Senyum, Sapa, Santun - Analisa - www.indonesiana.id
x

Theresia Bintang Marlina Hutabarat

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
  • Analisa
  • Pilihan
  • Senyum, Sapa, Santun

    Dibaca : 2.832 kali

    Senyum, Sapa, Santun

     

     

    Malu bertanya maka sesat di jalan, begitu kata pepatah. Kini  pengunjung Kota Tua terhindar dari keadaan tersesat di kawasan wisata sejarah

    Kota Tua, dengan tersedianya Pojok Pusat Informasi. Pusat Informasi yang ditempatkan di kawasan Kota Tua tepatnya di depan Museum Sejarah Jakarta atau yang dikenal sebagai Museum Fatahillah.

    Sapa, sopan, dan santun adalah moto mereka dalam menjalankan tugas keseharian memang terasa adanya. Sambil bergantian menceritakan rutinitas di posko mereka menjawab pertanyaan dari pengunjung yang mendatangi mereka dengan aneka pertanyaan, “dimana letak mushollah, ATM, WC, arah menuju halte Trans Jakarta, Stasiun Kereta”. Reza mengungkapkan bahwa pengunjung tidak semua paham untuk melakukan prosedur administrasi, mengisi buku tamu. Seperti misalnya sepasang calon pengantin untuk pengambilan sesi pre-wedding, tanpa sepengetahuan mereka, lantas sekelompok orang dengan maksud tidak baik mendekati mereka meminta sejumlah uang seolah-olah hal itu adalah biaya resmi. Para pengunjung senantiasa diingatkan agar meriam di depan Museum Fatahilla tidak diduduki, sampah dipungut dan dibuang ke tempat yang sudah disediakan. Melengkapi keterangan petugas Pusat Informasi juga disediakan Buku Panduan, Peta, dan Brosur Museum yang diberikan secara cuma-cuma kepada wisatawan.

    Seorang turis mancanegara yang singgah ke Tenda Pusat Informasi Kota Tua, menemui  Reza dan Elli yang sore itu Hari Minggu, 6 November 2016, alih-alih berwisata ke beberapa museum di seputar Kota Tua harus menelan kekecewaan bahwa semua museum sudah tutup jam operasionalnya. Untungnya tim dari Pusat Informasi yang dibesut  Pariwisata bersama PemProv DKI ini dengan sigap memberikan keterangan kepada si turis. Ketika ditanyakan kepada si turis apakah kesannya tentang Kota Tua, ia menjawab bahwa esok hari ia akan kembali lagi ke kami setelah mendapat info dari Reza.

     

     

     

     


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.