x

Iklan

Syafaruddin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Khawatir KTP Gratis Tidak Capai Target, Camat Gelar Razia

Anterian pembuat KTP gratis di Kecamatan Muarakuang membeludak. Itu terjadi setelah rapat koordinasi Pimpinan Kecamatan dengan kesimpulan mengadakan razia

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

FOTO – Camat Muarakuang, Holkin Nur sedang menyaksikan anggota Polsek melihat KTP pengendara sepeda motor (kiri) dan petugas Kecamatan mendatat penduduk yang belum memiliki KTP terkena razia (kanan)

PALEMBANG – Untuk mengejar target pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) 92 persen secara nasional diwilayah Kecamatan Muarakuang, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Camat Muarakuang bersama Kapolsek, Danramil, Kamis, 7 September 2016, menggelar rasia KTP diwilayah Kecamatan itu.

Camat Muarakuang, Holikin Nur, S.Sos yang terjun langsung memimpin razia KTP melibatkan aparat Kecamatan, Polsek dan Koramil dipertigaan Jalan Penghubung Tanjung Raja, Kabupaten Ogan Ilir – Batu Raja, ibukota Kabupaten Ogan Komering Ulu mengatakan, razia KTP melibatkan tiga unsure pimpinan Kecamatan ini bertujuan untuk mengejar target pembuatan KTP gratis secara nasional sebesar 92 persen.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hingga saat ini, kata Camat,  capaian pembuatan KTP gratis diwilayah yang dipimpinnya sudah mencapai 82 persen dari target. Namun kita khawatir hingga berahir batas waktu 30 September nanti, capaian penduduk yang membuat KTP tidak mencapai target.

Oleh karena itulah kita mengadakan rapat koordinasi dengan unsure pimpinan Kecamatan, Kapolsek dan Danramil Muarakuang. Hasil rapat itu diputuskan diadakan razia KTP. Ini sebagai upaya kita untuk mengingatkan masyarakat petapa pentingnya KTP sebagai indentitas diri yang syah dan terdaftar di instansi Kependudukan.

Menurut Holikin, sebenarnya program KTP gratis yang pembuatannya berlangsung di Kantor Camat Muarakuang sudah kita sosialisasikan melalui surat kepada Kepala Desa dan pengumuman yang kita temple ditempat-tempat keramaian, diantaranya warung-warung, termasuk penjelasan langsung oleh aparat Kecamatan, Polsek dan Koramil kepada masyarakat diwilayah Kecamatan ini.

Namun sepertinya, kurang mendapat tanggapan, karena hingga awal bulan September ini hanya mencapai 82 persen dari target 92 persen. Kami belum mengetahui kenapa jumlah penduduk yang membuat KTP gratis ini belum mencapai target.

Dari kondisi itulah kami pimpinan Kecamatan Muarakuang, terdiri dari Camat, Kapolsek dan Danramil melakukan rapat koordinasi dan disimpulkan untuk menggerakan masyarakat agar membuat KTP, kita lakukan melalui razia.

Dari razia ini, kelihatannya ada peningkatan jumlah penduduk yang akan membuat KTP, anda lihatlah hari ini antrian penduduk yang akan membuat KTP di Kantor Camatan, lumayan banyak, kata Camat Holikin.

Sementara Kapolsek Muarakuang, Ipda Usman Tabroni yang ditemui diruang kerjanya mengatakan, memang agak sulit mengajak masyarakat untuk membuat KTP gratis ini. Oleh karena itu Camat Holikin mengatakan rapat koordinasi dengan pimpinan Kecamatan ini.

Dari rapat koordinasi itu diputuskan, salah satu upaya agar masyarakat tertarik untuk membuat KTP gratis, dilakukan razia. Kepolisian dalam razia itu sipatnya membakc-up Kecamatan. Jadi tidak ada tindakan hukum, mereka yang belum membuat KTP didata oleh aparat Kecamatan, termasuk berasal dari desa mana.

Alhamdulliah, dari razia itu, animo masyarakat untuk membuat KTP gtaris ada peningkatan. Mudah-mudahan saja, target secara nasional 92 persen untuk Kecamatan Muarakuang hingga berahir 30 September mendatang.

-SYAFARUDDIN

Ikuti tulisan menarik Syafaruddin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler