mengalami nasib sial karena mobilnya menabrak dinding di pool chicance. Nasib lebih apes dialami Felippe Nasr. Mesin mobil Sauber yang dikemudikannya mengeluarkan asap tebal sesaat setelah keluar dari terowongan sebelum turn 10. 

    Sedangkan pole position diraih pembalap RedBull Racing Daniel Ricciardo (Australia) yang mencatat waktu 1 menit 13,622 detik. Duo Mercedes, Nico Rosberg dan Lewis Hamilton harus puas di posisi kedua dan ketiga. Masing-masing mencatat waktu 1 menit 13,791 detik dan 1 menit 13,942 detik. 

    Balapan akan dilangsungkan di hari Minggu mulai pukul 19.00 WIB (14.00 waktu setempat).

     


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.