x

Iklan

Pevi Revina

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Tips Untuk Meredakan Sakit Gigi Bagi Ibu Hamil

penyebab sakit gigi, meredakan sakit gigi bagi ibu hamil

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Setiap orang tentu ingin selalu sehat tidak ada gangguan apalagi ketika dirinya sedang hamil. Akan tetapi, apa mau di kata jika ketika kehamilan berlangsung berbagai gangguan timbul sehingga menambah beban ibu selama hamil terasa berat. Salah satu gangguan kesehatan yang bisa saja terjadi salah satunya adalah sakit gigi. Memang sakit gigi bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak orang dewasa maupun orang yang sedang hamil sekalipun.

Ketika sakit gigi menyerang tentu hal tersebut akan mengganggu kenyamanan ibu hamil. Makan pun akan terasa sakit dan berbicara juga akan terkendala. Tak jarang sakit gigi ini akan menghambat berbagai aktivitas yang sudah direncanakan. Ketika sakit gigi menyerang biasanya emosi sang ibu pun akan lebih sensitif. Keinginan untuk terus beristirahat akan lebih besar untuk dilakukan. Bahkan jika mendengar suara bising atau ramai sekalipun akan terasa memperburuk keadaan atau situasi si penderita sakit gigi. Maka, janganlah heran jika si penderita sakit gigi akan cenderung lebih ingin tenang dan menyendiri serta beristirahat.

Untuk itu, janganlah menganggap sepele atau dianggap remeh begitu saja ketika sakit gigi menyerang. Jika dibiarkan begitu saja, maka sama saja kita menyiksa diri kita sendiri. Segera atasi kondisi sakit gigi yang ibu alami dengan melakukan berbagai cara agar masalah ini bisa segera tuntas.

Sebetulnya cukup banyak penyebab yang bisa memicu timbulnya sakit gigi pada seorang penderita. Salah satu penyebab yang paling sering diantaranya adalah gigi yang berlubang dan juga pembengkakan gusi. Hal ini seringkali menimbulkan sakit yang menyiksa. Pada tahapan inilah produktivitas seorang penderita sakit gigi akan menjadi terkendala sebab setiap waktu kondisi ini akan dapat terjadi dan kambuh.

Tak jarang jika rasa sakit yang bisa begitu menyiksa dan perasaan sakit kepala yang cukup berdenyut akibat sakit gigi terkadang membuat gemas siapa saja yang mengalami kondisi ini. Untuk mengatasi kondisi ini cabut gigi biasanya akan dapat menjadi solusi. Sebab dengan metode ini gigi yang dianggap rusak atau sudah mengalami masalah akan diangkat dan masalah sakit gigi akan dapat dihindari.

Akan tetapi, perlu untuk diingat bahwa metode cabut gigi yang satu ini tentu tidak sembarangan boleh dilakukan. Apalagi saat si pasien penderita sakit gigi sedang mengalami rasa sakit yang memuncak. Metode cabut gigi biasanya tidak dapat dilakukan kecuali menunggu sampai kondisi sakit gigi pada pasien sudah mereda dan keadaan pasien menjadi lebih tenang.

Memang cabut gigi merupakan menjadi solusi untuk mengatasi masalah sakit gigi yang dialami. Akan tetapi, bagaimana bila kondisi ini terjadi pada ibu hamil? Amankah bila ibu hamil di cabut giginya?

Sakit gigi pada ibu hamil muda kerap kali menjadi masalah yang sering terjadi terutama pada trimester ke dua dan ke tiga. Kondisi ini umumnya dapat terjadi karena tubuh ibu hamil mengalami perubahan hormon yang dipicu oleh bakteri maupun kuman yang masuk kedalam tubuh melalui mulut. Keluhan kesehatan ini sendiri muncul dalam berbagai hal, mulai dari hanya berupa nyeri gigi biasa, gigi berlubang, gusi yang membengkak dan lain sebagainya.

Kondisi gigi yang bermasalah memang sering memerlukan penanganan medis guna menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi saat ini. Akan tetapi, kondisi hamil seringkali membatasi beberapa tindakan medis sebab dengan mencabut gigi dapat menimbulkan resiko yang cukup besar.

Tindakan ini akan dapat berpengaruh terhadap pembuluh darah ibu hamil yang akan menyebabkan kontraksi rahim pada ibu hamil. Apabila kontraksi perut terjadi sebelum tiba waktu melahirkan, maka kondisi ini akan dapat memicu terjadinya kondisi yang dinamakan dengan ketuban pecah dini pada ibu hamil. Bila kondisi ini terjadi maka hal ini akan memaksa kelahiran bayi yang lebih awal dari waktu prediksi kelahirannya.

Adapun tindakan paling bijak guna menangani sakit gigi yang terjadi pada ibu hamil pada dasarnya cukup sederhana yakni cukup dengan memberikan obat anti nyeri saja yang memang sudah lazim dikonsumsi. Akan tetapi, bila gejala sakit gigi yang dialami sudah tak lagi tertahankan, maka tindakan pencabutan gigi sepertinya akan diperlukan. Namun, sebaiknya hal ini dilakukan setelah ibu hamil melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna mendapatkan izin.

Resiko pencabutan gigi yang cukup besar sebaiknya tidak ditanggapi dengan penuh kekhawatiran, melainkan hal ini dapat disiasati dengan melakukan tindakan preventif. Salah satunya adalah dengan merawat kebersihan dan kesehatan gigi itu sendiri. Untuk itu, upayakan memilih jenis sikat gigi yang nyaman untuk mulut ibu hamil yaitu dengan bulu yang lembut. Jangan plih jenis sikat gigi yang terlalu besar atau terlalu keras yang mana jenis ini akan mungkin menyakiti gusi.

Hal lain yang juga dapat dilakukan adalah dengan menyikat gigi secara teratur yakni 2 kali dalam satu hari guna membantu mencegah kuman yang berusaha masuk dan menyerang tubuh lewat bagian mulut. Ibu hamil juga dapat memanfaatkan obat kumur yang aman untuk ibu hamil guna membunuh kuman secara sekligus dan membuat mulut terasa lebih segar.

Hal terakhir yang juga dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang baik untuk eksehatan gigi. Untuk itu, pilihlah jenis sayur dan buah dengan kandungan vitamin C dan B12 serta konsumsi kacang-kacangan.

Bila sakit gigi yang dialami masih bisa ditahan. Maka, upayakan meredakan gejala yang dialami dengan langkah yang lebih alami dan aman. Inilah beberapa tips untuk meredakan gejala sakit gigi, yaitu:

·         Berkumur dengan Air Hangat

Guna meredakan sakit gigi yang dialami ibu hamil bisa memanfaatkan air hangat yang sifatnya dapat menenangkan. Caranya, ambil segelas air hangat dan campur dengan secukupnya garam. Aduk-aduk dan gunakan larutan ini untuk berkumur. Lakukan dengan rutin agar gejala sakit gigi yang dialami bisa mereda dengan perlahan.

·         Kunyah Daun Bayam

Daun bayam merupakan obat sakit gigi tradisional yang sudah dikenal masyarakat Indonesia sejak dulu kala. Obat yang satu ini tentu aman untuk ibu hamil. Untuk itu, tidak ada salahnya gunakan obat ini untuk mengatasi sakit gigi yang ibu hamil alami.

·         Kompres dengan Es

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan es batu yang dilapisi dengan menggunakan lap dan tempelkan pada bagian pipi yang terasa nyeri akibat sakit gigi. Hal ini akan dapat meredakan bengkak dan sakit yang ibu hamil alami dengan lebih cepat.

 

 

Ikuti tulisan menarik Pevi Revina lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler