x

Iklan

Theresia Bintang Marlina Hutabarat

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Senyum, Sapa, Santun

Malu bertanya maka sesat di jalan, begitu kata pepatah. Kini pengunjung Kota Tua terhindar dari keadaan tersesat di kawasan wisata sejarah

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Senyum, Sapa, Santun

 

 

Malu bertanya maka sesat di jalan, begitu kata pepatah. Kini  pengunjung Kota Tua terhindar dari keadaan tersesat di kawasan wisata sejarah

Kota Tua, dengan tersedianya Pojok Pusat Informasi. Pusat Informasi yang ditempatkan di kawasan Kota Tua tepatnya di depan Museum Sejarah Jakarta atau yang dikenal sebagai Museum Fatahillah.

Sapa, sopan, dan santun adalah moto mereka dalam menjalankan tugas keseharian memang terasa adanya. Sambil bergantian menceritakan rutinitas di posko mereka menjawab pertanyaan dari pengunjung yang mendatangi mereka dengan aneka pertanyaan, “dimana letak mushollah, ATM, WC, arah menuju halte Trans Jakarta, Stasiun Kereta”. Reza mengungkapkan bahwa pengunjung tidak semua paham untuk melakukan prosedur administrasi, mengisi buku tamu. Seperti misalnya sepasang calon pengantin untuk pengambilan sesi pre-wedding, tanpa sepengetahuan mereka, lantas sekelompok orang dengan maksud tidak baik mendekati mereka meminta sejumlah uang seolah-olah hal itu adalah biaya resmi. Para pengunjung senantiasa diingatkan agar meriam di depan Museum Fatahilla tidak diduduki, sampah dipungut dan dibuang ke tempat yang sudah disediakan. Melengkapi keterangan petugas Pusat Informasi juga disediakan Buku Panduan, Peta, dan Brosur Museum yang diberikan secara cuma-cuma kepada wisatawan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Seorang turis mancanegara yang singgah ke Tenda Pusat Informasi Kota Tua, menemui  Reza dan Elli yang sore itu Hari Minggu, 6 November 2016, alih-alih berwisata ke beberapa museum di seputar Kota Tua harus menelan kekecewaan bahwa semua museum sudah tutup jam operasionalnya. Untungnya tim dari Pusat Informasi yang dibesut  Pariwisata bersama PemProv DKI ini dengan sigap memberikan keterangan kepada si turis. Ketika ditanyakan kepada si turis apakah kesannya tentang Kota Tua, ia menjawab bahwa esok hari ia akan kembali lagi ke kami setelah mendapat info dari Reza.

 

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Theresia Bintang Marlina Hutabarat lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu