First Drive Suzuki Splash - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Bagian belakang Suzuki Splash Matic Thirza, pada saat peluncuran di Supermall Karawaci, Tangerang, (27/04). Tampilan lebih sporty pada bagian depan, menggunakan perseneling matic, dan dilengkapi dengan mesin yang lebih baik dan efisien. TEMPO/Jacky

Atalla Soepeno

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
  • Gaya Hidup
  • Pilihan
  • First Drive Suzuki Splash

    Dibaca : 23.809 kali

    All New Suzuki Splash yang bespotur tinggi dan dan berdimensi panjang 3.7 meter ini diusung oleh desainnya yang dinamis. Ini dapat dirasakan dari paduan bentuk lampu depan yang sporti, dengan bentuk grill yang memanjang kesamping dan letter S yang besar. Dan pada bagian buritan mobil asal Jepang ini telah menggunakan jenis tail lamp yang besar, yang ditujukan agar dapat menghasilkan kualitas pencahayaannya yang maksimal terutama pada saat malam hari. Pengembangan dari desain difokuskan agar dapat menghasilkan kelapangan kabin yang maksimal dan kenyamanan berkendara yang optimal. 

    Mesin yang gunakan pada mobil ini adalah tipe K12 M, 1.200 cc DOHC VVT 4 silinder. Tenaga yamg dihasilkannya dapat mencapai hingga 85 tenaga kuda pada putaran 6.000 rpm, dengan daya torsinya yang dapat mencapai hingga 113 newton meter pada putaran 4.500 rpm. Meskipun uji performa belum dapat dilakukan, namun pabrikan tersebut telah mengklaim waktu yang dibutuhkan untuk transmisi 5 percepatan dari 0 hingga 100 km/jm hanya dalam waktu 11.9 detik, dan untuk transmisi otomatis 4 percepatannya membutuhkan waktu 13.8 detik. Pada saat pengetesan jarak pendek dengan versi manual ini, dari mulai putaran bawah hingga menengah terasa cukup responsif, disertai dengan raungan mesinnya yang halus dan minim getaran. 

    All New Suzuki Splash telah menggunakan jenis suspensi depan Machpherson strut coil spring dan belakang torsion beam & coil spring. Yang dirasakan pada saat melintasi permukaan jalan yang agak bergelombang, bantingannya masih terasa cukup empuk dan tidak menimbulkan gejala bodi roll yang berlebih. Pada saat melaju cepat, putaran setirnya juga terasa mantap dan pada saat parkir diputarnya juga cukup ringan. Hal yang juga mengesankan dari mobil ini, adalah kualitas peredamannya dinilai sangat baik, gemuruh roda yang masuk ke dalam kabin terbilang cukup minim.

    Material kabin yang digunakan pada jok dan dasbor pada All New Splash, dinilai juga cukup berkualitas dan kesan murah pun tidak tampak pada mobil ini. Posisi duduk mengemudinya juga dirasakan cukup ergonomis, dimana tombol – tombol di sekitarnya mudah dijangkau dan dioperasikan. Ruang kaki pada jok depan dan belakang juga terasa cukup lapang. Hanya agak disayangkan ruang bagasinya terbilang cukup kecil, dan untuk akses keluar masuk barang yang berukuran besar pun juga terasa agak sulit. Namun memaksimalkan kapasitas bagasinya, jok belakang dapat dilipat. 

    Bagi yang mengidamkan sebuah kendaraan kompak, gesit, stylish, dan harga terjangkau.Anda tak salah lagi untuk memilih mobil ini. 

    Dimensi

    Panjang: 3.715 mm

    Lebar: 1.680 mm

    Tinggi: 1.618 mm

    Mesin

    Type: K 12 M Engine with DOHC –VVT

    Silinder: 4 silinder

    Valves: 16

    Ratio kompresi:     10.0:1

    Bore x stroke:   73.0 x 71.5

    Tenaga: 85 Tenaga kuda/ 6.000 Rpm

    Torsi:  113 Newton meter/4.500 rpm


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.