Kenalkan Silat Banten, Garis Paksi Gelar Workshop Silat

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Lembaga Pewarisan Pencak Silat Indonesia (Garis Paksi) akan menyelenggarakan seminar pencak silat pada 2 Oktober 2016 mendatang

Sebagai salah satu wilayah Tatar Sunda, Banten memiliki kekayaan materi silat yang belum banyak diketahui masyarakat. Untuk lebih mengenalkan pencak silat Banten, Lembaga Pewarisan Pencak Silat Indonesia (Garis Paksi) akan menyelenggarakan seminar pencak silat pada 2 Oktober 2016. Seminar ini akan menghadirkan praktisi silat dari Pencak Silat Haji Salam (PSHS) Banten.

PSHS memiliki keunikan dalam mengantisipasi serangan lawan. Praktisi silat Banten, Faisal Bantani mengungkapkan kelebihan dari jurus silat Haji Salam ini.

"Aliran Haji Salam termasuk dalam aliran silat tangan kosong yang mengandalkan kecepatan dan reflek tubuh. Dari gerak tangan, langkah kaki, sampai dengan bahu mengandalkan akurasi dan timing tepat dalam gerakan-gerakannya. Tidak ada unsur magis atau amalan yang harus dilakoni oleh para muridnya untuk menguasai jurus-jurus tertentu."

"Inti penguasaan jurus dari aliran silat Haji Salam adalah bagaimana mengantisipasi serangan dan gerakan lawan dengan reflek tubuh yang ditopang dengan teknis jurus dasar dan langkah. Gerakan tubuh mengikuti gerakan lawan dengan menggunakan tenaga lawan untuk menjatuhkannya. Dengan sekali gerakan dapat mengantisipasi serangan lawan dengan kelitan sekaligus serangan balasan," tutur Faisal kepada Fesbukbantennews.com.

Sementara itu pemerhati silat dan Ketua Garis Paksi, Dindin Dimyati mengatakan bahwa workshop pencak silat ini merupakan kesempatan untuk mengenal silat khas Banten."Silat Banten perlu dipelajari karena belum banyak dipelajari oleh banyak orang. Perkembangannya tidak sepesat aliran Cikalong, Cimande, dan Sera. Inilah kesempatan untuk mengenal lebih banyak tentang silat Banten," tutup Dindin.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Garis Paksi

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler