x

Iklan

alfian hoki

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

3 Cara Murah Meriah Untuk Sehatkan Jantungmu!

Kebanyakan orang selama ini berpikir kalau hanya obat-obatan mahal yang bisa mencegah penyakit jantung, pemikiran itu SALAH!

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Jujur saja dulu saya pernah berpikir kalau,

“Serangan Jantung, Diabetes dan Stroke adalah penyakit untuk Orang Kaya saja”

apakah Sobat juga pernah berpikiran sama…?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Toss kalau iya :D

 Pemikiran itu bukan tanpa sebab loh Sobat.

Belasan tahun hidup di kawasan pedesaan yang asri tak pernah ada seorangpun di sekitar saya menyebut atau bahkan mengalami penyakit itu. sekalipun ada itu hanya terdengar dari layar Televisi saja. Hal itulah yang kemudian menjadi dasar dari asumsi sesat saya tentang ‘eksistensi’ penyakit ini.

 

tapi ternyata tak butuh waktu lama untuk menyadari kesalahan itu.

 

Beberapa tahun kemudian berbagai macam penyakit yang dulunya saya asing kini mulai akrab di telinga masyarakat pedesaan. Penyakit jantung misalnya, penyakit yang terjadi akibat terganggunya pasokan darah dan oksigen ke jantung ini kemudian menjadi salah satu yang paling banyak merenggut nyawa. Astaga!

  “Kenapa Hal itu bisa terjadi…?!”

pertanyaan – pertanyaan seperti kerapkali ditanyakan saat warga berkumpul, mereka masih bingung dengan penyebab munculnya berbagai penyakit berbahaya itu.

 “Perubahan Gaya hidup”

Itulah yang menurut saya menjadi faktor utamanya.

Oke… ini Memang hasil pemikiran pribadi, tapi percaya deh Sob ada banyak faktor yang mendukung kesimpulan ini. Nih.. beberapa di antaranya :

 

 -Berubahnya Kebiasaan, Pola Konsumsi dan Kualitas makanan Masyarakat-

*) Dulu istilah “Keren” itu ditujukan untuk mereka yang hebat dalam olahraga dan pelajaran, tapi untuk saat ini mereka yang bisa merokok itulah yang dianggap ‘keren’

*) Dulu Orang lebih memilih menggunakan bumbu rempah – rempah alami untuk memasak, namun sekarang Sebagian besar orang lebih senang memakai bumbu instant.

*) Dulu bahan – bahan untuk makanan lebih terjamin segar dan sehat, karena di ternakkan/di budidaya sendiri dengan cara tradisional yang ramah dengan alam. Namun saat ini kebanyakan Peternak dan Petani lebih memilih menggunakan zat-zat kimia untuk meningkatkan hasil produksi.

 Tuh kan…

Ternyata kemunculan penyakit jantung dan penyakit berbahaya lainnya itu bukan tanpa sebab, justru kita sendirilah yang telah ‘menekan tombol pemicunya’. Sekarang kita hanya menuai apa yang telah di tanam dulu.

 

“Lalu apa yang kita lakukan sekarang?!”

jawabannya simple kok Sobat yaitu “Jaga tubuhmu agar tetap Sehat dan Fit” 

‘itu berarti harus mengkonsumi obat dan ikut terapi yang mahal dong’

 Yah… Sehat itu memang mahal harganya, tapi walau begitu ada juga kok cara murah dan meriah yang bisa membuat jantung serta seluruh tubuh bertambah sehat. Berikut 3 diantaranya:

 

 Tips MuMer 1: BERSEPEDA

Tidak bisa dipungkiri memang di zaman yang serba modern ini model transportasi bermotor lebih disukai daripada yang manual (baca : Sepeda). Padahal kalau dilihat dari segi kesehatan sepeda menang telak.

Tahukah Sobat kalau kegiatan bersepeda itu bisa membantu menenangkan pikiran dari masalah sehari-hari. Hebatnya lagi ketika kita mengayuh pedal tidak hanya kaki, tangan atau  punggung saja yang ikut terlatih bahkan detak jantung pun akan menjadi berirama mengikuti ritme. hal itulah yang akan membuat jantung Sobat menjadi lebih Sehat.

Menurut hasil studi yang pernah dilakukan, jika Sobat bersepeda dengan intensitas sedang dalam waktu 30 menit dapat membakar 75-155 kalori, jika dilakukan secara konsisten maka kan mampu menurunkan tekanan dan juga menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

 

Tips MuMer 2: Jalan Kaki

Jika Sobat tidak bisa melakukan tips pertama karena tidak memiliki sepeda, maka tidak dengan tips kedua ini.

Sobat pasti tak menyangka kalau dengan berjalan kaki mampu membuat tekanan darah berkurang, iya kan? :D. Dengan berkurangnya tekanan darah maka kemungkinan terbentuknya gumpalan beku darah yang menyumbat pembuluh darah juga akan berkurang.

Manfaat berjalan kaki sama dengan berseda. Jadi ketika Sobat berjalan kaki denyut jantung menjadi meningkat sehingga peredaran darah di dalam tubuh menjadi lebih banyak. Jika dilakukan secara teratur Aktivitas ini bisa menurunkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh, serta menurunkan tekanan darah.

Setelah tau fakta ini, Sobat masih malas jalan kaki?

 

Tips MuMer 3:  Tertawa

Kalau diminta untuk memilih tips terbaik yang dapat menyehatkan jantung dan tubuh maka Tertawa ini adalah juaranya.

 “Kenapa…?”

 Saya jamin Sobat akan terkejut dengan kehebatan tertawa ini,

*) Tertawa 100 kali itu nilainya setara dengan 15 menit bersepeda.

*) Tertawa melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Dengan tertawa, otot dan pembuluh darah akan merengangg sehingga Peredaran darah menjadi lancar. Jantungpun akan semakin sehat.

*) Tertawa juga ternyata dapat membakar Kalori loh, 50 kalori per 15 menit.

*) dan yang paling penting Tertawa itu dapat memperbaiki mood dalam sekejap.

 

Tips-tips tersebut akan lebih maksimal lagi efeknya jika dilakukan bersama-sama, karena itu Saya menyarankan agar Sobat mengikuti facebook.com/YayasanJantungIndonesia dan twitter.com/jantungid

“Kenapa?”

Selain sering membagikan tips bermanfaat mengenai kesehatan kedua akun itu juga sering mengadakan even kesehatan berskala besar yang pastinya memacu Sobat untuk Hidup Sehat.

 

“Yuk Luangkan waktumu untuk memikirkan kesehatan, agar kelak tidak terpaksa Mengorbankan waktu untuk menebus Kesehatan”

 

 

 

 

 

 

 

 

Ikuti tulisan menarik alfian hoki lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB