Rio Haryanto 'Nyoto' Ayam di Barcelona - Olah Raga - www.indonesiana.id
x

Wawan Priyanto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
  • Olah Raga
  • Berita Utama
  • Rio Haryanto 'Nyoto' Ayam di Barcelona

    Dibaca : 6.878 kali

    Foto: Restoran Betawi milik Mbak Hera. Foto by Rio Haryanto

    Wajar jika orang Indonesia yang menetap di luar negeri sering kangen menikmati makanan khas kampung halaman. Pembalap F1 Indonesia yang bergabung dengan tim Manor Racing, Rio Haryanto, juga mengalami hal yang sama. Apalagi ia kini menetap di Barcelona selama balap F1 memasuki seri Eropa.

    Di Barcelona, Rio punya langganan beberapa rumah makan yang menyajikan aneka menu masakan Indonesia. Salah satunya adalah rumah makan Betawi. Letaknya persis di pertigaan Jalan Carrer de Montsio, tak jauh dari Parc Zoologic de Barcelona.

    Menurut Rio, pemilik restoran ini bernama Mbak Hera. Ia sudah 27 tahun menetap di Barcelona. Restoran ini terdiri dari dua lantai. Interiornya Indonesia banget, lengkap dengan meja dan kursi dari kayu. Beberapa lukisan dan patung khas Indonesia juga menghiasi bagian dalam restoran.

    Dari berbagai informasi di situs Internet, Mbak Hera ini menikah dengan suami asli Catalan. Menu yang disajikan beraneka ragam, mulai dari soto ayam, nasi goreng, hingga batagor, lengkap dengan sambal terasi dan kerupuk.

    Usai mengikuti GP Monako, Minggu, 29 Mei lalu, Rio langsung pulang menuju Barcelona. Ia menyempatkan singgah di rumah makan Betawi ini. Soto ayam dan nasi goreng kampung serta dua tusuk sate ayam menjadi santapan Rio, Senin sore, 30 Mei 2016. Sore itu Rio ditemani pelatih fisik yang juga asal Spanyol, Moises Vila Blanch. “Ini lagi nyoto dan nasgor. Kangen juga makanan Indonesia,” kata Rio yang kemudian mengirimkan foto makanan dan restoran ke saya via WhatsApp.

    Dalam hal masak memasak, Rio sebenarnya cukup lihai. Ia sering memasak paella, hidangan tradisional Spanyol dari Valencia. Keahliannya ini ia dapatkan ketika bergabung dengan tim GP2 Barwa Addax pada 2013 dan Campos Racing (2015). Rio juga lihai memasak spaghetti aglio e olio, yang beraroma khas bawang putih.  


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.