x

Iklan

Asep Rizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Iwan Singadinata Pencipta Lagu Pop Clasic Yang Hampir Terlupakan

“Seorang yang punya jiwa seni itu akan punya hidup yang seakan hidup itu abadi dilaluinya ,

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 “Seorang yang punya jiwa seni itu akan punya hidup yang seakan hidup itu abadi dilaluinya  , dan sesungguhnya bila  berkarya untuk seni itu maka yang punya hidup itu serasa  tidak akan pernah mati, sambil kita mengingat sang maha pencipta maka jiwa seninya seseorang bisa lebih mewakili dirinya ketika mengingat TuhanNya  !” ucapan tersebut dilontarkan Iwan Singadinata (51) seorang seniman music dan pencipta lagu-lagu romantic bergenre music Pop Ala tahun 70-han.

Dalam menekuni Karya Seni dan mencipta lagu yang terus digelutinya Iwan.S  tidak terbatas pada “ujung karya” yang bersifat materi , dia mencipta dan mengaransment music-nya itu  sendiri dengan cara yang unik , yaitu dengan cara Otodidak,

 “ Saya punya  karya tanpa membuntu-kan pendapat bahwa uang adalah segala-galanya , tapi walau bagaimanapun sebuah karya dari daya cipta lagu  itu perlu dukungan sebuah arti dari  materi itu sendiri , saya selalu berandai-andai ,bilamana ada yang membutuhkan karya saya Pribadi maka saya sudi untuk memberikannya !” lanjutnya ketika seharian penuh “bareng” menikmati suasana Ngabuburuit bersama dengan penulis pada Rhomadhon 1437.H dihari kesebelas ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ada banyak hal yang patut dijadikan teladan pada Hidupnya , dia (Iwan Singadinata)  pria amat sederhana kelahiran asli Dari sebuah Kampung yang berada di-Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat.

Dalam pandangan hidupnya Iwan Singadinata bertekad akan terus berkarya sampai nyawa lepas dari Jiwa dan  Raganya , ucapannya yang dia lontarkan itu nyaring terdengar dari  seorang Lelaki yang selalu menghargai palsafah hidupnya “ menekuni dunia seni , sampai tak berbatas usia”.

Namun ada yang terbersit dari “angan penulis” bahwa “Orang semacam Iwan Singadinatalah Sejatinya Seniman tersebut”. Harapan kedepannya semoga “karya-karya-nya” dia itu akan lebih dikenal luas oleh Warga Dunia terutama pencinta Seni Musik Indonesia karya utuh Bangsa ini , yang sebetulnya masih kekurangan Manusia-manusia yang berkarya Musik dengan baik.

“Mudah-mudahan dia bukan merupakan Seniman Indonesia Yang Terlupakan,,,!” Ucapan itu terlontar dari Ayi Darajat seorang pengamat Musik dari Relawan Teknik Informatikan (RTIK) Kabupaten Tasikmalaya ketika dipintai komentarnya tentang keberadaan Seniman Musik Putra Tasikmalaya yang hampir terlupakan begitu saja.

“Mungkin perlu dukungan dan cara hebat lagi untuk mengenalkan dia barangkali,,,!” lanjutnya pula.

            ****************************************

Bila Pembaca akan menikmati Karyanya boleh dilihat dan didengarkan secara langsung pada laman media social-Youtoube lagunya yang dia dendangkan sendiri dengan Judul lagu  Terlambat By Iwan Singadinata, dan lagu yang berJudul Permata Hidupku By Iwan Singadinata.

Lalu kini diapun bermaksud menggandeng para seniman Muda tanah Pasundan “mereka teman lama saya,yang saya anggap dia bisa mengerti apa yang dinamakan kekayaan seni itu sendiri,dan mudah-mudahan pada tahun 2016 kali ini akan lahir lagu pop classic pasundan ,yang telah saya gubah aransment musiknya sedemikian rupa ,,saya minta doa dari semuanya,,,!” ucapnya dengan nada “kesederhanaan” suaranya.

Dengan   iringan Musik Pop Mendayu  ala music lawas ,pendengar  Musik Tanah Air akan digiring ke-alam lain dimana nuansa indah  alam itu terasa sentuhannya pada bait-bait nada yang dia ciptakan ditengah kesunyian kampungnya yang dia huni kini.

Diapun sempat menyampaikan kata –kata harapannya “ Bila lagu yang saya ciptakan ini dimodifikasi music yang canggih , niscaya nuansanya akan dahysat terasa , semoga kiprah saya ini bisa bermanfaat bagi semua manusia yang ada dimuka bumi “ Sang Seniman mengakhiri bincang-bincangnya.

                *************************************************************

Dan anginpun menyibakan tirai-tirai lusuh itu , suara burung terdengar nyaring ditepian danau gelegak cinta…..

*Dina alam nyata anjeun aya ,,,,

Asep Rizal.

 

Ikuti tulisan menarik Asep Rizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB