x

Iklan

Wiwin Hefrianto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Suriyati, PRT Jurnalis Warga

Jurnalisme warga, pekerja rumah tangga

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Suri Yati, pekerja rumah tangga (PRT) yang tak kenal  lelah ........

PRT kelahiran Bandar Lampung ini menjalani kehidupan yang sederhana. Walau demikian,  saat ini Suri Yati sudah banyak mengikuti berbagai kegiatan penjangkauan PRT yang diorganisir oleh Lembaga Advokasi Perempuan DAMAR Bandar Lampung. Suri Yati yang hanya lulus SD, memiliki komitmen kuat untuk bisa menyuarakan nasib para PRT di Bandar Lampung khususnya disekitar tempat tinggalnya di Kecamatan Panjang. Di kelompok PRT, Suri Yati belajar banyak mengenai hak-hak PRT dan telah mengikuti berbagai kegiatan baik di Bandar Lampung maupun diluar kota.

Dari sinilah Suri Yati bersama teman-temannya sesama PRT untuk pengembangan kapasitas diri dan kampanye peningkatan kesadaran publik terkait kerja layak bagi pekerja rumah tangga dan penghapusan pekerja rumah tangga anak di lingkungannya dan khususnya Lampung.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebagai pemimpin dari kelompok PRT, Suri Yati, terus berusaha mengembangan kapasitas diri termasuk mengikuti pelatihan jurnalisme warga yang diadakan oleh ILO PROMOTE. “Saya berharap, dengan mengikuti pelatihan ini, saya bisa menyuarakan hak PRT melalui tulisan dan dimuat dimedia internet”, kata Suri Yati.

Suri Yati adalah sedikit dari PRT yang beruntung bisa memahami hak nya sebagai PRT. Banyak PRT mengalami kondisi yang buruk karena mengalami kondisi eksploitasi yang berlebihan seperti jam kerja panjang, upah rendah, dan kadang penyiksaan.

Suri Yati berharap semoga pemerintah bisa memperhatikan kondisi perlindungan PRT, melalui pembuatan kebijakan perlindungan PRT di Bandar Lampung.  

Penulis: Wiwin Hefrianto, KSPI Lampung

Ikuti tulisan menarik Wiwin Hefrianto lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler