x

Iklan

Adam Afrixal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Gaya Hidup Sehat dalam 5 Langkah

5 langkah sederhana mengembangkan gaya hidup sehat demi memelihara kesehatan jantung

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Gaya hidup tidak sehat makin rentan di masyarakat seiring dengan berkembangnya era globalisasi. Perubahan gaya hidup dalam pola konsumsi makanan, berkurangnya aktivitas fisik dan meningkatnya perilaku merokok memicu tingginya resiko penyakit jantung.

Serangan jantung biasanya merupakan kejadian akut dan sebagian besar disebabkan oleh penyumbatan yang mencegah darah mengalir ke jantung. Penyakit tidak menular yang merupakan penyebab kematian pertama di dunia ini pada awalnya banyak dijumpai pada orang yang berusia 60 tahun keatas. Akan tetapi, sekarang ada kecenderungan untuk di derita orang yang masih muda karena gaya hidup yang tidak sehat

Untuk menghindari timbulnya penyakit jantung kita perlu melakukan deteksi dini dan melaksanakan gaya hidup sehat Dengan deteksi dini dan mengenali tanda-tanda serangan jantung ,kemungkinan seseorang untuk bertahan dari serangan jantung lebih tinggi jika segera ditangani oleh tenaga kesehatan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Berikut adalah tanda-tanda terjadi serangan jantung :

Rasa sakit, nyeri atau tidak nyaman di tengah dada. Nyeri menjalar ke lengan kiri, bahu, punggung, leher rasa tercekik atau rahang bawah (rasa ngilu) kadang penjalarannya ke lengan kanan atau kedua lengan.

Mengalami Sesak napas

Mual, muntah dan keringat dingin

Pusing atau pingsan

Dengan gaya hidup sehat kita dapat memelihara kesehatan jantung dan dapat dipastikan resiko serangan jantung akan semakin kecil. Berikut ini adalah 5 Langkah sederhana membentuk gaya hidup sehat yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung:

 healthy lifestyle

1 Langkah pertama : Makan Seimbang

Keseimbangan makanan sangat penting perannya dalam membangun membangun gaya hidup sehat. Fokuskan diri untuk mengembangkan kebiasaan makan yang baik sehari hari seperti

Makanlah makanan yang tinggi nutrisi dan rendah lemak. Makanlah buah dan sayur  tinggi serat. Cobalah makanan seperti  oats dan gandum sebagai pengganti nasi yang kita biasa konsumsi.

Pilih ikan, ayam, tempe , tahu dan kacang kacangan.

Hindari dan batasi gula, garam, dan minyak sebisa mungkin. Junk food dan kuning telur juga dapat memicu kolestrol tinggi

Minum air 8 gelas per hari, dan hindari alcohol.

Belajar baca label kandungan pada makanan

2 Langkah Kedua : Jaga Berat Badan

Orang yang overweight, dengan hanya  mengurangi 10% berat badan akan mengurangi resiko penyakit yang berhubungan dengan obesitas. Jika beratmu 100 kilo, dengan mengurangi 10 kilo anda akan mengurangi resiko penyakit jantung, stroke, diabetes dan kanker.

Periksakan kesehatan anda secara rutin. Kontrol kadar kolestrol, tekanan darah (120/80) dan gula darah anda dalam batasan normal. Jangan ragu untuk konsultasi kepada dokter ahli jika anda membutuhkan bantuan.

3 Langkah Ketiga : Bergerak dan Berolahraga

Olahraga adalah bagian yang tak bisa lepas dari gaya hidup sehat. Olahraga rutin akan memperlancar aliran darah. Bergeraklah, mulai dari hal hal kecil yang biasa kita lakukan seperti memiilih parkiran yang jauh dan berjalan, serta naik tangga daripada elevator.

Cari cara aktif untuk bersantai. Cobalah  berjalan jalan dan berekreasi. Berpetualanglah di alam, menjelajah dan outbond bersama keluarga dan teman teman. Dengan aktif melakukan aktivitas fisik idealnya 30 menit 3-5 kali dalam seminggu. Kita dapat memelihara kesehatan jantung kita.

Ragam jenis olahraga yang dapat kita lakukan secara rutin antara lain berjalan cepat, jogging, lari, bersepeda, lompat tali, berenang, dll. Jika senang berolahraga secara ramai kita bisa senam, menari, dan mengikuti jalan sehat.

4 Langkah Keempat : Stop Merokok

Berhentilah merokok. Rokok mengandung zat zat yang berbahaya bagi tubuh dan mengancam kesehatan jantung. Didalam asap rokok ada karbon monoksida, merupakan gas beracun yang mengakibatkan jaringan pembuluh darah akan menyempit, mengeras, dan menyumbat dan diakhiri kegagalan jantung.

Kuatkan niat, mintalah dukungan orang orang terdekat, dan tinggalkan kebiasaan merokok. Kita sibukkan diri dengan kegiatan yang menyenangkan dan menyehatkan.

5 Langkah Kelima : Hindari Stress dan Istirahat

Have some fun! tertawa dan bersenang senanglah dalam hidup. Jangan biarkan pikiran stress, biasakanlah berpikir positif dan istirahat yang cukup (5 – 7 Jam / hari). Stress akan membawa banyak penyakit, termasuk meningkatnya resiko penyakit jantung.. Tangani stress dengan baik, dan kita dapat mengontrol denyut jantung dan tekanan darah dengan lebih baik.

Bantuan dan dukungan teman dan keluarga akan sangat menguatkan tekadmu mengatasi stress. Terbukalah pada orang lain dan saling mendukung dalam kesulitan. Berkumpulah dengan kelompok dan gathering yang siap membantu anda menangani masalah jantung  seperti Yayasan Jantung Indonesia. Bersama sama lakukan kegiatan rekreasi yang menyehatkan  seperti senam jantung sehat, lompat tali jantung sehat ,dan gerak jalan sehat.

 

Langkah langkah tersebut akan menolong anda membentuk pola hidup yang sehat. Umur bukanlah sebuah masalah, tidak pernah ada kata lambat dalam mencoba gaya hidup sehat. Memilih pilihan yang sehat mungkin tidaklah mudah, dan banyak pilihan yang lebih menyenangkan. Namun ingat, setiap pilihan gaya hidup sehat yang kita lakukan adalah langkah kecil menuju kesehatan. Hargai usahamu dan lakukan kebiasaan sehat secara rutin .Dan tanpa disadari gaya hidup sehat akan menjadi keseharian kita.

Ikuti tulisan menarik Adam Afrixal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB