x

Iklan

Asep Rizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Sepercik Cerita di Akhir Senja Ramadan 1437 H

Sayup-sayup “Suara Takbir” itu menggema berkumandang terdengar dari Toa-toa Speaker yang berasal dari berbagai Mushola,

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sayup-sayup “Suara Takbir” itu menggema berkumandang   terdengar dari Toa-toa  Speaker yang berasal dari berbagai Mushola,pada sore “maghrib”  tadi (Selasa 05-06-2016).

Hari Selasa ini,semua “Rangkaian” ritual Ibadah Saumnya Kaum Muslimin pada  Rhamadhan 1437.H itu telah berakhir sudah , “Besok Lebaran ya ,,papah,,,!” Ungkapan itu terlontar dari seorang anak  Bungsu umur 4 tahun kepada Ayahnya yang baru datang sehabis melakukan aktifitas rutin kesehariannya.

“Alhamdulillah ,,ya,,,mungkin lebaran Idul Fitri  tahun ini tidak dihiasi dengan  hujan yah,,kan ,kalau hujan mah,,,kadang-kadang kita suka malas juga bila ingin berangkat ke-mesjid terdekat sekalipun ketika akan ikutan menggemakan “Takbiran,,,!” ucapan itu dilontarkan Ibunya si-anak laki-laki bungsunya sore tadi ketika  sang-ayah akan membersihkan diri ke-kamar mandinya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Mah,,,besok kita rencanakan ,kita berangkat ke-kampung untuk  Nadran (Ngaji Yasinan) dimakam Ayah Almarhum papah ya,,,!” Ucapan itu dilontarkan sang-ayah kepada seisi rumah  keluarga kecil itu ketika dirinya telah  usai membersihkan badannya dari Kamar mandinya.

“Oo,,,ya,,,besok mudah-mudahan tidak ada halangan yang berati yaa,,,,mudah-mudahan kita bisa berangkat ber-empat ketempat makam leluhur kita disana ,,,,!” obrolan sederhana sebuah keluarga Kecil itupun dilanjutkan dengan ngobrol-ngobrol ringan seputaran “Suasana Takbiran” setelah Buka Puasa ter-akhir dilakukan pada  waktu Takjil Puasa Rhamadhan terakhir sore tadi tersebut.

“Pah ,,,ayoo kita ikut Takbiran Yu,,,di-Mesjid Besar,,,cepat pah,,,keburu ketinggalan ,,,!” Anak laki-laki Bungsu dari keluarga kecil itupun terdengar  meminta dengan “suara” dengan nada menuntut ,”Ough,,ya ,,ayoo kita  sekarang berangkat de,,,mari kita bersama ke mesjid  !” Ucap Ayahnya sambil menuntun  Anak laki-laki berumur 4 tahun tersebut,keluar dari Rumah itu.

Diiringi lambaian tangan Mamah-nya tercinta Bungsu itupun tersenyum sambil memandang ayahnya tercinta.

Anginpun semilir meniup menepi ketepian Assa  (Kosongnya)  Manusia yang tak luput dari Dosa-dosa,suara Takbir Idul Fitri-pun menggema diseputaran Tempat Keluarga Kecil itu ,yang terletak di-Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat.

Dan “Kabar Sahich” Lebaran Idul Fitri 1437.H itu telah terpublikasikan sudah ,bahwa Semua Warga Negara Indonesia esok hari (06-07-2016) itu adalah tanggal 1-Syawal-1437.Hijriyyah yang telah sepakat bersama bahwa Taggal 1-Syawal itu disebut dengan Lebaran ,,,,

“Mohon Maaf Lahir Dan Bathin,,,,!” Gemuruh Takbir itupun memberi  tanda nyata kita adalah  manusia yang kecil dihadapan Ke-Akbaran (Kebesaran) Tuhan Yang Maha Esa,,,

*Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat (05-07-2016).

Asep Rizal.

 

Ikuti tulisan menarik Asep Rizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terkini

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB