Tips Sehat Selama Haji Dan Umrah - Travel - www.indonesiana.id
x

Titi Alfa Khairia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
  • Travel
  • Pilihan
  • Tips Sehat Selama Haji Dan Umrah

    Dibaca : 2.349 kali

    Tak bisa dipungkiri bahwa ibadah haji dan umrah merupakan impian setiap muslim. Rukun Islam kelima ini sebenarnya diwajibkan hanya bagi yang yang mampu megadakan perjalanannya.

    Namun definisi mampu menjadi demikian luas. Karena mereka yang sehari-hari hidup pas-pasan pun menyimpan mimpi yang sama dengan mereka yang berkelebihan.

     

    Maka banyak kita temui orang-orang desa, para petani maupun mereka yang sehari-hari harus mengais rupiah dengan susah payah, dengan sungguh-sungguh menyisihkan pendapatannya hingga akhirnya diberi kemampuan untuk membiayai perjalanannya. Masha Allah.

    Karena begitu berharganya perjalanan haji dan umrah, maka seyogyanya setiap muslim mempersiapkan diri jauh-jauh hari sebelumnya.

     

    Adapun persiapannya terbagi menjadi:

     

    1.Persiapan Mental

     

    Setiap Muslim wajib menyadari bahwa ibadah haji/umrah yang dilakukannya adalah semata-mata mencari pahala dan ridha Allah. Bukan untuk mendapat penghargaan manusia ataupun gelar haji/hajjah semata.

    2. Persiapan Administratif.

    -Paspor.

    Persiapan yang paling mendasar adalah harus memiliki paspor. paspor adalah ijin mengadakan perjalanan ke luar negeri. Pengurusan paspor bisa dilakukan di kantor imigrasi setempat dengan biaya sekitar IDR 300.000 an. 

    Pengurusan paspor lebih baik dilakukan sendiri. Namun bisa juga dengan bantuan orang yang dipercaya.

    -Visa

    Visa adalah ijin memasuki sebuah negara. Dalam hal ini paspor untuk beribadah Hajji dan Umrah diterbitkan oleh Kementrian Haji dan Umrah Saudi Arabia.

    Di Indonesia, pengurusan visa hajji / umrah hanya bisa melalui bantuan biro perjalanan hajji/umrah yang resmi.

    - Kartu Identitas Lain seperti KTP, Kartu Keluarga, dll.

    -Pas photo 4x6 sejumlah 10 lembar dengan tampak wajah 80%.

     

    3. Persiapan Finansial

    -Dana untuk perjalanan pergi-pulang

    -Dana untuk biaya hidup selama di sana, meliputi: hotel, makan, kendaraan dan membayar muthowif.

    4. Persiapan Fisik

    Persiapan fisik sangat penting dan harus dimulai jauh-jauh hari sebelum mengadakan perjalanan.

    Paling tidak tiga hingga enam bulan sebelumnya harus mulai melakukan persiapan fisik.

    Jangan sampai jatuh SAKIT SAAT IBADAH HAJI/UMRAH berlangsung. Karena bisa sangat rugi waktu dan kesempatan yang langka dan harus ditempuh dengan biaya yang tidak murah.

     

    Persiapan Fisik ini meliputi:

    - Jaga Pola Makan:

    jauh-jauh hari hendaknya pola makan dijaga. Makanlah makanan sehat dan banyak mengandung erat seperti buah dan sayur. Kurangi konsumsi gula, karbohidrat, lemak.  Jangan merokok.

     

    - Olah Raga:

    Mulai minimal 6 bulan sebelumnya, mulailah berolah raga. Jalan, lari, berenang atau gym. Sangat bagus untuk membangun daya tahan tubuh. Sehingga diharapkan untuk sehat selama ibadah berlangsung.

    -Konsumsi Suplemen Vitamin

    Penting untuk menambahkan suplemen atau vitamin yang direkomendasikan dokter sesuai kondisi kesehatan anda. Vitamin ini hanya dibutuhkan dalam jumlah sedikit namun ia penting untuk menambah daya tahan tubuh. Agar tidak mudah lelah dan jatuh sakit selama beribadah.

     

    -Jangan Stress

    Pikiran yang tenang merupakan sumber daya tahan bagi tubuh. Mereka yang tertekan biasanya melarikan diri ke makanan yang berlebihan, dan berbagai pengalihan yang tidak sehat.

     

    - Dekatkan Diri Pada Allah

    Mendekatkan diri pada Allah alias memperbaiki kualitas ibadah merupakan persiapan terbaik sebelum pergi hajji/umrah. Diharapkan nantinya hal ini akan terus berlangsung bahkan semakin meningkat sekembalinya ke tanah air.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.